Simak 12 cara menjadi kapten kapal pesiar sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara menjadi kapten kapal pesiar Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video cara menjadi kapten kapal pesiar

Salah satu cara memasuki pelayaran impian sebagian anak muda Indonesia adalah menjadi seorang pelaut atau pelayaran. Bukan hanya karena pekerjaannya yang bisa mengantarkan setiap orang bisa mengarungi berbagai belahan dunia atau samudera, tetapi karena bayaran yang didapatkan saat berlayar yang cukup fantastis.

Baca juga : syarat pembuatan bst basic safety training

Tentu saja, bayaran ini sepadan dengan aktivitas mereka di tengah laut lepas yang sarat dengan berbagai resiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Baca Juga : persyratan kerja di kapal pesiar

PELAYARAN

CARA DAFTAR PELAYARAN

Beberapa cara memasuki pelayaran bisa dicoba. Ada yang bahkan sudah menempuh pendidikan pelayaran sejak dibangku sekolah dengan masuk di sekolah khusus pelayaran. Tetapi, ada juga yang tertarik sekolah pelayaran setelah mereka lulus dari sekolah menengah.

Baca juga : bantu pembuatan bst

Beragam pekerjaan bisa jadi tujuan setelah lulus dari sekolah pelayaran antara lain sebagai nahkoda kapal, bisajuga jadi pegawai di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Semua tergantung jenjang pendidikan pelayaran yang ditempuh.

Baca juga : bst basic safety training

Jika Anda ingin melakukan aktivitas pelayaran ke luar negeri dan butuh jasa legalisir dokumen atau jasa penerjemah dokumen Anda, Anda bisa menghubungi kontak di artikel ini. Karena Jangkar Global Groups menyediakan kedua jasa ini, sehingga membantu proses pengurusan dokumen Anda.

Baca juga : jasa revalidasi basic savety training

Tidak hanya itu, lapangan kerja lain yang menunggu seorang lulusan sekolah pelayaran adalah bisa jadi pembuat hukum dan regulasi serta transportasi khusus di bidang kelautan, bisa juga bekerja di perusahaan pelayaran, bekerja di pelabuhan atau galangan kapal, industry perikanan, hingga di perusahaan minyak dan gas bumi.

Baca juga : persyaratan bikin buku pelaut

CARA MASUK PELAYARAN

SYARAT MEMASUKI PELAYARAN

Untuk masuk di sekolah pelayaran, sejumlah persyaratan cara memasuki pelayaran harus Anda penuhi. Mulai dari persyaratan yang sifatnya umum, khusus, hingga persyaratan dokumen.

Berikut ini akan diuraikan, persyaratan secara umum saat Anda akan masuk dalam sekolah pelayaran.

Baca juga : jasa urus buku pelaut

Persyaratan secara umum:

  1. Usia maksimal 23 tahun saat sedang mendaftar, berlaku untuk laki-laki dan perempuan.
  2. Belum menikah dan Membuat surat pernyataan sanggup tidak menikah selama proses pendidikan berlangsung.
  3. Tinggi badan minimal 160 cm (Pria) dan wanita memiliki tinggi 155 cm khusus bidang nautika. Sedangkan untuk teknika, laki-laki memiliki tinggi 160 cm. Selain itu, untuk bidang KALK, laki-laki harus memiliki tinggi minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.
  4. Foto ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 lembar menggunakan backraound merah.
  5. Anda diminta menyertakan copyan nilai ujian nasional, akta lahir, STTB, serta membuat surat keterangan belum menikah dari desa atau lurah setempat.

Baca juga : sertifikat kesehatan pelaut

Persyaratan khusus:

  1. Bagi Anda yang ingin memilih jurusan nautika, Anda merupakan lulusan dari SMA dengan mengambil jurusan IPA atau berasal dari SMK pelayaran.
  2. Demikian halnya, jika Anda memilih jurusan teknika. Anda harus berasal dari SMK pelayaran atau SMA dengan jurusan IPA atau dari SMK dengan jurusan teknik. Antara lain teknik otomotif, teknik mesin, serta teknik ketenagalistrikan. Atau Anda yang beral dari jurusan teknik perkapalan atau teknik pengelasan kapal, serta teknik instrumentasi industri, dan teknik mekatronika.
  3. Anda yang lulusan SMA dengan jurusan IPA atau IPS diperbolehkan mengambil jurusan KALK . Atau Anda adalah lulusan dari SMA dengan jurusan administrais perkantoran, akuntansi, hingga pemasaran bisa ambil KALK.

