Simak 10+ penyebab bintitan pada mata terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan penyebab bintitan pada mata Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Tanpa tahu penyebab sakit mata bintitan, tiba-tiba ada bentol atau benjolan kecil di sekitar kelopak. Hal ini kadang bikin panik karena tidak hanya berpengaruh pada penampilan, tetapi juga banyak penyakit serius yang keluhannya berawal dari bentol sekitar mata.

Namun, sebenarnya jangan panik dulu. Bintitan merupakan kondisi yang umum dan wajar terjadi. Sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, akan tetapi beberapa jenis penyakit ini membutuhkan bantuan medis seperti obat-obatan untuk mengatasinya. Namun memang ada kalanya, penyakit bintitan ini sering berulang pada seseorang. Tak jarang ada yang menimbulkan rasa sakit.

Dalam bahasan di bawah, kita akan menjabarkan apa saja yang seringkali menjadi penyebab bintitan pada mata, sekaligus beberapa cara untuk bisa mengatasi dan mencegahnya datang kembali.

Penyebab mata bintitan karena alergi bahan tertentu

ilustrasi alergi
Sumber gambar

Alergi merupakan kondisi di mana imunitas kita bereaksi berlebihan pada alergen tertentu. Misalnya konsumsi seafood, telur, susu, kacang atau terkena paparan bahan maupun tekstur tertentu, seperti bulu kucing, serbuk bunga, bahan pakaian atau kosmetika bisa juga menyebabkan hal ini.

Reaksi alergi tersebut juga bisa terjadi pada mata. Terutama alergi makanan seperti telur, susu dan kacang. Selain bisa menimbulkan bentolan serupa jerawat di wajah, juga bisa menimbulkan bintitan pada mata. Reaksi alergi seperti ini bisa kita atasi dengan konsumsi obat anti alergi atau mengompres dengan sendok dingin untuk mengurangi inflamasi yang terjadi di area tersebut.

Asupan nutrisi tidak seimbang

Seringkali kita kurang memperhatikan apa yang kita konsumsi. Apakah sudah melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh atau kelebihan beberapa elemen seperti lemak, garam, gula, atau karbohidrat dan kurang sayur serta buah. Sebaiknya konsumsi sehari-hari lebih seimbang untuk menghindari beberapa masalah seperti munculnya jerawat, bisul, ambeien dan juga bintitan.

Baca Juga: Simak 10+ 1 langkah berapa m sempurna

Selain karena kelebihan, dapat juga terjadi karena kita kekurangan asupan vitamin dan mineral penting tertentu. Di antaranya seperti vitamin B, vitamin D, vitamin E atau kandungan mineral lain. Meski demikian, hal ini mungkin bukan dampak langsung. Hanya saja, akibat kekurangan vitamin dan mineral, menyebabkan mudah terkena gangguan kesehatan seperti peradangan atau inflamasi.

Tidak membersihkan makeup

ilustrasi tidak membersihkan make up
Sumber gambar

Mata termasuk area selaput yang sensitif. Namun, bagian kelopak seringkali terkena paparan seperti makeup, produk perawatan kulit dan sebagainya. Bila menggunakan makeup yang cukup intense di area mata, pastikan untuk membersihkannya dengan seksama. Hal ini perlu menjadi perhatian, utamanya mereka yang dalam kesehariannya tidak lepas dari makeup seperti pewarna kelopak mata, eyeliner, bedak atau alas bedak, hingga penggunaan alat-alat rias seperti brush dan puff.

Perhatikan juga faktor seperti tanggal kadaluwarsa dan kontaminasi bahan yang terdapat pada makeup mata. Seperti eyeliner, eyeshadow, hingga maskara. Sebab hal tersebut juga tentunya bisa berpengaruh pada keamanan dan kesehatan area mata yang sensitif.

