[Easy] 10+ cara mengobati mata sensitif cahaya terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mengobati mata sensitif cahaya Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video cara mengobati mata sensitif cahaya

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang penting dalam membantu menjalankan kegiatan sehari-hari. Ketika mata mulai merah, perih dan sakit maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Mata merah terjadi jika pembuluh darah muncul pada permukaan putih bola mata yang disebut sklera dan dilapisi oleh konjungtiva. Hal inilah yang menyebabkan mata menjadi tampak merah atau pink. Bagaimanakah cara mengobati mata merah tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

Mengobati Mata Merah

Konjungtivitis merupakan sebuah peradangan pada kelopak mata dan bagian putih bola mata.

Baca Juga: Tips Agar Mata tetap Sehat

Penyebab Mata Merah

Penyebab mata merah dipengaruhi oleh berbagai hal. Beberapa penyebab umum yang sering ditemui, yaitu:

  1. AlergiAlergi dapat disebabkan oleh adanya debu, bulu pada hewan peliharaan, serbuk sari dari tumbuhan dan jamur. Aktivitas di luar ruangan mampu meningkatkan resiko terjadinya alergi. Pada kasus ini, mata akan terasa gatal, terbakar hingga munculnya air mata. Alergi tidak hanya menyerang pada mata, tetapi juga bisa pada hidung.
  2. Mata keringMata kering ditandai dengan air mata yang mudah menguap dan produksi air mata yang kurang. Kondisi air mata yang tidak seharusnya inilah yang disebut sebagai mata kering. Mata kering dapat menimbulkan adanya rasa sakit, bisul mata, hingga yang paling parah adalah hilangnya penglihatan.
  3. Pink Eye atau KonjungtivitisPink eye atau dikenal juga sebagai konjungtivitis merupakan sebuah peradangan pada kelopak mata dan bagian putih bola mata. Pink eye ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Pink eye banyak menyerang pada anak-anak dan dapat dengan mudah menular. Cara mengurangi penularan pink eye adalah dengan rajin mencuci tangan dan jangan menggosok mata dengan tangan kotor. Gejala yang muncul adalah produksi air mata yang berlebihan, gatal, muncul rasa terbakar, sensitif terhadap cahaya, dan ada kerak pada kelopak mata serta bulu mata.
  4. Pecahnya pembuluh darahPecahnya pembuluh darah mampu memicu munculnya mata merah yang disebut dengan perdarahan subkonjungtival. Rusaknya pembuluh darah dapat disebabkan akibat bersin yang kuat, angkat beban berat, muntah dengan keras atau menggosok mata terus menerus dan keras. Rusaknya pembuluh darah memang terdengar menakutkan. Namun, nyatanya hal ini tidak berbahaya. Tetapi jika perdarahan semakin luas dan mempengaruhi fungsi penglihatan, sangat disarankan untuk segera ke dokter spesialis mata.
  5. GlaukomaGlaukoma adalah kondisi adanya gangguan lapang pandang. Glaukoma seringkali disertai oleh peningkatan tekanan intraokular dan pada fase akut bisa menyebabkan mata merah. Glaukoma merupakan penyebab utama kebutaan pada seseorang yang berusia 60 tahun ke atas. Gejala yang biasa ditimbulkan adalah sakit kepala, sakit parah pada mata, penglihatan kabur, serta rasa mual dan muntah.

Baca Juga: Penyakit Mata Glaukoma

Mata Merah karena Penggunaan Gawai

Mata merah karena penggunaan gawai berlebih seperti handphone (HP) atau teknologi lain merupakan hal yang wajar terjadi. Hal ini disebabkan oleh pancaran cahaya biru yang kemungkinan berbahaya bagi mata. Menurut sebuah penelitian ditemukan bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh teknologi berpotensi untuk degenerasi makula atau rusaknya retina. Meskipun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Hal tersebut merupakan penyebab utama hilangnya penglihatan seseorang. Degenerasi makula terjadi akibat adanya kematian sel fotoreseptor pada retina mata. Fungsi sel fotoreseptor adalah menangkap gambar visual dan mengirimkan sinyal pada otak dengan bantuan molekul retinal. Molekul retinal yang bereaksi dengan cahaya biru dapat menimbulkan munculnya reaksi kimia. Reaksi kimia inilah yang dapat merusak fotoreseptor dan ketika fotoreseptor mati maka regenerasi pada sel-sel dalam mata tidak terjadi.

