Simak 10+ purna waktu dan paruh waktu adalah dengan Mudah

Pada artikel ini kami akan menjelaskan purna waktu dan paruh waktu adalah Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Pekerja part time atau paruh waktu adalah salah satu jenis profesi yang sangat populer di kalangan generasi muda. Umumnya, pekerja paruh waktu adalah mahasiswa yang sudah dalam semester akhir atau seseorang yang memang ingin mencari tambahan penghasilan dengan dua pekerjaan sekaligus.

Di era digital, menemukan pekerjaan paruh waktu adalah hal yang mudah. Kamu tinggal membuka aplikasi atau website lowongan kerja, dan pilih pekerjaan yang sesuai minat. Namun, apa pengertian pekerjaan paruh waktu? Apakah ada contoh pekerjaan paruh waktu yang paling cocok buat kalangan profesional? Jawabannya akan diulas di bawah ini!

Apa itu pekerja paruh waktu?

rk-T0TZOqDO2l9-IrF10-3WgHTyvkOI3LP-Pt95STOqZARKz_6VB9jnk6OuXTGcSGZ46jMOM33b00fZUzy12RkINFhdWnwFKyP-InoZlS2RQX3T0t-_vb-HpjeszGkyNICH6bn4sL0K1X94iUw Pengertian pekerja paruh waktu adalah orang dengan pengaturan kerja fleksibel. (sumber: pexels)

Pekerja paruh waktu adalah pengaturan jam kerja yang fleksibel atau kurang dari jam kerja yang ditetapkan penuh. Contohnya, bila karyawan A bekerja penuh waktu selama 40 jam seminggu, maka ia akan dikatakan pekerja paruh waktu bila hanya bekerja 20-30 jam seminggu. Karyawan paruh waktu adalah orang yang memiliki kewajiban dan hak sama seperti pekerja penuh waktu. Hanya saja, jam kerjanya lebih sedikit daripada pekerja penuh waktu.

Baca juga: Pertimbangkan hal-hal ini jika ingin ambil 2 pekerjaan

Dasar hukum kerja paruh waktu

W9iF70UPDTSOjAwrNcAUaTsud339ypfpW1infeBuN4BrZcxvjIAA9kD-SNf26hVTjU9FQb4Os5ve9yvuIO-5nqDfgQBUu9qqDuLijD6k70xAf6B4n6zNDkwnYBZS0CKj7pyBc7O3z8GwtizZA Dasar hukum paruh waktu adalah UU Cipta Kerja dan UU Ketenagakerjaan. (sumber: pexels)

Di Indonesia, dasar hukum kerja paruh waktu adalah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Undang-undang ini kemudian dikenal sebagai Undang-Undang Ketenagakerjaan. Selain itu, terdapat dasar hukum lainnya, yaitu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020. Dasar hukum yang diterbitkan pada tahun 2020 ini lebih sering disebut sebagai Undang-Undang Cipta Kerja.

Pemerintah juga menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, sebagai dasar hukum paruh waktu. Di dalamnya, dijelaskan bahwa paruh waktu adalah termasuk perjanjian kerja dalam waktu tertentu atau PKWT. Biasanya, rentang waktu kontrak proyek atau pekerjaan kurang dari 3 tahun.

Baca juga: 9 Tanda kamu workaholic dan dampaknya dalam dunia kerja

Bedanya pekerja paruh waktu dengan penuh waktu

BAR-GRRO5-KakhiWrDU5Of2n6HVBwfCkHdqjxrCyVjaQXIdKLbi3xTW0a1cvrWAIiseJWrvifpcpz0rZBWc-6LtDF_RpLx63MrrOn-zL-kV-vD5M2zJhuJrl8CVdC-yGgDL9eMAmofkyG3-ucQ Jumlah jam kerja karyawan penuh dan paruh waktu menjadi perbedaan signifikan. (sumber: pexels)

Sebenarnya, terdapat perbedaan mendasar antara pekerja paruh waktu dan penuh waktu. Diantaranya pada jumlah jam kerja, tunjangan, gaji, dan sebagainya. Adapun perbedaan kerja penuh waktu dan paruh waktu sebagai berikut.

1. Jumlah jam kerja

Pekerja penuh waktu umumnya bekerja antara 35-40 jam seminggu. Mulai Senin-Jumat, dengan waktu 8 jam kerja per hari. Sedangkan, pekerja paruh waktu adalah karyawan yang memiliki shift lebih pendek atau jam kerja tidak teratur. Bahkan, bisa tetap masuk kerja di akhir pekan.

