Simak 10+ cara penentuan letak perusahaan sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara penentuan letak perusahaan Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Jenis-jenis Lokasi

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa lokasi digunakan untuk berbagai keperluan perusahaan.

Setiap perusahaan paling tidak memiliki paling tidak memiliki empat lokasi yang dipertimbangkan sesuai keperluan perusahaan, yaitu : 1. Lokasi kontor pusat; 2. Lokasi untuk pabrik; 3. Lokasi untuk gudang; 4. Lokasi untuk kantor cabang. Kantor pusat merupakan lokasi untuk mengendalikan kegiatan operasional cabang-cabang. Semua laporan kegiatan dan pengambilan keputusan dilakukan dikantor ini. Kantor pusat juga digunakan untuk mengendalikan seluruh aktivitas cabang-cabang usaha. Lokasi untuk kantor pusat biasanya di ibu kota Negara atau provinsi. Lokasi pabrik merupakan lokasi yang digunakan untuk memperoses atau memproduksi barang atau jasa. Lokasi ini biasanya didirikan dengan berbagai pertimbangan, apakah mendekati bahan baku, mendekati pasar, sarana dan prasarana, atau tranportasi. Lokasi gudang merupakan tempat penyimpanan barang milik perusahaan baik untuk barang-barang yang masuk maupun barang yang keluar. Lokasi gudang biasanya di daerah pergudangan. Hal ini dilakukan karena lokasi di sekitar kawasan pergudangan terkenal aman dan memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Lokasi cabang merupakan lokasi untuk kegiatan usaha perusahaan dalam melayani komsumennya. Lokasi ini juga digunakan untuk memajangkan hasil produksi atau berbagai jenis barang yang dijual. Letak lokasi cabang biasanya dekat dengan pasar atau konsumen.

Pertimbangan Penentuan Lokasi

Pentuan lokasi harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Kesalahan dalam menentukan lokasi akan berakibat fatal bagi suatu usaha. Kerugian yang diderita perusahaan sangatlah besar. Oleh karena itu, prioritas untuk menentukan lokasi sebelum ditetapkan perlu perlu dianalisis secara baik. Prioritas utama untuk menganalisis masalah lokasi adalah penentuan tujuan untuk lokasi jenis apa, apakah untuk kantor pusat, lokasi cabang, lokasi pabrikah penentuan tujuan untuk lokasi jenis apa, apakah untuk kantor pusat, lokasi cabang, lokasi pabrik atau lokasi gudang. Masing-masing lokasi memiliki pertimbangan sendiri, misalnya apakah lokasi harus dekat dengan konsumen atau bahan baku. Lokasi yang sulit dijangkau konsumen akan sangat berbahaya bagi kehidupan perusahaan. Demikian pula lokasi yang terlalu jauhdari bahan baku akan menabahah beban biaya, baik biaya transportasi maupun biaya lainnya. Oleh karena itu, penentuan lokasi harus tepat sasaran dengan berbagai pertimbangan. Secara umum pertimbangan untuk menentukan lokasi adalah sebagai berikut : 1. Jenis usaha yang dijalankan; 2. Dekat dengan konsumen atau pasar; 3. Dekat dengan bahan baku; 4. Ketersediaan tenaga kerja; 5. Sarana dan prasarana (tranportasi, listrik dan air); 6. Dekat lembaga permeritahan; 7. Dekat dengan lembaga keuangan; 8. Berada di kawasan industry; 9. Kemudahan untuk melakukan ekspansi atau perluasan; 10. Kondisi adat istiadat, budaya dan sikap masyarakat setepat; 11. Hukum yang berlaku di wilayah setempat; 12. Dan pertimbangan lainnya. Untuk lokasi kantor pusat pertimbangan utamanya adalah berada di ibukota Negara atau propinsi yang tentunya dekat dengan pusat pemerintahan dan lembanga keuangan, tersedia sarana dan prasarana, serta dekat dengan pasar. Sementara itu, pertimbangan khusus untuk lokasi pabrik paling tidak ada dua factor penentu, yaitu : 1. Faktor Utama (primer) Pertimbangan utama dalam penentuan lokasi pabrik adalah : a. Dekat dengan pasar; b. Dekat dengan bahan baku; c. Tersedia tenaga kerja, baik jumlah maupun kualifikasi yang diinginkan; d. Terdapat fasilitas pengangkutan seperti jalan raya, kereta api, pelabuhan laut, pelabuhan udara; e. Tersedia sarana dan prasarana seperti listrik; f. Sikap masyarakat; 2. Faktor Sekunder Pertimbangan sekunder dalam penentuan lokasi pabrik adalah; a. Biaya untuk investasi di lokasi seperti biaya pembelian tanah atau pembangunan gedung; b. Prospek perkembangan harga atau kemajuan di lokasi tersebut di masa yang akan dating; c. Kemungkinan untuk perluasan lokasi; d. Terdapat fasilitas penunjang lain seperti pusat perbelajaan atau perumahan; e. Iklim dan tanah; f. Masalah pajak dan peraturan pemburuhan di daerah setempat. Kemudian, pertimbangan untuk lokasi gudang yang umum dilakukan adalah sebagai berikut : 1. Di kawasan industri; 2. Dekat dengan pasar; 3. Dekat dengan bahan baku; 4. Tersedia saran dan prasarana; 5. Transportasi.

