[Easy] 10+ cara mencari buyer luar negeri dengan Mudah

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mencari buyer luar negeri Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Selain membuat produk yang unik, tantangan lain bagi pebisnis UMKM ekspor di Indonesia adalah mencari buyer. Buyer merupakan ujung tombak dari berhasilnya bisnis ekspor. Karena tanpa buyer yang pasti, semua produk yang telah dipersiapkan akan sia-sia. Bagaimana cara mencari buyer yang potensial?

Sayangnya, mencari buyer atau importir tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang harus Anda lakukan untuk menemukan buyer yang tepat sesuai dengan produk yang Anda produksi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan digital marketing.

Cara Mencari Buyer Secara Online

Selain mudah dan cepat, digital marketing adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari buyer UMKM ekspor di Indonesia. Ada beberapa langkah digital marketing paling tepat untuk mencari buyer yang tepat.

Membuka Toko Online di E-commerce B2B

E-commerce B2B adalah marketplace yang menyediakan lapak bagi pengusaha B2B. Di lapak ini pebisnis B2B bisa membuka toko online yang memudahkan buyer mencari eksportir sesuai kebutuhannya.

Yang dimaksud dengan B2B adalah bisnis ke bisnis. Dimana produsen tidak menjual langsung produknya di konsumen akhir. Melainkan pada pebisnis lain yang membutuhkan suplier untuk menjalankan bisnisnya.

Ada beberapa E-commerce B2B dunia yang bisa dipilih. Seperti Amazon.com, eBay.com, dan Alibaba.com. Anda bisa menggunakan salah satu atau ketiganya. Sesuaikan dengan produk yang Anda miliki.

Membuat Website Berbahasa Inggris

Selain membuka lapak di e-commerce B2B, Anda juga harus membangun website berbahasa Inggris. Kenapa harus menggunakan bahasa Inggris? Untuk menyesuaikan dengan target market dari luar negeri.

Website tidak hanya sebagai media informasi company profile perusahaan. Tapi juga sebagai etalase online yang memudahkan buyer melihat berbagai produk pada toko online Anda. Dengan website, buyer dari luar negeri bisa dengan mudah menemukan toko Anda saat melakukan riset mencari produk ekspor unggulan.

Blog Walking

Yang dinamakan dengan blog walking adalah berkunjung ke blog orang lain dengan tujuan khusus. Tujuannya tentu saja mendapat buyer paling potensial untuk produk yang akan Anda ekspor.

Misalkan Anda menjual kuliner frozen khas Indonesia. Seperti siomay, rendang Frozen, pempek frozen, dan lain sebagainya. Cobalah berkunjung ke beberapa ke beberapa blog toko makanan online.

Memberi komentar yang positif sambil meninggalkan link toko online Anda. Siapa tahu pemilik toko tertarik untuk bekerja sama dengan Anda.

Membuat Konten SEO Friendly

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara optimasi website agar mudah ditemukan oleh pengunjung. Dengan cara menempatkan website pada halaman pertama mesin pencarian. Karena sebagian besar audiens akan membuka website yang ada di halaman pertama mesin pencarian.

Semakin mudah ditemukan, maka semakin banyak penjualan yang bisa dilakukan. Dengan cara SEO pula, Anda bisa lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Karena pengunjung lebih memilih membuka website Anda dibandingkan dengan situs kompetitor yang tidak berada di halaman pertama.

Caranya adalah dengan mencari kata kunci yang sesuai dengan bisnis dan tema website. Gunakan tool riset kata kunci yang tersedia gratis maupun berbayar untuk menemukan kata kunci yang tepat. Yaitu kata kunci yang bervolume pencarian tinggi dan minim persaingan.

Setelah menemukan keyword yang tepat, Anda bisa menggunakannya untuk membuat artikel. Tulislah artikel yang tidak hanya informatif dan enak dibaca. Tapi juga memenuhi kaidah SEO. Semakin sering mengupdate konten, semakin cepat website bisa berada di halaman pertama mesin pencarian.

Bergabung dengan Komunitas Online

Cara lain untuk mendapatkan buyer UMKM ekspor di Indonesia adalah dengan bergabung bersama komunitas online. Seperti komunikasi pebisnis ekspor Indonesia. Baik yang ada di grup Facebook, WhatsApp, atau di komunitas online lainnya.

Selain belajar cara bisnis ekspor, Anda juga bisa meninggalkan link toko online. Dengan link ini, mereka akan dengan mudah menemukan toko online Anda jika sewaktu-waktu membutuhkan. Jadilah anggota grup yang aktif. Sering posting beberapa informasi. Tidak hanya posting jualan saja. Tapi juga informasi lain untuk meningkatkan leads dan interaksi anggota pada postingan Anda.

