Simak 14 cara scan ktp lewat hp android terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara scan ktp lewat hp android Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video cara scan ktp lewat hp android

Dulu, melakukan scanning harus menggunakan scanner yang tidak dimiliki oleh semua orang. Tapi dengan perkembangan zaman, kini semua orang bisa scan dokumen seperti ijazah, foto ktp dan lainnya hanya bermodal sebuah HP saja. Cara scan dokumen di HP Android maupun iPhone juga cukup mudah dengan banyaknya aplikasi pendukung.

Apalagi di masa pandemi ini, peran scanner sangat penting terutama di bidang pendidikan. Sekolah jarak jauh telah menuntut para siswa untuk banyak melakukan scan berkas seperti saat pengumpulan tugas, ulangan, ijazah dan masih banyak lagi. Tak jarang bahkan kita harus melakukan edit dokumen sebelum dikirimkan.

Beruntung sekarang sudah banyak aplikasi penunjang untuk melakukan ini. Bahkan tidak membutuhkan kamera yang bagus untuk melakukan scanning dokumen karena aplikasi-aplikasi tersebut sudah bisa menunjang hasil scan kita.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu praktikkan untuk scan dokumen di HP.

Cara Scan Dokumen di HP Android Tanpa Aplikasi

Mungkin banyak yang mengira bahwa untuk melakukan scan dokumen menggunakan smartphone membutuhkan aplikasi scanner tambahan. Padahal, sebenarnya kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan yang sudah dimiliki di Android. Caranya adalah:

  1. Pertama buka aplikasi Google Drive di smartphone kamu. Sepertinya semua hp Android sudah otomatis terinstal aplikasi bawaan dari Google ini.
  2. Setelah Google Drive terbuka, klik ikon plus atau “+” untuk menambahkan dokumen atau file baru.
  3. Pada menu yang muncul, klik “Scan”.
  4. Siapkan dokumen yang akan kamu scan. Bisa berupa ijazah, foto, atau sebuah KTP. Usahakan kamu menempatkan dokumen tersebut di tempat datar dengan pencahayaan yang cukup. Jika tidak, kamu bisa memanfaatkan flash di HP-mu.
  5. Setelah itu, ambil foto yang bagus dari dokumen tersebut.
  6. Jika dirasa sudah pas, klik ikon centang, tapi jika belum, klik ikon X dan ulangi langkah sebelumnya.
  7. Selanjutnya lakukan editing seperti cropping untuk membuang bagian yang tidak perlu.
  8. Jika sudah, klik Save untuk menyimpan hasil scanning.

Dari sini, dokumenmu sudah secara otomatis tersimpan dalam format dokumen PDF. Karena cara ini menggunakan aplikasi yang umum ada di HP Android, maka kamu bisa menggunakan cara ini dengan baik di berbagai merk smartphone seperti Realme, Oppo, Asus, Vivo, Infinix, Samsung, ataupun Lenovo.

Akan tetapi, kalau kamu menggunakan smartphone Xiaomi, kamu bisa menggunakan cara scan dokumen di HP Xiaomi tersendiri. Karena hampir semua HP terbaru keluaran Xiaomi sudah diberi fitur scanner bawaan. Begini cara menggunakannya:

  1. Masuk ke folder “Alat” lalu pilih “Pemindai” atau “Scanner”.
  2. Di sini akan ada dua menu, pilih “Dokumen”.
  3. Lakukan scan atau foto pada dokumen yang akan kamu scan. Kamu bisa menggunakan berbagai macam dokumen seperti KTP, tugas, atau BPJS ketenagakerjaan.
  4. Setelah itu, atur posisi foto agar terlihat bagus.
  5. Jika dirasa sudah pas, klik ikon centang di bagian bawah layar guna menyimpan file tersebut.

Dari sini, proses cara scan dokumen ke pdf di HP sudah selesai. Kamu bisa menemukan hasil scannya di folder Pictures > Scanner. Tidak hanya Xiaomi, Samsung sebenarnya juga memiliki fitur ini. Untuk cara scan dokumen di HP Samsung, secara garis besar hampir sama seperti langkah di atas.