Pertimbangan Penentuan Layout

Layout merupakan proses penentuan bentuk dan penempatan fasilitas yang dapat menentukan efisiensi produksi atau operasi. Perancangan layout berkenaan dengan produk, proses, sumber daya manusia, dan lokasi.

1. Kapasitas dan tempat yang dibutuhkan Mengetahui jumlah perkerja, mesin dan peralatan yang dibutuhkan akan memudahkan kita mengetahui kapasitas yang dibutuhkan untuk menentukan layout dan penyediaan tempat atau ruangan untuk setiap komponen tersebut. 2. Peralatan untuk menangani material atau bahan Maksud peralatan untuk menangani material atau bahan adalah alat yang digunakan dalam operasi perusahaan. Layout juga sangat tergantung pada jenis material atau bahan yang dipakai, misalnya Derek dan kereta otomatis untuk memindah bahan. 3. Lingkungan dan estetika Keputusan layout juga harus didasarkan pada lingkungan dan estetika. Tujuannya adalah agar ada keleluasaan dan kenyamanan tempat kerja, seperti penentuan jendela dan sikulasi udara ruang. 4. Arus informasi Layout juga harus mempertimbangkan arus informasi. Pertimbangan terhadap cara untuk memindahkan informasi atau melakukan komunikasi perlu dibuat sebaik mungkin. 5. Biaya perpindahan antara tempat kerja yang berbeda Pertimbangan di sini lebih ditekankan pada tingkat kesulitan pemindahan alat dan bahan.

Pertimbangan penentuan layout secara umum didasarkan pada situasi sebagai berikut. 1. Posisi tetap Posisi layout jenis ini ditujukan pada proyek yang tidak mungkin memindahkan produknya karena ukuran, bentuk atau hal-hal lain. Jadi, produk tetap berada ditempat, sedangkan peralatan dan tenaga kerja yang mendatangi produk. Contohnya gedung, pembuatan kapal. 2. Orientasi proses Layout jenis ini didasarkan pada proses produksi barang atau pelayanan jasa. Biasanya layout jenis ini dapat secara bersamaan menangani suatu produk atau jasa yang berbeda, misalnya rumah sakit. Process layout (fungcional layout), merupakan jenis layout dengan menempatkan mesin-mesin atau peralatan yang sejenis atau mempunyai fungsi yang sama dalam suatu kelompok atau suatu ruangan. Contohnya untuk industry tekstil semua mesin pemotong dikelompokkan dalam suatu area atau semua mesin pemotong dikelompokkan dalam satu area. Jenis layout ini biasanya untuk usaha job order (sesuai pesanan) 3. Tata Letak Kantor Layout jenis ini berkaitan dengan layout posisi perkeja, peralatan kerja, tempat yang digunakan untuk perpindahan informasi. Jika semua permindahan informasi diselesaikan dengan telepon atau alat telekomunikasi, masalah layout akan sangat mudah, tetapih jika perpindahan orang dan dokumen dilakukan secara alamiah, layout perlu di pertimbangkan dengan matang. 4. Tata Letak Gudang Layout ini lebih ditujukan pada efisiensi biaya penanganan gudang dan memaksimalkan pemanfaatan ruangan gudang. Tujuan layout ini adalah untuk memperoleh optimum tradeoff antara biaya penanganan dan ruang gudang. 5. Tata Letak Produk Layout jenis ini mencari pemanfaatan personal dan mesin yang terbaik dalam produksi yang berulang-ulang dan berlanjut atau kontinu. Biasanya layout ini cocok apabila proses produksinya telah distandardisasikan serta diproduksi dalam jumlah yang sangat besar. Setiap produk akan melewati tahapan operasi yang sama dari awal sampai akhir. Contohnya, perakitan mobil atau sepeda motor.