Cahaya biru yang dipancarkan teknologi berpotensi untuk merusak retina.

Baca Juga: Gangguan Mata Astigmatisma

Mata Merah karena Alergi

Mata merah karena alergi merupakan hal yang biasa terjadi pada seseorang. Seperti pada penjelasan di atas, alergi merupakan salah satu penyebab munculnya mata merah. Banyak hal yang dapat menjadi pemicu munculnya alergi, salah satunya adalah serbuk sari yang berasal dari tumbuhan atau bunga.

Hal ini dapat dihindari dengan mengurangi aktivitas di luar rumah pada pagi atau sore hari atau ketika cuaca sedang berangin. Pemicu lainnya adalah jamur dan bulu hewan peliharaan. Cara menghindari munculnya jamur adalah menggunakan dehumidifier untuk menjaga kelembaban pada ruangan-ruangan di dalam rumah. Sedangkan, untuk menghindari alergi akibat bulu hewan dapat dengan rajin mencuci tangan dan membersihkan tempat yang sering ditempeli oleh bulu hewan.

Cara Mengatasi Mata Merah

Cara mengatasi mata merah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan Obat Tetes MataPenggunaan obat tetes mata untuk mengatasi mata merah merupakan salah satu cara yang cukup ampuh. Obat mata mampu memberikan cairan yang dapat meredakan iritasi dan mengurangi timbulnya alergi. Jenis obat mata yang digunakan harus disesuaikan dengan penyebab mata merah.
  2. Mengompres MataMengompres mata dengan menggunakan air dingin atau air hangat mampu mengatasi mata merah. Kompres mata dengan air dingin atau air hangat dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari. Jenis kompres yang digunakan juga disesuaikan dengan penyebab mata merah.
  3. Menjaga KebersihanMenjaga kebersihan yang dimaksud adalah dengan rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh atau menggosok mata dengan tangan yang kotor. Selain itu, membersihkan ruangan lembab dan perabotan yang penuh dengan debu atau bulu hewan juga diperlukan. Hal-hal tersebut dapat mengurangi timbulnya alergi yang membuat mata menjadi merah.

Mengobati Mata Merah

Cara mengobati mata merah ada beberapa cara, yaitu meneteskan obat mata, mengompres mata, dan menjaga kebersihan tubuh maupun lingkungan sekitar. Obat mata dengan jenis antihistamin dan dekongestan mampu secara efektif mengurangi kemerahan pada mata. Mengompres mata dengan air dingin dan air hangat dengan intensitas yang tepat dalam sehari juga dapat mengurangi kemerahan pada mata.

Jika mata merah tidak kunjung reda, maka konsultasi dengan dokter adalah solusi terbaik untuk membantu menyembuhkan atau mengobati mata merah. Bantuan dokter dapat menolong Anda untuk mengetahui penyebab mata merah dan menyarankan pengobatan yang tepat, seperti obat antibiotik atau salep.

Ternyata menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata dengan mengobati mata merah di awal gejala sangat diperlukan. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan obat yang tepat untuk menyembuhkan mata merah sebelum menjadi lebih parah. Konsultasi dengan dokter juga merupakan solusi yang tepat. Selain itu, menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar merupakan cara pencegahan terbaik untuk mengurangi munculnya alergi penyebab mata merah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Telah direview oleh dr. Valda Garcia

Source:

  • Mengapa Mata Saya Merah?
  • Cahaya Biru dari Ponsel Anda Dapat Merusak Mata Anda Secara Permanen
  • Mengapa Mata Kemerahan Terjadi dan Cara Mengobatinya

Top 11 cara mengobati mata sensitif cahaya menjelaskan Noi That Moi

Mata Merah – Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Mata Merah - Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
  • Penulis: yankes.kemkes.go.id
  • Tanggal Terbit: 06/28/2022
  • Ulasan: 4.71 (242 vote)
  • Ringkasan: Nah, obat tetes mata dekongestan diberikan untuk mengurangi pelebaran pada pembuluh mata. Dengan demikian, kemerahan pada mata dapat berkurang.
  • Hasil pencarian yang cocok: Cara berikutnya untuk mengatasi mata merah tanpa obat adalah selalu menjaga kebersihan mata Anda. Selain partikel kotoran, ada berbagai hal di sekitar Anda yang dapat menjadi penyebab mata merah. Agar mata tidak mengalami iritasi ataupun alergi, …