Cara Scan Dokumen di iPhone Tanpa Aplikasi

Berbeda dengan Android, iPhone memiliki fitur tersendiri untuk melakukan scanning dokumen pada smartphonenya. Di sini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan karena iPhone sudah menyediakan aplikasi bawaan bernama “Catatan” untuk melakukan scan dokumen. Berikut caranya:

  1. Pertama buka aplikasi catatan di iPhone-mu.
  2. Pilih catatan atau kamu juga bisa membuat catatan baru.
  3. Klik ikon kamera atau klik “Pindai Dokumen”.
  4. Ambil foto dari dokumen yang akan kamu scan.
  5. Setelah itu, sesuaikan dengan menggeser sudut-sudut hasil scan agar pas dengan dokumen.
  6. Jika dirasa sudah bagus, klik “Simpan” untuk menyimpan hasil scanningmu.

Untuk cara ini, sebenarnya iPhone memberikan dua metode scan. Pada langkah ke-4 di atas, kamu bisa memilih mode otomatis atau manual. Jika mode otomatis, maka iPhone akan secara otomatis mendeteksi dokumenmu dan mengambil foto dengan bantuan AI.

Sedangkan untuk mode manual, kamu harus mengambil gambar dokumen tersebut secara manual dan bisa melakukan editing lebih lanjut apabila ada yang kurang pas.

Baca juga: Cara Menambah Teks Tulisan pada Foto di HP Android

Aplikasi Scan Dokumen di HP Android & iPhone (Gratis)

Jika smartphonemu tidak mendukung scanning tanpa aplikasi, kamu masih bisa melakukan scanning dengan bantuan aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini beberapa memiliki kelebihan seperti memindahkan hasil scan dari HP ke laptop, menggunakan fitur printer HP, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi scanning dokumen di HP yang bisa kamu gunakan:

CamScanner

CamScanner adalah aplikasi scan dokumen yang banyak digunakan dan populer di antara pengguna smartphone. Cara scan dokumen dalam bentuk jpg di HP bisa kamu lakukan dengan menggunakan CamScanner karena aplikasi ini mendukung banyak format scanning termasuk PDF dan jpg. Aplikasi ini juga bisa kamu pakai untuk scan tanda tangan (ttd) di hp.

Cara scan menggunakan aplikasi ini yaitu:

  1. Buka aplikasi Camscanner lalu login, atau kamu juga bisa menggunakannya tanpa login sebagai tamu.
  2. Selanjutnya klik ikon kamera di bagian bawah.
  3. Foto dokumen yang akan kamu scan.
  4. Setelah itu, klik next dan aplikasi akan secara otomatis merapikan hasil scanningmu. Tapi kamu masih bisa mengedit hasilnya secara manual jika dirasa masih belum bagus.
  5. Jika sudah selesai, klik ikon rumput di bagian bawah layar untuk menyimpan hasil scanningmu.

Dari langkah ini, kamu sudah berhasil melakukan scanning pada dokumen. Selanjutnya kamu bisa melakukan apapun pada hasil tersebut. Seperti membagikannya kepada orang lain, mengubah format, dan masih banyak lagi fitur di CamScanner.

Selain itu, yang perlu kamu ketahui adalah kamu bisa melakukan cara scan dokumen dalam bentuk jpg di HP dengan menggunakan aplikasi ini. Caranya adalah dengan melakukan import dokumen dan lakukan langkah-langkah di atas untuk mengedit dokumen tersebut.

Smart Scan

Cara scan dokumen di HP menggunakan aplikasi selanjutnya adalah menggunakan aplikasi bernama Smart Scan. Aplikasi ini cukup canggih karena sudah dibekali dengan pendeteksi dokumen sehingga bisa menghasilkan hasil scan yang cukup bagus. Berikut cara scan menggunakan smart scan:

  1. Buka aplikasi Smart Scan di HPmu.
  2. Setelah terbuka, klik tombol kamera di bagian bawah layar.
  3. Selanjutnya kamu tinggal mengambil foto dokumen yang akan discan sebaik mungkin.
  4. Setelah itu, kamu bisa melakukan cropping untuk merapikan hasilnya.
  5. Jika sudah, klik “Next”.
  6. Setelah itu, klik filter hitam putih untuk membuatnya terlihat seperti hasil scan.
  7. Jika sudah, klik Simpan untuk menyimpan hasilnya.

Adobe Scan

Selain Smart Scan, Adobe Scan juga merupakan aplikasi scanner yang cukup canggih karena dapat mengenali teks pada dokumen milikmu. Berikut cara scan menggunakan Adobe Scan:

  1. Buka aplikasi Adobe Scan.
  2. Setelah itu, kamu akan langsung diarahkan ke kamera dan kamu langsung bisa mengambil foto dari dokumen yang akan discan.
  3. Ambil foto dokumen seperti biasa.
  4. Sesuaikan hasilnya dengan melakukan cropping .
  5. Simpan hasilnya dengan klik Save as PDF untuk menyimpannya sebagai dokumen PDF.