2. Upah

Perbedaan kedua dari pekerja penuh waktu dan paruh waktu adalah upah atau gaji. Sebagian besar karyawan paruh waktu adalah orang yang dibayar per jam. Sementara, karyawan penuh waktu memiliki gaji tetap.

3. Status kerja

Banyak orang yang merasa lebih terjamin jika bekerja sebagai karyawan penuh waktu ketimbang karyawan paruh waktu. Selain gaji dan tunjangan yang besar, karyawan penuh waktu tidak khawatir pemutusan hubungan kerja (PHK) karena berstatus permanen. Sedangkan, pekerja paruh waktu masih dibayangi PHK setiap saat karena status karyawan kontrak yang tidak pasti.

Baca juga: Mudah, ini 6 cara dapatkan penghasilan tambahan

Keuntungan rekrut pekerja paruh waktu

jVwNNlL-FBXPpXYX5AYN2k6tVIZPA3TNXYc_vVuWEXSASeApiaU78IHLxpzkx51K5LIip1KFTh7CCixBzmWrjtNXdsmeDyMQOiD86EEPcDttIL1EPHOfp9WpL6sLnafBUHZsQ4-hssCdP9sULg Perusahaan banyak merekrut pekerja paruh waktu karena lebih murah. (sumber: pexels)

Pekerja paruh waktu memberikan banyak keuntungan bagi bisnis tertentu. Berikut diantaranya.

1. Menurunkan biaya tenaga kerja

Bisnis atau perusahaan yang merekrut pekerja paruh waktu adalah bisnis yang cerdas. Karena, manajemen perusahaan dapat menurunkan biaya tenaga kerja. Pekerja paruh waktu hanya membutuhkan pengeluaran kecil, ketimbang menggaji karyawan penuh waktu setiap bulan.

2. Mengurangi beban kerja

Bagi bisnis ritel, merekrut pekerja paruh waktu dapat membantu mengimbangi beban kerja para karyawan tetap atau karyawan penuh waktu. Terutama, saat masa liburan atau ketika permintaan pesanan sedang tinggi. Contohnya, ketika bulan Ramadan atau tahun baru, di mana pesanan parsel meningkat. Perusahaan akan merekrut pekerja paruh waktu untuk ikut menangani pesanan yang masuk.

3. Mengevaluasi kinerja

Beberapa perusahaan merekrut pekerja paruh waktu untuk menilai keterampilan, kemampuan beradaptasi, dan keahlian karyawan tersebut, sebelum berkomitmen untuk mempekerjakan mereka untuk posisi pekerja tetap atau pekerja penuh waktu.

Baca juga: Etos Kerja: Pengertian, Manfaat, Karakteristik, dan Cara Menyembuhkannya

Contoh pekerjaan paruh waktu

qmSWF0y5JovdHVDZYbyTwMBaS21OxEPz9YDGHNxOaDdUOqiIr6QvxjC65peqGY0LGFMl28RSWCWV2wGQTPMB-dEUIuQKu_nuQ1Hbn3UM7eVhwkk3y2WRkHRHjQ0rlY3eX58og6TNTQ8BoX66UQ Contoh pekerja paruh waktu adalah pelayan restoran atau kafe. (sumber: pexels)

Sebelum memutuskan manakah pekerjaan paruh waktu yang paling tepat, simak beberapa contoh pekerjaan paruh waktu yang banyak diminati berikut ini.

1. Freelancer

Sebagai pekerja lepas atau freelancer, kamu akan dibayar ketika suatu proyek selesai dan disetujui hasilnya oleh perusahaan. Tentunya, hal ini sangat bergantung pada keterampilan atau keahlian yang kamu miliki. Contoh freelancer atau pekerja paruh waktu adalah penulis, fotografer, desainer grafis, akuntan, desainer web, dan programmer.

2. Tutor/guru bimbel

Contoh pekerja paruh waktu adalah tutor atau guru bimbingan belajar. Kamu akan membantu para pelajar setelah pulang sekolah untuk memahami materi. Posisi ini juga menawarkan kesempatan memulai karier sebagai pendidik.

