Simak 10+ cara membuat scrub wajah untuk kulit berminyak terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara membuat scrub wajah untuk kulit berminyak Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Jangan Sembarang, Ini Cara Exfoliating Wajah yang Aman!

Namun masih banyak lho, orang yang belum paham cara exfoliating wajah yang tepat. terutama para pemula dalam dunia skincare, Padahal, memahami cara yang benar sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya iritasi kulit karena proses eksfoliasi.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang mencari informasi seputar cara exfoliating wajah, simak penjelasannya berikut ini yuk!

Apa itu Exfoliating Wajah dan Manfaatnya?

Eksfoliasi adalah salah satu proses perawatan kulit wajah yang bertujuan untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran secara menyeluruh agar mendapatkan kulit yang bersih optimal.

Manfaat exfoliating wajah nggak hanya membuat kulit jadi bersih saja. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

– Mencegah jerawat dan komedo

Eksfoliasi wajah, khususnya eksfoliasi untuk kulit berminyak dan berjerawat, dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo. Soalnya, sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga jerawat dan komedo pun menjadi mudah muncul.

– Membantu proses regenerasi sel kulit

Sebenarnya kulit manusia bisa melakukan regenerasi sel secara alami setiap 28-30 hari. Namun, tak jarang beberapa faktor membuat proses regenerasi menjadi kurang optimal. Nah, cara exfoliating wajah yang tepat bisa membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit sehingga produksi kolagen pun dapat meningkat.

– Membuat kulit terlihat lebih cerah

Tumpukan sel-sel kulit mati bisa bikin kulit wajah terlihat kusam dan kehilangan cahaya alaminya, lho. Jadi, eksfoliasi penting dilakukan jika kamu ingin memiliki wajah yang segar dan cerah merona.

Baca Juga: [Easy] 10+ apakah di alfamart ada kaldu jamur dengan Mudah

– Membantu meningkatkan efektivitas skincare

Pori-pori yang tersumbat akan membuat produk skincare yang kamu pakai tidak dapat menyerap ke dalam kulit dengan maksimal. Ini membuat bahan aktif yang terkandung dalam skincare nggak bisa bisa bekerja dengan efektif. Menerapkan cara exfoliating wajah dengan benar dapat membantu kulit menyerap produk skincare, sehingga bisa efektivitas produk pun bisa kamu dapatkan.

Jenis Exfoliasi Wajah yang Aman

Sebelum mulai eksfoliasi, kamu perlu mengetahui dua cara melakukannya. Pertama adalah physical exfoliating yang menggunakan menggunakan metode manual yakni menggosok kulit wajah, bisa memakai produk facial scrub atau penggunaan alat khusus seperti konjac sponge, facial brush, atau pad yang ditujukan untuk membantu proses pengelupasan kulit.

Jenis eksfoliasi wajah lainnya adalah chemical exfoliating yang menggunakan bantuan produk skincare yang ditujukan khusus untuk eksfoliasi. Umumnya, produk-produk ini mengandung bahan aktif berupa zat asam dari kelompok AHA dan BHA. Kandungan bahan aktif tersebut membantu melemahkan ikatan antar sel di kulit, sehingga sel-sel kulit mati dapat luruh dengan mudah. Produk-produk skincare untuk eksfoliasi yang digunakan bisa berupa facial wash, toner, serum, atau peeling cream.

Cara exfoliating wajah secara kimia disebut memiliki risiko iritasi yang lebih minim, konsentrasinya pun bisa dipilih mulai dari rendah terlebih dahulu. Karena itu, chemical exfoliating banyak disarankan sebagai eksfoliasi untuk pemula maupun eksfoliasi untuk remaja.