Itulah aplikasi-aplikasi yang bisa kamu pakai untuk scan berbagai jenis dokumen menjadi bentuk pdf di hp. Jika dokumen kamu berupa microsoft word, kamu bisa membaca postingan kami tentang cara mengubah word ke pdf.

Banyaknya aplikasi scanner portable dan fitur-fitur bawaan smartphone membuat aktivitas scan kini semakin mudah. Hal ini tentu sangat memudahkan kita di saat pandemi seperti ini dimana semua harus dilakukan secara online.

Top 14 cara scan ktp lewat hp android menjelaskan Noi That Moi

Cara Scan Poto Di Android – ASEP IT

  • Penulis: asepit.com
  • Tanggal Terbit: 09/03/2022
  • Ulasan: 4.93 (917 vote)
  • Ringkasan: Dengan cara di atas,anda bisa dengan mudah scan ktp menjadi pdf dengan hp android, bisa scan ijazah lewat hp, dan anda bisa scan file dengan Hp saja.

√ Cara SCAN Dokumen ke PDF KK, Akte, Piagam, Ijazah, Tugas HP Android 2022

  • Penulis: ekorkode.com
  • Tanggal Terbit: 10/18/2022
  • Ulasan: 4.62 (203 vote)
  • Ringkasan: Cara scan Dokumen ke PDF untuk Ijazah, KK, ktp, piagam, nilai, tugas, kertas ke PDF Pakai Android tanpa instal Aplikasi lian.

CARA SCAN DOKUMEN MENGGUNAKAN HP ANDROID

  • Penulis: adtchatting.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 09/16/2022
  • Ulasan: 4.5 (508 vote)
  • Ringkasan: Cara Scan Dokumen/Berkas Menggunakan HP Android. 1. Download dan install CamScanner dari Google Play Store. Kemudian jalankan aplikasi CamScanner pada …

Cara Scan KTP di HP Android 2022

  • Penulis: cara1001.com
  • Tanggal Terbit: 10/01/2022
  • Ulasan: 4.3 (241 vote)
  • Ringkasan: Siapkan dokumen KTP anda terlebih dahulu, setelah “CamScanner” terinstal dengan benar pada hp anda, maka anda bisa langsung menjalankan …

2 Cara SCAN Lamaran Kerja Lewat HP Android Dengan & Tanpa Aplikasi

  • Penulis: carabarubuatdaftarakun.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 09/16/2022
  • Ulasan: 4.08 (255 vote)
  • Ringkasan: Terbukti kalau aplikasi berikut ini adalah aplikasi scanner Android terbaik. 1. Langkah pertama kamu perlu memasang aplikasi CamScanner yang bisa kamu cari di …

Aplikasi Scan Ktp Di Android

  • Penulis: otoplus.co.id
  • Tanggal Terbit: 04/26/2022
  • Ulasan: 3.61 (387 vote)
  • Ringkasan: Cara secen levar hp Ada banyak pilihan, bisa menggunakan aplikasi scanner, Google Drive atau aplikasi yang sudah built in di hp. Cukup ambil foto dari file …
  • Hasil pencarian yang cocok: Um, untuk membuatnya lebih jelas bagi Anda bagaimana menggunakan aplikasi ini untuk memindai dokumen lain. Tonton video yang sangat singkat di bawah ini. Anda mungkin tidak mengkonsumsi banyak kuota, tetapi Anda mungkin merasakan manfaatnya dalam …

Cara Scan Foto di HP Android Dengan Mudah

Cara Scan Foto di HP Android Dengan Mudah
  • Penulis: pinhome.id
  • Tanggal Terbit: 09/10/2022
  • Ulasan: 3.52 (342 vote)
  • Ringkasan: Cara scan foto di HP Android Untuk KTP, Ijazah, dokumen dan lain-lain sangat mudah. Untuk melakukannya, gunakan beberapa cara berikut ini!
  • Hasil pencarian yang cocok: Demikianlah artikel ini yang membahas bagaimana cara scan foto atau dokumen di HP Android tanpa harus menggunakan mesin scanner atau printer. Cara ini bisa kamu gunakan untuk semua HP Android, seperti Samsung, ASUS, Xiaomi, OPPO, VIVO, dan yang …