Bila ada kotoran yang terjebak dalam area kulit kelopak, bisa menjadi iritan dan menyebabkan rasa gatal atau munculnya bentolan berupa bintit mata. Bila hal ini terjadi, jangan gunakan makeup untuk area mata sementara waktu.

Gunakan kacamata bila keluar rumah untuk menghindari paparan debu. Selain itu, kompres mata dengan suhu hangat secara rutin, sebab cara ini juga bisa mengurangi rasa perih gatal, peradangan dan membersihkan area sekitar mata.

Terkena paparan radiasi gadget terlalu lama

Ketika kita bekerja di depan laptop, handphone, komputer dan apapun yang memberikan radiasi pada kulit dan wajah, bisa menyebabkan sensitivitas tersendiri. Misalnya mata menjadi lebih sensitif, kering, cepat lelah, kaku untuk kita pejamkan dan sejenisnya.

Hal ini juga dapat mengiritasi kulit sekitarnya. Oleh karena itu wajah bisa mudah berjerawat, serta mata bisa mengalami bintitan. Bila hal ini terjadi dengan keluhan yang ringan, maka kompres saja wajah dan mata yang terdapat keluhan. Selain itu, batasi screen time atau waktu kita di depan layar.

Baca Juga: [Easy] 10+ arti dari nama ayu sempurna

Berikan kesempatan setidaknya 15-30 menit untuk menjeda paparan. Selain bisa menjaga kesehatan mata, hal ini mencegah bintitan dan mengistirahatkan seluruh elemen wajah kita. Sehingga bisa menghindarkan dari keluhan lain seperti stroke pada wajah.

Mengucek mata

ilustrasi mengucek mata
Sumber gambar

Ada berbagai faktor penyebab kita mengucek mata. Misalnya capek di depan komputer, kurang tidur, terkena paparan debu, asap, mata silau dan masih banyak lagi. Nah, sementara itu, tangan adalah medium pembawa bakteri, kuman dan virus yang memungkinkan paparan pengiritasi kelopak mata.

Oleh karena itu, meski tidak selalu, dapat menjadi penyebab terjadinya bintitan. Perhatikan tentang kebersihan diri, terutama tangan, sebelum menyentuh beberapa bagian sensitif. Di antaranya seperti mata, hidung, telinga, mulut dan juga kemaluan.

Di masa pandemi sendiri, kita dianjurkan untuk mencuci tangan sesuai kebutuhan untuk mencegah paparan virus ke diri sendiri maupun ke orang lain. Bila bintitan terjadi karena hal ini, kita bisa mengompres mata, menghindarkannya dari faktor yang menambah keluhan dan pantau kondisinya. Bila kondisi makin buruk, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Penyebab mata bintitan karena siklus hormonal

Siklus hormonal merupakan kondisi yang bisa kita kendalikan tapi secara tidak langsung. Di antaranya dengan menghindari stres, mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak, berolahraga dan tidur cukup. Terdengar sederhana bukan? Memang sebenarnya mekanisme tubuh kita sangat menyukai keteraturan, sehingga minim risiko gangguan kesehatan.

Siklus hormonal yang tidak seimbang atau berantakan, bisa berpengaruh pada kadar kolesterol, munculnya jerawat, kegemukan, menstruasi tidak teratur, kesuburan rendah dan juga bintitan. Bila bintitan terjadi karena hal ini, maka sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir. Cukup perbaiki pola hidup secara keseluruhan, sehingga bisa lebih seimbang dan mencegah terjadinya bintitan pada mata.

BACA JUGA: 5 Jenis Obat Sakit Mata Merah yang Mudah Ditemukan

Selain perihal di atas masih banyak lagi kondisi yang menyebabkan mata bintitan atau bintitan berulang. Seperti kondisi kulit, penyakit bawaan tertentu, paparan virus atau bakteri, memiliki gangguan kesehatan kulit jenis tertentu dan sejenisnya. Oleh karena itu, bila gejala tidak membaik dalam 2 hari atau memburuk dengan cepat, segera datangi faskes terdekat.

