[Easy] 10+ cara menghilangkan bentol gatal di bokong terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara menghilangkan bentol gatal di bokong Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Saat kita mencari cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat, hal ini tidak lepas dari perhatian kita akan kondisi kulit yang sensitif. Gatal bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari inflamasi, gigitan serangga, suhu dingin dan kering, alergi bahan tertentu hingga alergi makanan.

Hal ini mungkin mengindikasikan ada alergen, bakteri, virus, atau kulit yang kondisinya kurang sehat. Meski nampak biasa saja, kulit bila kita lihat lebih dekat dan seksama, mungkin menunjukkan iritasi, kering atau mengandung kuman tertentu.

Tentu saja penanganan gatal yang berbeda sebab, penanganannya juga tidak akan sama. Oleh karena itu, kita perlu melihat dulu apa penyebab dari rasa gatal tersebut.

Cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat dengan ketahui penyebabnya

ilustrasi gatal
Sumber gambar

Berdasarkan gambaran di atas, maka yang perlu kita lakukan adalah mencari tahu penyebab gatal yang terjadi. Apakah berhubungan dengan sengatan, gigitan atau cakaran hewan? Apakah karena kebersihan dan suhu udara sekitar dan kondisi kulit kita? Apa terjadi sebagai gejala ikutan alergi?

Perhatikan juga bagaimana kondisi kulit yang sedang gatal. Apakah kemerahan, ada rasa panas, ada bentol, atau ada bruntusan berair hingga luka yang mungkin menyebabkan iritasi tersebut. Sebab hal ini menentukan penanganan yang kita berikan selanjutnya.

Menggunakan lotion di udara kering dan dingin

ilustrasi menggunakan lotion
Sumber gambar

Salah satu penyebab rasa gatal adalah kulit sedang kering karena kurang hidrasi, atau kondisi udara yang juga menunjangnya. Pada suhu sangat kering dan panas atau dingin dan kering, kulit dapat kehilangan kelembabannya. Kondisi tersebut membuat kulit terasa geli, gatal dan bersisik.

Selain itu, paparan pembersih seperti sabun atau hand sanitizer juga bisa membuat kelembaban kulit hilang. Namun selain itu, juga menimbulkan rasa gatal dan bentol berair yang sangat mengganggu.

Coba gunakan pelembab atau lotion yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Bila ingin yang lebih aman, pilih tanpa pewangi, ramah untuk kulit sensitif, memberi kelembaban yang baik dan memberi perlindungan dari paparan UV.

Membersihkan dengan air mengalir

Cara berikutnya yang mudah kita lakukan adalah dengan air mengalir. Beberapa jenis luka cakar kucing atau luka jatuh kadang bisa menimbulkan rasa gatal. Bersihkan dengan air mengalir lebih dulu, baik hangat ataupun dingin.

Air hangat membantu mematikan bakteri yang ada, sedangkan air dengan suhu biasa atau sejuk, bisa menenangkan rasa gatal. Hanya saja, air hangat atau panas juga bisa menghilangkan kelembaban.

Pada gatal karena alergi yang menimbulkan beruntusan dan gatal membandel, kita bisa merendam area tersebut dalam air es atau air dingin. Cara ini bisa menghilangkan gangguan tersebut dan meredam iritasinya.

Cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat dengan kompres

Selain membersihkan dengan air mengalir, kita bisa juga menggunakan metode kompres dengan suhu dingin. Misalnya pada gatal pada alergi, gatal dekat luka yang meradang, gatal yang beserta pembengkakan area sekitar dan sejenisnya. Tujuannya untuk menenangkan kulit, meredakan inflamasi dan peradangan yang mungkin terjadi.

Menggunakan minyak herbal

Hampir semua rumah dan individu memiliki minyak herbal untuk penyembuhan. Di antaranya seperti minyak kayu putih, minyak tawon, minyak telon dan sejeninya. Bahkan beberapa di antaranya juga bisa kita gunakan untuk menghangatkan badan atau mengatasi permasalahan kesehatan lain.

Kita juga bisa menggunakan minyak herbal ini untuk mengatasi berbagai permasalahan gatal. Seperti gatal karena gigitan serangga atau akibat tergores. Pastikan kulit tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan dari minyak tersebut. Minyak herbal mengandung bahan alami seperti yang tertera pada kemasan dan sesuai jenisnya. YAng paling populer adalah eukaliptus.

Daun eukaliptus dan mentol memang dapat membantu mengatasi permasalahan akibat kuman dan bakteri, sekaligus meredakan peradangan ringan yang terjadi. Sehingga cocok menjadi pertolongan pertama pada kasus gatal yang ringan.