Baca Juga: Simak 11 apa yang dimaksud dengan jalan sempurna

Baca juga : jasa pembuatan paspor pelaut

SYARAT MASUK PELAYARAN

DOKUMEN PELAYARAN

Cara masuk pelayaran dengan sejumlah dokumen persayaratan harus Anda penuhi antara lain sebagai berikut:

  • Anda harus mengisi formulir pendaftaran sekolah tinggi yang dituju
  • Sediakan fotokopi Kartu Keluarga, KTP, hingga SKCK
  • Melampirkan akta kelahiran
  • Lampirkan nilai yang sudah dilegalisir
  • Sertakan copyan dan ijazah asli dari sekolah yang sudah dilegalisir
  • Menyediakan foto 3×4 3 sebanyak 3 lembar dengan latar hitam putih
  • Lampirkan surat keterangan belum menikah dari kelurahan Anda
  • Lampirkan surat pernyataan tidak akan menikah selama menjalani pendidikan
  • Sediakan juga surat izin dari wali atau orang tua Anda

Baca juga : persyaratan sign on pasport pelaut

Meski sejumlah syarat sudah dijelaskan di atas, namun yang tidak kalah penting yang harus Anda miliki adalah persyaratan fisik yang kuat dan sehat saat Anda memutuskan ingin menjadi pelaut atau bekerja di sector pelayaran.

Baca juga : persyaratan buku pelaut online

Bukan hanya fisik yang kuat tetapi juga mental yang kuat. Sebab, bekerja di bidang ini tentu saja memiliki tekanan yang sangat berat. Sehingga kesehatan mental sangat dibutuhkan. Selain dari segi fisik dan mental, biaya yang besar juga tidak kalah penting menjadi perhatian dan wajib

Baca juga : legalisir ijasah pelaut di upt kemenhub

PERSYARATAN DOKUMEN YANG HARUS DIPENUHI

JENIS PELAYARAN

– Khusus Bagian Mesin

  1. Oiler

Sesuai dengan namanya, bidang pekerjaan ini berkaitan dengan bahan bakar kapal. Yang bekerja di desk ini memiliki tanggung jawab memasukkan dan mengeluarkan bahan bakar serta minyak pelumas kapal. Juga bertanggung jawab melaporkan jika terjadi masalah di bagian mesin kapal kepada masinis yang bertugas. Itulah tugas seorang oiler di kapal.

Baca juga : legalisir sertifikat pelaut di dirjen hubla

  1. Masinis

Dalam sebuah proses pelayaran kapal, aka nada tiga jenis masinis yang bertugas dan memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda. Jika Anda memilih massinss 1,cara memasuki pelayaran tugasnya adal pada mesin induk.

Sedangkan bagi mereka yang bertugas di bagian masinis dua, bertanggung jawab pada semua jenis bantu kapal dan masinis tiga punya tugas di semua pompa yang ada pada kapal.

Baca juga : legalisasi ijazah pelaut

JENIS PEKERJAAN SEORANG PELAUT

  1. Chief Engine

Kepala bagian mesin tentu saja punya kedudukan pekerjaan yang lebih tinggi dengan tanggung jawab yag sepadan. Seorang chief engine bertugas memantau semua jensi mesin yang digunakan kapal selama proses pelayaran berlangsung

Baca juga : sertifikat pelaut

Di dalam kapal, ada sejumlah jenis mesin seperti mesin bantu hingga mesin pompa serta mesin induk kapal. Ada juga mesin sekoci, serta mesin freezer dan lainnya. Tanggung jawab lain seorang kepala mesin adalah menerima laporan dari bagian masinis 1 hingga 3 dan oiler.

Baca juga : nomer id tki pelaut mandiri

– Pekerjaan di Bagian Deck

  1. Kapten atau nakhoda

Sesuai namanya seorang kapten, punya tanggung jawab besar cara memasuki pelayaran mengetahui semua hal yang terjadi di atas kapal dan pusat kendali proses pelayaran yang berlangsung. Karena itu, tugas seorang nahkoda kapal cukup berat dan penuh tantangan, sehingga mereka yang akan menjadi kapten atau nahkoda adalah orang-orang yang sudah kenyang pengalaman

Baca Juga: Simak 10+ cara merontokan bulu burung murai batu dengan Mudah

Baca juga : cara mamasuki pelayaran dengan mudah

CHIEF ENGINE

  1. Juru masak

Tanggung jawab seorang juru masak adalah memastika semua kebutuhan makanan di atas kapal tersedia serta menyediakan makanan untuk semua crew yang ada di dalam kapal selama proses pelayaran berlangsung.