Cara Exfoliating Wajah yang Sesuai Jenis Kulit

Setiap jenis kulit memiliki kondisi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, biasanya penggunaan skincare pun dibedakan sesuai dengan jenis kulit. Hal ini pun berlaku pada eksfoliasi, bisa memilih sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

1. Kulit normal

Jenis kulit satu ini memiliki keseimbangan kadar air dan minyak yang baik, sehingga cenderung jarang mengalami masalah kulit. Kondisi kulit yang cukup baik ini memungkinkan para pemilik kulit normal untuk menggunakan cara exfoliating wajah secara fisik maupun kimia. Tetap saja, jangan lakukan secara berlebihan, ya!

2. Kulit kering

Kulit kering umumnya memiliki tekstur kulit yang kasar dan bersisik, serta lebih sensitif. Karenanya, pemilik kulit kering lebih disarankan untuk memilih eksfoliasi kimia memakai produk skincare yang mengandung AHA karena larut di dalam air.

3. Kulit berminyak

Untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, penggunaan eksfolian kimia dengan kandungan salicylic acid merupakan pilihan paling tepat. Senyawa asam dari kelompok BHA ini bukan hanya memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati, tapi juga punya sifat anti-peradangan untuk mengatasi kulit berjerawat. Selain itu, bisa juga untuk menggunakan eksfolian fisik, tapi hanya bisa untuk kulit yang berminyak bukan yang berjerawat.

Baca Juga: [Easy] 16 pukul berapa sekarang di london dengan Mudah

4. Kulit kombinasi

Jenis kulit ini memiliki perpaduan dari beberapa tipe kulit, contohnya normal cenderung berminyak, atau kering cenderung berminyak. Kulit kombinasi juga bisa mengalami jerawat, meski tidak separah kulit berminyak. Jenis kulit satu ini bisa menggunakan produk eksfoliasi dengan gabungan AHA dan BHA. Atau juga bisa menggunakan produk eksfoliasi fisik seperti facial scrub atau exfoliating pad di area kulit wajah yang berminyak saja saat sedang tidak berjerawat.

Tips Eksfoliasi yang Aman untuk Pemula dan Remaja

Setelah mengetahui cara exfoliating wajah dengan benar sesuai jenis kulitmu, kamu bisa belajar lebih lanjut tentang eksfoliasi untuk pemula dan remaja lewat tips berikut ini.

1. Bersihkan wajah dengan gentle facial foam

Sebelum melakukan proses eksfoliasi, kamu tetap perlu membersihkan wajah lebih dahulu. Untuk menghindari kulit menjadi kering maka sebaiknya gunakan produk facial foam yang mengandung pelembap.

2. Gunakan produk gentle exfoliating

Untuk meminimalkan iritasi kulit, maka sebaiknya pilih produk eksfolian kimia dengan persentase AHA dan BHA yang rendah. Kalau menggunakan eksfolian fisi, hindari menggosok kulit secara berlebihan karena kulit bisa iritasi dan luka. Frekuensi melakukan eksfoliasi untuk pemula juga maksimal dua kali seminggu, karena eksfoliasi terlalu sering bisa meningkatkan hipersensitivitas kulitmu.

3. Gunakan pelembap wajah

Setelah melakukan eksfoliasi, maka wajib banget menggunakan pelembap. Soalnya, eksfoliasi dapat membuat kulit wajahmu jadi cenderung kering. Kamu juga bisa menggunakan sheet mask yang mengandung serum karena masker wajah ini andal untuk menghidrasi dan melembapkan kulit secara instan.

4. Jangan lupa memakai sunscreen

Setelah melakukan eksfoliasi, kulit wajahmu biasanya menjadi lebih sensitif, termasuk terhadap sinar matahari. Karena itu, sebaiknya kamu melakukan eksfoliasi pada malam hari. Pada pagi harinya, jangan lupa untuk pakai sunscreen agar kulit wajahmu nggak iritasi atau mengalami sunburn.

Untuk keamanan kulit, sebaiknya kamu menerapkan cara exfoliating wajah dengan menggunakan produk yang sudah diformulasikan oleh para ahli dermatologi. Ingat juga bahwa eksfoliasi merupakan salah satu langkah saja untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, cerah, dan glowing. Jadi kalau kamu hanya eksfoliasi tapi nggak melakukan perawatan lainnya, hasilnya nggak akan optimal dan kulitmu malah bisa jadi iritasi juga kering. Yuk, mulai eksfoliasi dengan cara yang benar!