Menggunakan Facebook Ads dan Google Ads

Hampir semua orang menggunakan internet untuk mempermudah berbagai aktifitas. Karena nyaris semua lini kehidupan telah terhubung dengan internet. Internet pula yang akan membantu mempermudah mencari buyer untuk ekspor bisnis Anda.

Cara yang bisa digunakan adalah dengan Facebook Ads dan Google Ads. Dua platform ini akan membantu mengiklankan toko online Anda. Menemukan pembeli lebih mudah dan murah dibandingkan dengan menggunakan iklan konvensional. Seperti memasang spanduk, billboard, baliho, atau bahkan di televisi.

Cara Mencari Buyer Secara Offline

Selain menggunakan cara online, Anda juga bisa menggunakan cara-cara offline berikut ini.

Mengikuti Pameran Dagang Dalam dan Luar Negeri

Pemerintah melalui dinas terkait sering mengadakan pameran dagang baik di dalam maupun luar negeri. Pameran ini dimaksudkan agar para pengusaha bisa mempromosikan produk yang telah diproduksinya. Biasanya diselenggarakan oleh dinas perdagangan atau pemerintah kota setempat.

Ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk memperkenalkan produk sekaligus mencari buyer. Biasanya ada beberapa importir atau buyer yang datang ke lokasi untuk mencari produk-produk unggulan yang memungkinkan untuk dijadikan komoditas ekspor. Jadi rajin-rajinlah mengupdate info terkait jadwal penyelenggaraannya.

Memanfaatkan Liburan ke Luar Negeri

Suka berlibur ke luar negeri? Coba manfaatkan momen ini untuk mencari buyer. Tidak hanya sebatas jalan-jalan saja. Pergilah ke negara yang kira-kira berminat dengan produk yang Anda produksi. Dengan cara ini, waktu liburan menjadi lebih bermanfaat.

Bisnis trip seperti ini sering dilakukan oleh para eksportir profesional. Melihat beberapa negara yang mungkin bisa jadi market baru untuk produknya.

Setelah sampai di sana, dia melihat pasar, berkunjung ke beberapa supermarket dan mempelajari regulasi nya. apakah memungkinkan untuk memasukkan produk ke pasar di sana.

Berteman dengan Banyak Eksportir

Cobalah untuk berteman dengan banyak pelaku UMKM ekspor di Indonesia. Belajar dari mereka tentang bagaimana cara mencari buyer potensial. Mereka pasti telah punya banyak pengalaman terkait bisnis ekspor seperti ini.

Tidak hanya belajar mencari buyer saja. Tapi juga bagaimana cara membuat perizinan, membuat kemasan sesuai standar, dan lain sebagainya. Biasanya mereka mengadakan pertemuan secara berkala hanya untuk sekedar sharing pengalaman dan berdiskusi tentang banyak hal.

Terus Asah Kemampuan Berbahasa Asing

Salah satu syarat untuk bisa menembus pasar ekspor adalah kemampuan bahasa asing yang baik. Minimal bisa berbahasa Inggris. Atau bahasa negara tujuan ekspor.

Kemampuan bahasa sangat diperlukan untuk melakukan negosiasi pada buyer atau eksportir negara tujuan ekspor. Memahami berbagai regulasi terkait, membaca dokumen, dan lain sebagainya. Jadi jangan berhenti belajar untuk menguasai beberapa bahasa asing. Karena itu modal skill yang tidak boleh diabaikan.

Itulah beberapa cara mencari buyer untuk UMKM eskpor di Indonesia baik secara online maupun offline. Memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Teruslah berusaha karena buyer potensial tidak akan ditemukan dalam sekali pencarian.

Top 17 cara mencari buyer luar negeri menjelaskan Noi That Moi

PPID / Informasi Perdagangan Luar Negeri – Disperindag Prov Jateng

  • Penulis: disperindag.jatengprov.go.id
  • Tanggal Terbit: 07/16/2022
  • Ulasan: 4.69 (514 vote)
  • Ringkasan: Temukan informasi ketentuan khusus yang ditetapkan berdasarkan perjanjian atau kesepakatan internasional yang diterapkan oleh negara tujuan ekspor untuk …

Komunitas Bisa Ekspor on Twitter: “Cara Mencari Buyer Luar Negri

  • Penulis: twitter.com
  • Tanggal Terbit: 04/13/2022
  • Ulasan: 4.45 (537 vote)
  • Ringkasan: Cara Mencari Buyer Luar Negri 1) Punya product, tentuin dulu komoditas yang mau kalian ekspor. 2) Tau pasar, perlu gali informasi soal pasar, data kondisi …