Baca juga : mau tahu syarat kerja di kapal pesiar

  1. Klasi

Sebagai seorang klasi kapal,memiliki tugas dan tanggung jawab dalam merawat lambung kapal serta membantu dalam hal penanganan muatan kapal. Tidak hanya itu, klasi juga mendapat pekerjaan khusus yang di tugaskan langsung oleh kapten kapal.

Baca juga : persyaratan izin seafers identity document sid

PROSES PELAYARAN

  1. Juru mudi

Di bagian deck, dikenal juga dengan juru mudi. Tentu saja tugasnya adalah menjaga dan memegang kemudi kapal, melaksanakan tugas jaga di anjungan serta melakukan pengintaian.

Baca juga : persyaratan baru untuk sertifikat panama

  1. Mualim

Sama seperti seorang masinis yang terbagi dalam tiga bagian, mualim juga memiliki tiga bagian. Antara lain, mereka yang bertugas di bagian mualim satu bekerja dalam hal pengaturan muatan kapal. Sedangkan seorang mualim dua bertugas membuat jalur atau peta pelayarann dan juga mengatur navigasi. Sedangkanyang bertugas dalam hal memelihara, mengatur dan memeriksa alat keselamatan kapal dikendalikan oleh mualim tiga.

Baca juga : persyaratan baru untuk sertifikat marshall island

Berlayar ke luar negeri membutuhkan banyak dokumen terutama untuk di legalisir. Jika Anda saat ini membutuhkan jasa legalisir dokumen atau membutuhkan penerjemah tersumpah, tepat sekali memilih Jangkar Global Groups. Untuk konsultasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi kontak yang tersedia di artikel ini.

Baca juga : persyaratan baru untuk sertifikat liberia

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Baca juga : legalisir ijazah pelaut di kedutaan uae

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa menghubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan terjanin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Baca juga : persyaratan visa spain untuk pelaut

Apa saja cara masuk pelayaran ?

Cara kirim dokumen cara masuk pelayaran bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Baca juga : persyaratan siuppak

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan karena pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan kembali apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups cara masuk pelayaran :

Baca juga : persyaratan cba atau pkb untuk siuppak

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : Jangkargroups@gmail.com

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : https://g.page/r/CfcbVXzVxnAWEB0/review

Top 12 cara menjadi kapten kapal pesiar menjelaskan Noi That Moi

Nakhoda dan Perwira Geladak Kapal

  • Penulis: gajimu.com
  • Tanggal Terbit: 07/24/2022
  • Ulasan: 4.75 (443 vote)
  • Ringkasan: Setelah 5 tahun bekerja, ini antara IDR5,275,902 dan IDR54,019,164 per bulan untuk seminggu kerja selama 40 jam. Periksa gaji Anda. Kapten kapal laut · Kapten …

4 Tips Paling Jitu Agar Lolos Jadi Nakhoda Kapal

  • Penulis: jobpelaut.com
  • Tanggal Terbit: 06/23/2022
  • Ulasan: 4.41 (276 vote)
  • Ringkasan: sama seperti jabatan lain, untuk menjadi kapten kapal juga butuh pengalaman, pendidikan dan hal penting lainnya. Ikuti langkah berikut untuk …

Persyaratan dan Biaya Diklat Kerja Kapal Pesiar

  • Penulis: captainsclubcollege.com
  • Tanggal Terbit: 09/24/2022
  • Ulasan: 4.25 (446 vote)
  • Ringkasan: Sanggup untuk menjadi pribadi yang ramah dan menyenangkan. [separator line=yes]. Persyaratan Administrasi: Mengisi Formulir Pendaftaran; Membayar biaya …

Berita Kapten Kapal Pesiar Hari Ini – Kabar Terbaru Terkini

  • Penulis: liputan6.com
  • Tanggal Terbit: 12/03/2021
  • Ulasan: 4.01 (343 vote)
  • Ringkasan: Berita Kapten Kapal Pesiar – Kate McCue berhasil mematahkan stigma batasan gender dengan menjadi kapten wanita kapal pesiar.