Cara Scan Foto dan Dokumen di HP Android (Semua Merek)

  • Penulis: teknogram.id
  • Tanggal Terbit: 10/10/2022
  • Ulasan: 3.2 (309 vote)
  • Ringkasan: Cara Scan Foto di HP dengan Google Drive · Siapkan foto yang ingin kamu scan · Buka aplikasi Drive · Klik ikon plus (+) yang ada di pojok kanan …

Cara Scan Foto di HP dengan Mudah

Cara Scan Foto di HP dengan Mudah
  • Penulis: metroandalas.co.id
  • Tanggal Terbit: 01/30/2022
  • Ulasan: 3.01 (459 vote)
  • Ringkasan: Tanpa Aplikasi · Pertama kamu buka Kamera di HP Android. · Aplikasi Kamera · Kemudian, arahkan kamera tersebut ke dokumen yang mau discan. · Bila …
  • Hasil pencarian yang cocok: Di langkah ini kamu pula dapat melaksanakannya tanpa wajib memakai aplikasi apapun ataupun mendownloadnya. Ada beberapa HP Android bawaan yang telah bisa melaksanakan scan ataupun pemindaian gambar ataupun dokumen jadi tidak perlu menggunakan …

Cara Scan Lewat Hp Dgn Google Drive, Aplikasi, Scan Semua Dokumen

  • Penulis: bangwahid.com
  • Tanggal Terbit: 03/30/2022
  • Ulasan: 2.81 (50 vote)
  • Ringkasan: Scan Ktp, lamaran kerja, ijasah dan Dokumen Lain Menggunakan Aplikasi CamScanner · Download aplikasi CamScanner di google play store lalu install …

Cara Scan Dokumen di HP TANPA Aplikasi dan Pakai Aplikasi [WORKS!]

  • Penulis: trestleontenth.com
  • Tanggal Terbit: 06/28/2022
  • Ulasan: 2.79 (173 vote)
  • Ringkasan: Ingin seperti itu juga? Anda bisa mengubah HP Android menjadi scanner menggunakan bantuan aplikasi CamScanner. Cara scan dokumen di HP Android ini memiliki …
  • Hasil pencarian yang cocok: Siapa yang tak mengenal Google Drive? Salah satu layanan dari Google ini dikenal sebagai tempat penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam file. Selain untuk menyimpan file, ternyata Google Drive juga bisa dipakai untuk melakukan …

Cara Scan Dokumen Lewat HP ke PDF (Ijazah, Lamaran, dll)

  • Penulis: indorsie.com
  • Tanggal Terbit: 02/14/2022
  • Ulasan: 2.77 (166 vote)
  • Ringkasan: Cara scan lewat HP android sangat bermanfaat untuk scan dokumen dokumen penting seperti surat lamaran kerja, KTP, KTM, atau ijazah biasanya sering …
  • Hasil pencarian yang cocok: Cara scan lewat HP android sangat bermanfaat untuk scan dokumen dokumen penting seperti surat lamaran kerja, KTP, KTM, atau ijazah biasanya sering dibutuhkan terutama dalam mengurus berbagai kepentingan administrasi. Bukan hanya itu, banyak pula …

Cara Scan KTP Bolak Balik

Cara Scan KTP Bolak Balik
  • Penulis: idnpure.com
  • Tanggal Terbit: 01/25/2022
  • Ulasan: 2.69 (134 vote)
  • Ringkasan: Cara Scan KTP Bolak Balik di HP Android · Langkah pertama silahkan buka aplikasi iScanner yang sudah di install. · Kemudian klik tombol Next lalu …
  • Hasil pencarian yang cocok: Maka dari itu berhubung saat ini proses untuk melamar pekerjaan sering dilakukan secara online, maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara untuk membuat dokumen fisik dari data pribadi Anda ke dalam bentuk digital seperti foto dan format gambar …

6 Cara Scan Foto/Dokumen Lewat HP

6 Cara Scan Foto/Dokumen Lewat HP
  • Penulis: officialjimbreuer.com
  • Tanggal Terbit: 10/29/2022
  • Ulasan: 2.44 (57 vote)
  • Ringkasan: Cara Scan Foto/Dokumen Lewat HP · 1. CamScanner · 2. Google Drive · 3. Simple Scan · 4. Tiny Scanner · 5. Notes · 6. CMC Image Scanner.

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Health