Hanya dengan Internet, Begini Cara Mendapatkan Data Buyer Potensial

Hanya dengan Internet, Begini Cara Mendapatkan Data Buyer Potensial
  • Penulis: aspenku.wordpress.com
  • Tanggal Terbit: 03/10/2022
  • Ulasan: 4.39 (451 vote)
  • Ringkasan: Tak sedikit orang merasa bingung bagaimana caranya mendapatkan buyer luar negeri. Bagaimana caranya agar tidak keluar banyak uang untuk …
  • Hasil pencarian yang cocok: Tak sedikit orang merasa bingung bagaimana caranya mendapatkan buyer luar negeri. Bagaimana caranya agar tidak keluar banyak uang untuk melakukan promosi produk? Selain ikut pameran yang modalnya nggak murah, kira-kira apa lagi yang bisa dilakukan …

7 Cara Mencari Pembeli atau Buyer untuk Ekspor

  • Penulis: lokalsupportlokal.id
  • Tanggal Terbit: 02/15/2022
  • Ulasan: 4.16 (458 vote)
  • Ringkasan: 7 Cara Mencari Pembeli atau Buyer untuk Ekspor · 1. Buat website dalam bahasa Inggris · 2. Maksimalkan media sosial · 3. Membuat konten berbasis SEO · 4.

Diklaim Ampuh, ini Cara Mencari Buyer untuk Export!

  • Penulis: blog.danain.co.id
  • Tanggal Terbit: 07/22/2022
  • Ulasan: 3.87 (556 vote)
  • Ringkasan: Sebagian besar pebisnis tentu punya keinginan agar produk yang dihasilkan bisa diekspor ke luar negeri. Akan tetapi, bukan hal yang mudah untuk …
  • Hasil pencarian yang cocok: “Media sosial itu bisa di-Adsense. Instagram atau Facebook juga bisa di-Adsense dengan biaya yang murah. Dari sana kita bisa membidik suatu negara tertentu, usia tertentu, dan segmentasi tertentu sesuai dengan permintaan kita,” ujarnya sebagaimana …

Cara Mencari Atau Mendapatkan Buyer dan Pelanggan Dari Luar Negeri

  • Penulis: centrausaha.com
  • Tanggal Terbit: 05/13/2022
  • Ulasan: 3.75 (576 vote)
  • Ringkasan: Cara mencari pembeli dan pelanggan dari mancanegara (Luar Negeri) · #1 Pengetahuan yang memadai tentang pasar · #2 Memperhatikan kualitas dari produk · #3 Mencari …
  • Hasil pencarian yang cocok: Itu mengindikasikan bahwa produk kita telah mampu bersaing di dengan produk global. Memang, menjual produk ke mancanegara bukanlah pekara yang mudah dikarenakan produk anda harus menyesuaikan terkait masalah bahasa, budaya, atau dalam hal hambatan …

UMKM Mau Dapat Buyer dari Luar Negeri? Catat Nih Tipsnya

  • Penulis: finance.detik.com
  • Tanggal Terbit: 07/20/2022
  • Ulasan: 3.39 (464 vote)
  • Ringkasan: Selain itu, kapasitas produksi juga jadi hal penting. Menurutnya, ketika UMKM ingin mendapatkan buyer dari luar negeri pastikan kapasitas …

10 Cara Jitu Mencari Buyer dari Luar Negeri

10 Cara Jitu Mencari Buyer dari Luar Negeri
  • Penulis: smallpaket.id
  • Tanggal Terbit: 06/16/2022
  • Ulasan: 3.2 (359 vote)
  • Ringkasan: 10 Cara Mencari Buyer Luar Negeri Secara Cepat dan Tepat · Pelajari Cara Mengiklankan Produk atau Jasa Secara Efektif Dalam dunia bisnis, …
  • Hasil pencarian yang cocok: Jadi, percepat ekspansi bisnis Anda dengan memilih Small Paket. Cukup kunjungi https://smallpaket.com/ untuk mengirimkan barang kepada para pelanggan Anda ke seluruh dunia. Dengan harga kompetitif serta kemudahan dalam melakukan pengiriman, Anda pun …

Menjembatani Perdagangan Indonesia – Jepang

  • Penulis: itpc.or.jp
  • Tanggal Terbit: 08/13/2022
  • Ulasan: 3.18 (352 vote)
  • Ringkasan: Bagaimana cara mendapatkan list buyer di Jepang? … untuk menghubungkan pemasok Indonesia/eksportir dengan pembeli di luar negeri dari seluruh dunia.

Simak 9 Cara Jitu untuk Mendapatkan Buyer Global!