Inilah Daftar Gaji Nahkoda Kapal Pesiar di Indonesia

  • Penulis: topkarir.com
  • Tanggal Terbit: 01/11/2022
  • Ulasan: 3.98 (225 vote)
  • Ringkasan: Cara Menjadi Seorang Nahkoda. Untuk bisa berkarir menjadi seorang nahkoda tentunya jalannya cukup panjang, karena kamu harus memiliki pengalaman …
  • Hasil pencarian yang cocok: Dengan gaji nahkoda yang cukup besar tersebut tentunya akan sebanding dengan tugas dan tanggung jawab yang diterima oleh seorang nahkoda kapal pesiar, tidak hanya itu untuk bekerja menjadi seorang nahkoda tentunya kamu harus memiliki sertifikasi …

Capt. Suarniati Beberkan Tips Sukses jadi Kapten Kapal

  • Penulis: topcareer.id
  • Tanggal Terbit: 06/10/2022
  • Ulasan: 3.77 (435 vote)
  • Ringkasan: Topcareer.id – Jika dilihat dari sudut pandang pelaut wanita, tidak mudah memang bersaing dalam dunia yang didominasi oleh pria.

Cara Menjadi Kapten Kapal Pesiar – Fujian Yihong Yacht Corp

  • Penulis: m.id.seastellayachts.com
  • Tanggal Terbit: 06/30/2022
  • Ulasan: 3.5 (358 vote)
  • Ringkasan: Cara Menjadi Kapten Kapal Pesiar. Jul 06, 2020. Ironisnya, pelamar harus membuktikan bahwa mereka dapat mengemudi, berlayar, dan berlabuh di atas kapal.
  • Hasil pencarian yang cocok: Kapten kapal pesiar harus melewati paspor mereka untuk mendapatkan lisensi mereka, yang meliputi pelatihan dua tahun dan kursus empat bulan di Akademi Kapten Yacht. Tergantung pada ukuran kapal Anda, pengalaman kapten sangat penting karena ia …

Bagaimana Menjadi Kapten Kapal layar

  • Penulis: my.aluxuryyacht.com
  • Tanggal Terbit: 10/19/2022
  • Ulasan: 3.35 (225 vote)
  • Ringkasan: Kapten kapal pesiar mesti melalui pasport mereka untuk mendapatkan lesen mereka, yang merangkumi latihan dua tahun dan kursus empat bulan di …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sekiranya perlu, anda boleh mendapatkan sijil dan menyewa kapal layar di mana anda mendapat penilaian tertinggi pada kapal berlesen USCG yang melayakkan anda sebagai kapten berlesen dengan tenaga pengajar yang diperakui USPB. Setelah anda memperoleh …

Tugas Deck Departement di Kapal Pesiar – DUTA PERSADA

  • Penulis: dutapersadajogja.com
  • Tanggal Terbit: 08/13/2022
  • Ulasan: 3.01 (509 vote)
  • Ringkasan: Tugas deck departement pada sebuah kapal pesiar dibagi menjadi beberapa divisi. … pelaut berlisensi dan dikomandoi secara keseluruhan oleh kapten kapal.
  • Hasil pencarian yang cocok: Tugas utama dari seorang kelasi merupakan untuk membantu pekerjaan bosun terutama dalam melakukan pekerjaan berat seperti membersihkan kapal, memperbaiki barang, dan lain sebagainya. Pekerjaannya terbilang cukup remeh, tetapi tanpa ketidakhadiran …

1 universitas menawarkan program jurusan Nakhoda Kapal Pesiar

  • Penulis: hotcourses.co.id
  • Tanggal Terbit: 02/28/2022
  • Ulasan: 2.88 (196 vote)
  • Ringkasan: Dapatkan newsletter Hotcourses berisi informasi universitas dan beasiswa serta tips berguna langsung di inbox kamu. Terima kasih. Harap masukkan alamat email …

Bincang dengan Bennett dan Thorhauge, 2 Perempuan Nakhoda

Bincang dengan Bennett dan Thorhauge, 2 Perempuan Nakhoda
  • Penulis: beritatrans.com
  • Tanggal Terbit: 07/06/2022
  • Ulasan: 2.73 (176 vote)
  • Ringkasan: Seperti halnya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan logistik kota kecil. Di laut. Jadi bagaimana Anda menjadi kapten kapal pesiar? Baca Juga:
  • Hasil pencarian yang cocok: Thorhauge menyoroti keadaan darurat medis sebagai tantangan lain bagi kapten. Situasi ini melibatkan pemikiran cepat dari tim di papan, dia menjelaskan. Sebuah kapal mungkin perlu dialihkan ke pelabuhan yang tidak terjadwal, atau evakuasi mungkin …

Gaji Kapten Kapal dan Karier Nakhoda di Indonesia

  • Penulis: kumparan.com
  • Tanggal Terbit: 10/27/2022
  • Ulasan: 2.61 (59 vote)
  • Ringkasan: Karier menjadi pelaut dan kapten kapal cocok untuk kamu yang sedang menempuh pendidikan khusus di angkutan laut ataupun tertarik di bidang …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Hot