Tips mengatasi gatal

ilustrasi tips atasi gatal
Sumber gambar

Gatal bisa terjadi karena berbagai faktor. Entah itu makanan, kain, sinar matahari, kuman, sabun dan masih banyak lagi. Selain menggunakan cara di atas, ada juga beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar tidak semakin parah:

  • Hindari menggaruk dengan kuku. Bila sangat gatal, gunakan punggung tangan untuk menggesek pelan area kulit yang gatal. Hal ini bermanfaat pada gatal di beberapa area sensitif seperti payudara atau bagian kulit lain yang mudah luka.
  • Hindari faktor pencetusnya. Apakah itu sabun cuci tangan, produk perawatan kulit, bahan kain makanan dan sebagainya.
  • Rajin membersihkan diri dan lingkungan pribadi. Seperti mandi dua kali sehari, membersihkan tempat tidur dan rajin mengganti seprei, selimut dan sarung bantal guling.
  • Bila gejala semakin kuat dan tak teratasi dengan kondisi di atas, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan dengan obat telan atau obat topikal/obat oles.

Penanganan gatal kulit bagian luar dan dalam

Iritasi dan gatal dapat terjadi tak hanya pada kulit bagian luar, tapi juga kondisi yang lebih dalam. Seperti saluran telinga, bagian dalam lipatan pusar, payudara, ketiak, selangkangan, lipatan bokong dan banyak lagi. Tentu akan membutuhkan penanganan berbeda untuk area ini.

Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan beberapa cara di atas. Sebab area kulit dalam bisa lebih sensitif dan tidak bisa sembarang menggunakan bahan keras atau asing. Biasanya, dokter akan meresepkan obat yang lebih tepat dan aman untuk area tersebut.

Gatal adalah reaksi kulit yang sangat wajar. Namun tentu saja, gejala ringan bisa berkembang menjadi kondisi sedang hingga berat. Tetap tenang dan pantau perkembangan gejalanya. Kondisi pikiran yang stres atau cemas juga bisa memicu munculnya rasa gatal.

BACA JUGA: 7 Penyebab Kulit Gatal yang Perlu Anda Waspadai

Menjaga kebersihan bisa menangkal gatal, sekaligus mencegah penyakit lainnya. Seperti diare, flu dan permasalahan pernafasan. Bila muncul gejala, jangan ragu menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

Keluhan gatal yang muncul dalam durasi singkat mungkin merupakan masalah ringan. Namun, gatal berkepanjangan bisa jadi merupakan tanda penyakit sistemik yang tidak boleh diremehkan, seperti autoimun, hati, dan ginjal. Kunjungi GSI Lab dan lakukan general check up segera. Jangan sampai rasa ragu membuat Anda terlambat memperoleh penanganan. Lebih baik waspada dahulu sebelum terlambat, bukan?

Top 12 cara menghilangkan bentol gatal di bokong menjelaskan Noi That Moi

Pantat Sering Gatal dan Timbul Ruam Merah? Mungkin Ini Penyebabnya

  • Penulis: klikdokter.com
  • Tanggal Terbit: 10/03/2022
  • Ulasan: 4.73 (384 vote)
  • Ringkasan: Bokong yang gatal dan memiliki ruam seperti jerawat biasa disebut sebagai “butt acne” atau “jerawat bokong”. Perlu diketahui, benjolan-benjolan …

Atasi Gatal di Kulit Bokong dengan Langkah Ini

  • Penulis: liputan6.com
  • Tanggal Terbit: 09/21/2022
  • Ulasan: 4.54 (582 vote)
  • Ringkasan: Kondisi gatal pada area bokong sering kali menimbulkan rasa jengkel. … Kondisi ini dapat diatasi dengan berbagai cara seperti membersihkan …

Penyebab Gatal-gatal saat Hamil dan Cara Mengatasinya

  • Penulis: zwitsal.co.id
  • Tanggal Terbit: 10/12/2022
  • Ulasan: 4.3 (430 vote)
  • Ringkasan: Bila saat hamil Bunda menemukan bentol merah yang terasa gatal dan menyebar pada paha, pantat, bahkan seluruh tubuh, bisa jadi Bunda mengalami PUPP. Ini adalah …
  • Hasil pencarian yang cocok: Untuk mengatasi masalah gatal-gatal saat hamil misalnya, Bunda bisa menggunakan Zwitsal Baby Cream. Dengan kandungan zinc, produk ini berguna mencegah kulit kering dan mengatasi iritasi pada kulit sensitif. Pelembap ini juga telah teruji …