Factor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan layout peralatan pabrik adalah : 1. Produk yang dihasilkan, apakah barang tahan lam atau tidak, produk yang dihasilkan berbentuk barang atau jasa; 2. Kebutuhan tehadap ruangan; 3. Urutan produksi, mulai dari proses mentah, setengah jadi, sampai barang jadi; 4. Jenis dan berat peralatan serta mesin yang akan digunakan; 5. Aliran bahan baku; 6. Udara di ruangan, seperti sinar, pendingin, atau kebisingan suara; 7. Kemudahan pemeliharaan; 8. Fleksibilitas (kemudahan berpindah-pindah). Secara umum tujuan yang hendak dicapai dalam penentuan lokasi dan layout adalah : 1. Agar perusahaan dapat menentukan lokasi yang tepat, baik untuk lokasi pabrik, gudang, cabang, maupu kantor pusat : 2. Agar perusahaan dapat menentukan layout yang sesuai dengan proses produksi yang dipilih sehingga dapat memberikan efisiensi; 3. Agar perusahaan dapat menentukan teknologi yang paling tepat dalam menjalankan produksinya; 4. Agar perusahaan dapat menentukan metode persediaan yang paling baik untuk dijalankan sesuai dengan bidang usahanya; 5. Agar dapat menentukan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan sekarang dan di masa yang akan datang

Sumber: malikdkp.blogspot.com

Top 11 cara penentuan letak perusahaan menjelaskan Noi That Moi

Pemilihan Lokasi Usaha Sebagai Salah Satu Strategi dalam Business Start Up

  • Penulis: binus.ac.id
  • Tanggal Terbit: 03/07/2022
  • Ulasan: 4.84 (953 vote)
  • Ringkasan: Misalnya saja untuk pengusaha yang memilih lokasinya dekat dengan lokasi industri memiliki strategi untuk meminimalkan biaya operasional perusahaan, …

Pemilihan Letak Perusahaan | PDF – Scribd

  • Penulis: id.scribd.com
  • Tanggal Terbit: 09/30/2022
  • Ulasan: 4.51 (406 vote)
  • Ringkasan: Faktor yang dinilai adalah : bahan baku; tenaga kerja; tenaga pembangkit listrik; transportasi; pasar (konsumen). 2. Cara kuantitatif. Dengan cara ini hasil …

Makalah Penentuan Letak Perusahaan (Pengantar Bisnis)

  • Penulis: kumpulan-materi-kuliahku.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 10/25/2022
  • Ulasan: 4.37 (595 vote)
  • Ringkasan: 1.2.4 Apafaktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi? 1.2.5 Bagaimana cara penentuan lokasi perusahaan? 1.3 …

Penentuan Lokasi Pabrik, Metode Kualitatif dan Kuantitatif

  • Penulis: maglearning.id
  • Tanggal Terbit: 10/06/2022
  • Ulasan: 4.16 (487 vote)
  • Ringkasan: Penentuan lokasi pabrik yang tepat akan menentukan biaya-biaya karena menyangkut faktor-faktor produksi terutama bahan baku dan tenaga …

PENETUAN LETAK PERUSAHAAN

  • Penulis: irestya.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 02/03/2022
  • Ulasan: 3.96 (266 vote)
  • Ringkasan: Bagaimanakah cara penentuan lokasi perusahaan? 3. Bagaimanakah konsep dasar aglomerasi dan deglomerasi? BAB II. PEMBAHASAN.