3. Pelayan restoran/kafe

Sebagian besar pelayan restoran atau kafe bekerja shift atau bergiliran. Misalnya, pagi, siang, dan malam hari. Selain mendapatkan gaji, kamu juga bisa mendapatkan tip atau uang tambahan dari pengunjung.

4. Operator telepon

Contoh berikutnya dari pekerja paruh waktu adalah operator telepon. Tugasmu menerima panggilan telepon pelanggan atau menyelesaikan masalah pelanggan secara online. Pekerjaan ini membutuhkan pendidikan minimal setingkat SMA.

Baca juga: Mau kuliah sambil bekerja? Simak manfaat dan 8 tipsnya

Tertarik ingin menjadi pekerja paruh waktu? EKRUT adalah platform yang paling ideal buatmu. Di EKRUT, kamu bisa menemukan beragam peluang kerja yang sesuai bidang dari perusahaan-perusahaan bonafide di tanah air. Dapatkan juga informasi dan tips inspiratif terkait dunia industri lewat EKRUT Media dan YouTube Official EKRUT. Sign up EKRUT hari ini dan unggah CV-mu untuk bersiap meraih karier sesuai dengan minatmu!

lkfeRTSwUOGJOEKn-Er6PVS1aCTR08uySjtb4JpJlkngz-Ds1ZMVWqAotvNYbWVyMtpJVFsvgUqOvEyM_RDhG-lP6EkYvmBb5yuBo8Nl85Kj7j3O9Y4zGa9iOfJ78u8vXkOGbjuNplyZH7pmGw

Sumber:

  • talenta.co
  • thebalancecareers.com

Top 15 purna waktu dan paruh waktu adalah menjelaskan Noi That Moi

Purna Waktu | KamusBisnis.com

  • Penulis: kamusbisnis.com
  • Tanggal Terbit: 04/26/2022
  • Ulasan: 4.76 (556 vote)
  • Ringkasan: Purna waktu (full time) adalah bekerja minimal 40 jam per minggu. Namun, kadang-kadang didefinisikan sebagai 35 jam atau lebih per minggu.

Apa maksud kerja purna waktu

  • Penulis: memperoleh.com
  • Tanggal Terbit: 08/13/2022
  • Ulasan: 4.41 (271 vote)
  • Ringkasan: Pekerja paruh waktu atau yang biasa disebut sebagai pekerja part time adalah seorang yang bekerja kurang dari karyawan penuh waktu atau full time. Pada karyawan …

Arti dari purnawaktu dan paruh waktu

  • Penulis: kafesentul.com
  • Tanggal Terbit: 08/07/2022
  • Ulasan: 4.24 (358 vote)
  • Ringkasan: [purnawaktu] Arti purnawaktu di KBBI adalah: sepenuh waktu yang ditetapkan. Contoh: dia bekerja di kantor itu purnawaktu. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Purna Waktu atau Paruh Waktu: Cara Menyeimbangkan Hidup dan Trading

  • Penulis: finex.co.id
  • Tanggal Terbit: 07/25/2022
  • Ulasan: 4.06 (311 vote)
  • Ringkasan: Trading paruh waktu. Di satu sisi, trading paruh waktu berarti pendapatan yang lebih rendah dibandingkan dengan trading purna waktu. Di sisi …
  • Hasil pencarian yang cocok: Jadi, Anda memutuskan untuk menghasilkan uang dengan trading. Ini adalah gaya hidup yang berbeda, dan tidak semuanya siap menghadapi segala tantangannya. Kami menjelaskan tentang cara menjadi trader sukses dan menyusun jadwal yang paling sesuai bagi …

Apa itu kerja purna waktu

  • Penulis: apaartidari.com
  • Tanggal Terbit: 03/22/2022
  • Ulasan: 3.85 (436 vote)
  • Ringkasan: Pekerja paruh waktu adalah pengaturan jam kerja yang fleksibel atau kurang dari jam kerja yang ditetapkan penuh. Contohnya, bila karyawan A bekerja penuh waktu …

Perbedaan siswa paruh waktu dan penuh waktu

  • Penulis: sepuluhteratas.com
  • Tanggal Terbit: 06/14/2022
  • Ulasan: 3.74 (398 vote)
  • Ringkasan: Pekerja paruh waktu biasanya disebut pekerja part time dan memiliki waktu kerja kurang dari karyawan penuh waktu atau full time. Karyawan paruh waktu bisa …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sederhananya, Anda perlu meminta otoritas yang sesuai untuk mempelajari persyaratan pendaftaran penuh waktu Anda. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apakah Anda seorang siswa penuh waktu atau tidak, karena status pendaftaran Anda dapat …