  • Penulis: exporthub.id
  • Tanggal Terbit: 07/20/2022
  • Ulasan: 2.83 (61 vote)
  • Ringkasan: Bagaimana Cara Mendapatkan Buyer dari Luar Negeri? · 1. Membuat buyer persona terlebih dahulu · 2. Memiliki website perusahaan berbahasa inggris · 3. Menyelami …
  • Hasil pencarian yang cocok: Dalam kegiatan bisnis yang ada di suatu perusahaan akan ada yang berperan sebagai supplier dan juga buyer. Jika supplier merupakan sebuah perusahaan atau perorangan yang menjual barang dan bahan mentah yang diperlukan oleh perusahaan lain agar bisa …

10 Cara Mendapatkan Buyer Export Hanya dengan Kata Kunci

  • Penulis: kompasiana.com
  • Tanggal Terbit: 12/12/2021
  • Ulasan: 2.73 (108 vote)
  • Ringkasan: Cara mencari buyer memang gampang gampang susah,terkadang yang mereka minati kita tidak memiliki. Mesti banting otak supaya bisa menuruti mereka …

7 Tips dan Cara Mencari Buyer Dari Luar Negeri Versi Mister Exportir

7 Tips dan Cara Mencari Buyer Dari Luar Negeri Versi Mister Exportir
  • Penulis: misterexportir.com
  • Tanggal Terbit: 08/13/2022
  • Ulasan: 2.68 (171 vote)
  • Ringkasan: 7+ Tips dan Cara Mencari Buyer Dari Luar Negeri Versi Mister Exportir · 1. · 2. Berteman Dengan Para Pelaku Eksportir. · 3. Ikuti Pameran / Expo …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sebagai eksportir yang baik, pastikan anda selalu update seputar komoditas ekspor asal Indonesia apa yang sedang marak diperbincangkan atau produk apa yang sekarang ini “over-demand” dan barang apa yang dapat menguntungkan secara ekonomis berlipat …

Lewat Aplikasi, Kemendag Permudah Eksportir dan UMKM Jangkau Pembeli Luar Negeri

  • Penulis: liputan6.com
  • Tanggal Terbit: 05/11/2022
  • Ulasan: 2.58 (54 vote)
  • Ringkasan: “Melalui aplikasi Inaexport.id. dikembangkan dengan tujuan mempertemukan eksportir produk lndonesia dengan pembeli di luar negeri. Melalui …
  • Hasil pencarian yang cocok: “Melalui aplikasi Inaexport.id. dikembangkan dengan tujuan mempertemukan eksportir produk lndonesia dengan pembeli di luar negeri. Melalui aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan hubungan antara eksportir Indonesia dengan buyer di luar negeri,” …

Bisa Ekspor

  • Penulis: bisaekspor.com
  • Tanggal Terbit: 01/09/2022
  • Ulasan: 2.54 (105 vote)
  • Ringkasan: Cari buyer itu susah? Engga kok, belajar dulu dengan Bisa Ekspor, pasti mudah! Selengkapnya. Testimoni.

Cara Tepat Menemukan Buyer dari Luar Negeri Untuk Kegiatan Ekspor

  • Penulis: indonesialogistik.id
  • Tanggal Terbit: 03/04/2022
  • Ulasan: 2.39 (54 vote)
  • Ringkasan: Cara Tepat Menemukan Buyer dari Luar Negeri Untuk Kegiatan Ekspor · 2. Gunakan Media Sosial · 3. Daftarkan Bisnis Melalui Portal Bisnis Ekspor atau Marketplace · 4 …
  • Hasil pencarian yang cocok: Jika ingin memasarkan produk melalui platform gratis seperti Google, bisa memaksimalkannya dengan membuat konten yang SEO friendly. Hal ini dilakukan agar website bisnis Anda bisa diketahui oleh banyak orang yang mungkin saja membutuhkan produk …

Cara Mendapatkan Pembeli dari Luar Negeri (Ekspor)

Cara Mendapatkan Pembeli dari Luar Negeri (Ekspor)
  • Penulis: blog.eksporimpor.com
  • Tanggal Terbit: 06/16/2022
  • Ulasan: 2.22 (75 vote)
  • Ringkasan: Cara Mendapatkan Pembeli dari Luar Negeri (Ekspor) · 1. · 2.Mengikuti pameran dagang internasional (International Exhibition). · 3.Mengikuti acara misi dagang …
  • Hasil pencarian yang cocok: Dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini (baca : internet), tehnik pemasaran ekspor juga ikut berkembang. Pemasaran produk ke berbagai belahan dunia bisa dilakukan secara digital (online) menggunakan “tools” yang ada di …

Media Center – Official Website Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

  • Penulis: beacukai.go.id
  • Tanggal Terbit: 09/27/2022
  • Ulasan: 2.1 (148 vote)
  • Ringkasan: Dalam aplikasi ini, calon eksportir dapat mengetahui dan mempelajari persyaratan menjadi eksportir, bagaimana mencari pembeli di luar negeri, …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: News