Jual Obat Gatal di Bokong / Pantat, Obat Gatal Selangkangan, Obat

  • Penulis: shopee.co.id
  • Tanggal Terbit: 09/06/2022
  • Ulasan: 4.15 (260 vote)
  • Ringkasan: Beli Obat Gatal di Bokong / Pantat, Obat Gatal Selangkangan, Obat Gatal Kemaluan … Obat Bokong Gatal Bentol Berair, Obat Gatal dibawah Pantat, Gatal di …

7 Cara Menghilangkan Gatal Pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh

  • Penulis: detik.com
  • Tanggal Terbit: 12/31/2021
  • Ulasan: 3.94 (594 vote)
  • Ringkasan: Begini cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. … pinggang, bokong, dan kelamin yang disertai rasa gatal terutama pada …
  • Hasil pencarian yang cocok: Menurut laporan The American Academy of Allergy, Asthma, & Immunology, terdapat 50% individu yang menderita eksim dan biasanya ditangani secara konvensional menggunakan krim untuk mengurangi inflamasi dan melembabkan kulit. Kondisi lainnya yang …

18 Cara Mengobati Selangkangan Gatal yang Alami, Salah Satunya Pakai Aloe Vera!

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 05/05/2022
  • Ulasan: 3.61 (330 vote)
  • Ringkasan: 18 Cara Mengobati Selangkangan Gatal yang Alami, Salah Satunya Pakai Aloe Vera! Pernah merasakan gatal di selangkangan? Cek apa saja obat alami …

Jangan Digaruk, Hilangkan Anus Gatal dengan 5 Bahan Alami Ini

  • Penulis: health.grid.id
  • Tanggal Terbit: 12/05/2021
  • Ulasan: 3.41 (561 vote)
  • Ringkasan: Baca Juga: Sering Garuk Bokong Tanda Infeksi Cacing Kremi, Cegah dengan … Baca Juga: Cara Mengobati Kemaluan Gatal yang Dialami Ibu Hamil, …

Jual Produk Gatal Di Pantat Gatal Termurah dan … – Bukalapak

  • Penulis: bukalapak.com
  • Tanggal Terbit: 07/29/2022
  • Ulasan: 3.37 (361 vote)
  • Ringkasan: Obat Gatal Gatal di Area Bokong Pantat & Selangkangan – Penghilang Gatal Bentol Bentol Merah di Pantat – Borok Bernanah di Pantat – Propolis SM Herbal, Rp85.000.

7 Hal yang Jadi Biang Kerok Rasa Gatal di Pantat Kamu

  • Penulis: merdeka.com
  • Tanggal Terbit: 05/11/2022
  • Ulasan: 3.01 (459 vote)
  • Ringkasan: Secara khusus, bagian pantat yang rentan mengalami gatal berada di bagian anus atau di kulit yang dekat dengan lubang tersebut. Mulai dari cara membersihkan …

Penyebab Gatal di Area Bokong

  • Penulis: pemkomedan.go.id
  • Tanggal Terbit: 08/29/2022
  • Ulasan: 2.98 (82 vote)
  • Ringkasan: Tapi, masalah bokong gatal, juga bisa terjadi pada orang dewasa. … bebas dapat membantu menghilangkan dan mencegah kemunculannya kembali, …

Jual Obat Bokong Gatal Bentol/Obat Iritasi Bokong/Obat … – JD.ID

  • Penulis: jd.id
  • Tanggal Terbit: 04/05/2022
  • Ulasan: 2.81 (151 vote)
  • Ringkasan: Beli Obat Bokong Gatal Bentol/Obat Iritasi Bokong/Obat Gatal di Bokong Budug di Bokong Paling Ampuh – GOLD-G di JD.ID | Dijamin Original ✔ Gratis Ongkir …

Tinea Cruris – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan – Halodoc

  • Penulis: halodoc.com
  • Tanggal Terbit: 05/05/2022
  • Ulasan: 2.75 (122 vote)
  • Ringkasan: Informasi lengkap mengenai tinea cruris, gejala, dan cara mengatasi. … jamur yang menjangkiti kulit di bagian paha dalam, sekitar kelamin, dan bokong.
  • Hasil pencarian yang cocok: Tinea cruris adalah infeksi fungi atau jamur yang menjangkiti kulit di bagian paha dalam, sekitar kelamin, dan bokong. Kondisi ini juga biasa disebut dengan jock itch dan ia menjadi penyebab munculnya ruam berwarna merah yang biasanya berbentuk …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Tips