Apa itu paruh waktu dan purna waktu

  • Penulis: apayangkamu.com
  • Tanggal Terbit: 03/29/2022
  • Ulasan: 3.49 (528 vote)
  • Ringkasan: Klasifikasi Purna Waktu … Dalam arti yang sangat umum, seorang siswa penuh waktu sering menjadi mahasiswa yang mengambil 12 unit, kredit atau jam per semester …

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

  • Penulis: kbbi.web.id
  • Tanggal Terbit: 12/29/2021
  • Ulasan: 3.22 (424 vote)
  • Ringkasan: Definisi/arti kata ‘purnawaktu’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah a sepenuh waktu yang ditetapkan: dia bekerja di kantor itu —
  • Hasil pencarian yang cocok: Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini merupakan KBBI Daring (Dalam Jaringan / Online tidak resmi) yang dibuat untuk memudahkan pencarian, penggunaan dan pembacaan arti kata (lema/sub lema). Berbeda dengan beberapa situs web (website) …

Apa itu Siswa Purna Waktu?

  • Penulis: id.eferrit.com
  • Tanggal Terbit: 04/16/2022
  • Ulasan: 3.16 (524 vote)
  • Ringkasan: Anda mungkin pernah mendengar istilah “mahasiswa penuh waktu” dan “mahasiswa paruh waktu” dalam referensi untuk pendaftaran kuliah. Jelas, siswa full-time …

Pekerja Paruh Waktu Adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Pekerja Penuh Waktu

Pekerja Paruh Waktu Adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Pekerja Penuh Waktu
  • Penulis: linovhr.com
  • Tanggal Terbit: 02/27/2022
  • Ulasan: 2.81 (151 vote)
  • Ringkasan: Pekerja paruh waktu adalah orang yang memiliki jam kerja lebih sedikit dari pekerja penuh waktu. Apa saja bedanya? Simak jawabannya di sini!
  • Hasil pencarian yang cocok: Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh departemen HR adalah mengurus kebutuhan kandidat untuk mengisi posisi yang kosong. Baik itu mempekerjakan pekerja paruh waktu atau penuh waktu. Hal ini membuat kebutuhan aplikasi HR tidak bisa ditolak …

6 Tipe Jadwal Kerja yang Harus Kamu Pahami

  • Penulis: glints.com
  • Tanggal Terbit: 05/07/2022
  • Ulasan: 2.81 (121 vote)
  • Ringkasan: Part-time/paruh waktu biasanya dimanfaatkan oleh seseorang yang masih kuliah dan sedang ingin mencari pekerjaan. Pasalnya, jadwal kerja yang …

Perbedaan pekerja paruh waktu dengan pekerja penuh waktu

  • Penulis: vocasia.id
  • Tanggal Terbit: 09/19/2022
  • Ulasan: 2.6 (62 vote)
  • Ringkasan: Pekerja paruh waktu atau yang biasa disebut sebagai pekerja part time adalah seorang yang bekerja kurang dari karyawan penuh waktu atau full time. Pada karyawan …

Cara Mendapatkan Pekerjaan Part Time

  • Penulis: maxsdelionline.com
  • Tanggal Terbit: 05/28/2022
  • Ulasan: 2.54 (182 vote)
  • Ringkasan: Sedangkan untuk pekerjaan part time mempunyai jangka waktu kerja yang lebih sedikit dibandingkan pekerjaan full time. Namun untuk lamanya waktu …

Penuh Waktu atau Purna Waktu?

  • Penulis: proz.com
  • Tanggal Terbit: 03/13/2022
  • Ulasan: 2.55 (62 vote)
  • Ringkasan: Dalam bahasa Inggris, ada istilah full time dan part time. Padanan Bahasa Indonesia untuk part time adalah paruh waktu. Bagaimana dengan full …

Apa Itu Purna Waktu – Arti dan Definisinya

  • Penulis: zonanulis.com
  • Tanggal Terbit: 01/14/2022
  • Ulasan: 2.42 (195 vote)
  • Ringkasan: Dari penjelasan di atas kita sudah mengetahui perbedaan antara purna waktu dan paruh waktu. Jika purna waktu bekerja sesuai dengan jam kerja …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Hot