PENENTUAN LOKASI PERUSAHAAN – Matemática – Passei Direto

  • Penulis: passeidireto.com
  • Tanggal Terbit: 10/05/2022
  • Ulasan: 3.67 (599 vote)
  • Ringkasan: Veja grátis o arquivo PENENTUAN LOKASI PERUSAHAAN enviado para a disciplina de Matemática … Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah bersaing.

POKOK PEMBAHASAN MATERI 7 : PEMILIHAN LOKASI PERUSAHAAN

  • Penulis: slideplayer.info
  • Tanggal Terbit: 12/08/2021
  • Ulasan: 3.47 (593 vote)
  • Ringkasan: SUB POKOK PEMBAHASAN : Pentingnya lokasi perusahaan Letak Perusahaan Cara Penentuan Lokasi Penetapan Lokasi Perusahaan menurut Alfred Weber.
  • Hasil pencarian yang cocok: 4 2. Letak Perusahaan Letak perusahaan dapat dibedakan menjadi 4 (empat), yaitu : 1. Letak perusahaan yang terikat pada alam Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, contohnya pada ketersediaan dan kemudahan bahan baku. …

PEMILIHAN LETAK PERUSAHAAN – Anisa Prihandani

PEMILIHAN LETAK PERUSAHAAN - Anisa Prihandani
  • Penulis: anisaprihandani.wordpress.com
  • Tanggal Terbit: 04/11/2022
  • Ulasan: 3.23 (259 vote)
  • Ringkasan: Cara penentuan letak perusahaan. Cara kualitatif. Dengan cara ini diadakan penilaian secara kualitatif terhadap factor- factor yang dianggap …
  • Hasil pencarian yang cocok: titik tolak analisis weber terletak pada factor biaya pengangkutan, kemudian diperhatikan pula biaya tenaga kerja. Apabila suatu industry menganggap biaya pengangkutan menjadi factor utama dalam menatapkan lokasi perusahaan maka, perusahaan akan …

Bagaimana Menentukan Tempat Usaha Yang Strategis

  • Penulis: globalstats-research.com
  • Tanggal Terbit: 10/26/2022
  • Ulasan: 3 (543 vote)
  • Ringkasan: 1. Metode Analog. Metode ini lebih menekankan kepada analisis terhadap lokasi usaha yang sudah ada (existing location). · 2. Metode Grafiti.
  • Hasil pencarian yang cocok: Metode regresi berganda ini sebetulnya pengembangan dari metode analog di atas. Dalam model ini kita mencari faktor-faktor yang memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap sales dari suatu toko atau lokasi bisnis. Faktor-faktor …

TUGAS PENGANTAR BISNIS – 1.1 Rumusan Masalah Bagaimana

  • Penulis: coursehero.com
  • Tanggal Terbit: 10/21/2022
  • Ulasan: 2.89 (148 vote)
  • Ringkasan: View TUGAS PENGANTAR BISNIS from ECONOMY 168 at Udayana University. 1.1 Rumusan Masalah Bagaimana Cara Cara Menentukan Letak Perusahaan ?

Faktor yang Mempengaruhi Penentuan Lokasi Pabrik

Faktor yang Mempengaruhi Penentuan Lokasi Pabrik
  • Penulis: zahiraccounting.com
  • Tanggal Terbit: 08/11/2022
  • Ulasan: 2.69 (182 vote)
  • Ringkasan: Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah dalam bersaing; disampig harus berpacu dengan waktu, juga efisiensi di bidang biaya perlu mendapat …
  • Hasil pencarian yang cocok: Alternatif pemilihan ekspansi didasarkan alasan bahwa fasilitas produksi dirasa sudah ketinggalan, permintaan pasar tumbuh dan berkembang lebih besar daripada kapasitas produksi yang dimiliki, serta apabila fasilitas pendukung (faktor-faktor …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Tips