Top 16 penyebab bintitan pada mata menjelaskan Noi That Moi

Bintitan pada Mata Apakah Berbahaya?

  • Penulis: yankes.kemkes.go.id
  • Tanggal Terbit: 05/30/2022
  • Ulasan: 4.91 (805 vote)
  • Ringkasan: Bintitan terlihat seperti jerawat atau bisul yang dapat terjadi di kelopak mata bagian luar maupun bagian dalam. Gejala yang timbul seperti …

Mencegah Mata Bintitan | Puskesmas Sungai Durian

  • Penulis: puskesmas.kuburayakab.go.id
  • Tanggal Terbit: 12/30/2021
  • Ulasan: 4.76 (419 vote)
  • Ringkasan: Gejala-gejala lain yang menyertai kondisi ini meliputi: Mata merah; Mata berair; Kelopak mata bengkak dan nyeri. Kapan harus ke dokter. Pada umumnya, bintitan …

Bukan karena Mengintip, Ini Penyebab Bintitan pada Mata

  • Penulis: beritasatu.com
  • Tanggal Terbit: 06/30/2022
  • Ulasan: 4.45 (559 vote)
  • Ringkasan: Bintitan adalah kondisi munculnya benjolan kemerahan di kelopak mata akibat peradangan pada kelenjar minyak atau folikel yang tersumbat oleh sel …

Benarkah Ada Makanan Penyebab Bintitan? Cari Tahu Penjelasannya di Sini, Moms!

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 02/27/2022
  • Ulasan: 4.37 (338 vote)
  • Ringkasan: Dikutip dari Cleveland Clinic, infeksi penyebab mata bintitan umumnya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Awalnya, ada sel kulit mati …

Artikel Kesehatan – Bintitan – Viva Health

  • Penulis: vivahealth.co.id
  • Tanggal Terbit: 11/08/2022
  • Ulasan: 4.08 (223 vote)
  • Ringkasan: Nyeri pada kelopak mata. Pembengkakan kelopak mata. Penyebab bintitan. Bintitan terjadi karena infeksi bakteri pada kelenjar minyak yang berada di kelopak mata.

Penyebab Mata Bintitan dan 5 Cara Menghilangkannya

  • Penulis: cnnindonesia.com
  • Tanggal Terbit: 02/04/2022
  • Ulasan: 3.62 (590 vote)
  • Ringkasan: Melansir Healthline, penyebab mata bintitan biasanya karena infeksi bakteri Staphylococcus. Bakteri ini menginfeksi bagian kelenjar penghasil …
  • Hasil pencarian yang cocok: Penyebab kelopak mata bengkak karena bintitan lainnya adalah saat pemasangan lensa kontak (softlens). Tangan yang kurang bersih tetapi dipakai untuk memasang lensa kontak ke mata akan mempermudah bakteri Staphylococcus sampai ke area mata dan …

Sering Ngintip Sebabkan Mata Bintitan, Mitos atau Fakta

Sering Ngintip Sebabkan Mata Bintitan, Mitos atau Fakta
  • Penulis: puraraharja.com
  • Tanggal Terbit: 04/26/2022
  • Ulasan: 3.59 (304 vote)
  • Ringkasan: Penyebab mata bintitan karena suka mengintip sebenarnya tidak berkaitan satu sama … Infeksi bakteri stafilokokus biasanya terjadi pada akar bulu mata, …
  • Hasil pencarian yang cocok: Penyebab mata bintitan karena suka mengintip sebenarnya tidak berkaitan satu sama lain. Bintitan atau dalam istilah medis disebut hordeolum, merupakan benjolan di mata yang menyerupai jerawat atau bisul yang dapat muncul pada kelopak bagian luar …

Ketahui Bintitan pada Anak: Apa Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