6 Cara Mengatasi Mata Lelah Ketika Berkendara

  • Penulis: wuling.id
  • Tanggal Terbit: 12/31/2021
  • Ulasan: 4.47 (419 vote)
  • Ringkasan: Mata terasa tidak nyaman tapi tidak merasa ngantuk, hanya merasa sedikit pegal-pegal. Lakukan olahraga ringan untuk mengatasi kelelahan tersebut …

Penyebab Mata Sensitif Pada Cahaya yang Perlu Diketahui

  • Penulis: merdeka.com
  • Tanggal Terbit: 01/27/2022
  • Ulasan: 4.34 (237 vote)
  • Ringkasan: Penyebab paling umum dari sensitivitas cahaya adalah ketika mata dalam kondisi kering. Mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak dapat …

6 Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Gawai Secara Alami

  • Penulis: siloamhospitals.com
  • Tanggal Terbit: 02/21/2022
  • Ulasan: 4.15 (387 vote)
  • Ringkasan: Penyebab Mata Lelah · Membaca terlalu lama. · Membaca dalam ruangan dengan minim cahaya. · Mengemudi jarak jauh. · Paparan cahaya yang terlalu …

Mata Silau saat Melihat Cahaya Terang, Perlukah Khawatir?

  • Penulis: klikdokter.com
  • Tanggal Terbit: 03/15/2022
  • Ulasan: 3.84 (584 vote)
  • Ringkasan: Pada orang dengan kondisi fotofobia, sinar matahari, lampu floresein atau sumber cahaya lain bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di mata sehingga …

Mata Silau | Tanda dan Gejala, Penyebab, Cara … – SehatQ

  • Penulis: sehatq.com
  • Tanggal Terbit: 12/09/2021
  • Ulasan: 3.6 (414 vote)
  • Ringkasan: Tak jarang, mata yang sensitif terhadap cahaya juga diikuti dengan munculnya gejala sakit kepala. Bukan hanya terganggu karena keberadaan cahaya …

Penglihatan Silau: Gejala, Penyebab, dan Mengobati – Aido Health

  • Penulis: aido.id
  • Tanggal Terbit: 03/27/2022
  • Ulasan: 3.55 (472 vote)
  • Ringkasan: Pengobatan utama adalah dengan mengurangi paparan terhadap cahaya dan mengurangi intensitas cahaya yang terlalu tinggi. Ruangan dan layar dapat dibuat lebih …

Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinya

  • Penulis: idntimes.com
  • Tanggal Terbit: 05/26/2022
  • Ulasan: 3.21 (462 vote)
  • Ringkasan: Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinya · 1. Kebersihan mata · 2. Kacamata lebih aman dari softlens · 3. Cuci muka dan …

5 Cara Alami dan Sederhana Atasi Masalah Mata Kering

  • Penulis: cnnindonesia.com
  • Tanggal Terbit: 09/12/2022
  • Ulasan: 3.13 (489 vote)
  • Ringkasan: 1. Kompres · 2. Kurangi gula · 3. Konsumsi air · 4. Humidifier atau alat menjaga kelembapan ruangan. Pada cuaca dingin, tak ada salahnya …

Jual Obat Mata Silau – Sehat Mata Limatta Softgel Original – Isi 100

  • Penulis: shopee.co.id
  • Tanggal Terbit: 12/13/2021
  • Ulasan: 2.82 (140 vote)
  • Ringkasan: Beli Obat Mata Silau – Obat Mata Sensitif Terhadap Cahaya – Sehat Mata Limatta Softgel Original – Isi 100 Terbaru Harga Murah di Shopee.

Obat Mengatasi Mata Sensitif Terhadap Cahaya – Mata Silau – Mata Perih – Mata gatal – Takut Melihat Cahaya dengan Sehat Mata Limatta

  • Penulis: bukalapak.com
  • Tanggal Terbit: 03/25/2022
  • Ulasan: 2.78 (155 vote)
  • Ringkasan: Obat Mengatasi Mata Sensitif Terhadap Cahaya – Mata Silau – Mata Perih – Mata gatal – Takut Melihat Cahaya dengan Sehat Mata Limatta · Informasi Barang …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Tips