  • Penulis: haibunda.com
  • Tanggal Terbit: 09/09/2022
  • Ulasan: 3.26 (227 vote)
  • Ringkasan: Gejala bintitan pada anak · Pembengkakan kelopak mata · Kemerahan di tepi kelopak mata · Nyeri di area mata yang terkena · Kadang disertai dengan …

Penyebab Bintitan Beserta Gejala, Jenis dan Cara Menanganinya

  • Penulis: viva.co.id
  • Tanggal Terbit: 03/05/2022
  • Ulasan: 3.04 (218 vote)
  • Ringkasan: Bintitan sendiri merupakan peradangan pada kelenjar minyak atau dikenal sebagai hordeolum. Infeksi bakteri pada sekitar bagian mata menyebabkan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Nah, jika bintitan masih tak juga kunjung sembuh dan terus berlanjut, dokter mungkin akan meresepkan krim antibiotik topikal atau obat tetes mata antibiotik. Jika infeksi menyebar di luar kelopak mata, bisanya dokter juga akan meresepkan antibiotik …

Mata Bintitan, Kenali Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

  • Penulis: id.theasianparent.com
  • Tanggal Terbit: 09/10/2022
  • Ulasan: 2.97 (173 vote)
  • Ringkasan: Hordeolum merupakan salah satu jenis infeksi ringan pada kelenjar di kelopak mata. Yang ditandai dengan benjolan merah mirip jerawat, yang menimbulkan rasa …

Bintitan (Bintil) | Penyebab, Gejala, & Perawatan | ACUVUE® ID

  • Penulis: acuvue.co.id
  • Tanggal Terbit: 02/05/2022
  • Ulasan: 2.85 (109 vote)
  • Ringkasan: PENYEBAB. Terkadang kelenjar minyak pada kelopak mata anda dapat terinfeksi, menyebabkan terjadinya bintitan. Bakteri stafilokokus (staph) merupakan penyebab …

Sering Mengalami Mata Bintitan? Ini Penyebabnya!

  • Penulis: klikdokter.com
  • Tanggal Terbit: 07/06/2022
  • Ulasan: 2.77 (181 vote)
  • Ringkasan: Sering Mengalami Mata Bintitan? Ini Penyebabnya! · 1. Infeksi Akut Kelenjar Minyak di Mata · 2. Sumbatan di Kelopak Mata · 3. Blefaritis · 4.

Kenali Mata Bintitan atau Radang Kelopak Mata

  • Penulis: aido.id
  • Tanggal Terbit: 06/20/2022
  • Ulasan: 2.5 (59 vote)
  • Ringkasan: Selain memerah, blefaritis juga menimbulkan gejala lainnya seperti mata bengkak, mata gatal, mata berair hingga munculnya sensasi terbakar pada …

Bintitan: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Rumahan

  • Penulis: health.detik.com
  • Tanggal Terbit: 03/23/2022
  • Ulasan: 2.57 (184 vote)
  • Ringkasan: Gejala Bintitan · Benjolan merah yang menyakitkan di sepanjang tepi kelopak mata dekat bulu mata · Pembengkakan kelopak mata (terkadang seluruh …

Simak Penyebab Mata Bintitan dan Cara Mengatasinya

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 10/11/2022
  • Ulasan: 2.29 (86 vote)
  • Ringkasan: Penyebab utama bintitan adalah infeksi bakteri Staphylococcus. Bakteri yang umum hidup di kulit ini dapat menyumbat kelenjar minyak di kelopak …

Cara Tepat Atasi Bintitan Pada Mata Agar Tak Berkembang Jadi Infeksi

  • Penulis: health.grid.id
  • Tanggal Terbit: 11/03/2022
  • Ulasan: 2.26 (82 vote)
  • Ringkasan: Bintitan sering disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi folikel bulu mata atau kelenjar kelopak mata. Kita juga lebih mungkin terkena bintitan …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Tips