Top 14 cara membuat scrub wajah untuk kulit berminyak menjelaskan Noi That Moi

3 Cara Buat Lulur Wajah Sendiri untuk Masalah Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah

  • Penulis: depok.pikiran-rakyat.com
  • Tanggal Terbit: 01/30/2022
  • Ulasan: 4.87 (709 vote)
  • Ringkasan: Berikut ini dirangkum tiga cara membuat lulur wajah atau scrub sendiri di rumah, salah satunya dengan bahan mentimun.

7 Cara Membuat Scrub Wajah yang Aman dan Punya Segudang Manfaat

  • Penulis: shopee.co.id
  • Tanggal Terbit: 05/21/2022
  • Ulasan: 4.56 (482 vote)
  • Ringkasan: Cara membuat scrub wajah pasti aman karena kamu bisa menentukan … punya kulit berminyak dan berjerawat wajib mencoba scrub wajah ini, ya!

6 Cara Membuat Scrub Wajah Alami untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

  • Penulis: sehatq.com
  • Tanggal Terbit: 02/09/2022
  • Ulasan: 4.37 (554 vote)
  • Ringkasan: Cara membuat scrub wajah alami dari bahan sederhana yang ada di rumah sangat mudah. Anda bisa menggunakan madu, lidah buaya, yogurt, …
  • Hasil pencarian yang cocok: Campurkan seluruh bahan yang sudah disiapkan dalam sebuah mangkok. Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan seraya memijat kulit dengan gerakan memutar secara perlahan. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas kulit sampai bersih …

15 Merk Scrub Wajah yang Bagus untuk Kulit Berminyak

  • Penulis: kamini.id
  • Tanggal Terbit: 07/13/2022
  • Ulasan: 4.06 (548 vote)
  • Ringkasan: Kelembutan cleanser dengan busa yang cukup dan wangi yang menyegarkan membuat Anda mendapatkan kulit bersih bebas komedo dan minyak dengan cara yang sangat …

Ampuh Angkat Sel Kulit Mati, Rupanya Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Cukup dengan Membuat Scrub dari Bahan yang Ada di Dapur

  • Penulis: nakita.grid.id
  • Tanggal Terbit: 02/04/2022
  • Ulasan: 3.84 (482 vote)
  • Ringkasan: Memiliki kulit yang berminyak memang perlu perawatan yang khusus misalnya membuat scrub wajah alami dengan bahan yang ada di rumah.

4 Cara Mudah dan Aman Eksfoliasi Kulit Wajah di Rumah

  • Penulis: halodoc.com
  • Tanggal Terbit: 12/31/2021
  • Ulasan: 3.7 (248 vote)
  • Ringkasan: Cara Mudah Eksfoliasi Wajah di Rumah · Campur dua sendok teh minyak zaitun dan ½ cangkir gula pasir. · Oleskan scrub ke permukaan kulit wajah dan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sementara untuk jenis kulit berminyak, eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggunakan sikat khusus wajah yang lembut atau menggunakan scrub. Lalu, eksfoliasi wajah dengan bahan kimia untuk pemilik kulit kering dan tipe kulit kombinasi bisa dilakukan …

Tips Membuat 3 Scrub Alami Untuk Kulit Wajah Berminyak

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 02/07/2022
  • Ulasan: 3.45 (267 vote)
  • Ringkasan: Gula pasir sudah cukup dikenal sebagai exfoliator alami yang membuat kulit lebih lembut. Lebih jauh, gula juga bisa mengontrol produksi minyak …

5 Resep Scrub Alami untuk Kulit Kusam, Wajah Cerah Kembali Berseri

  • Penulis: suara.com
  • Tanggal Terbit: 06/02/2022
  • Ulasan: 3.36 (313 vote)
  • Ringkasan: Suara.com – Kulit wajah kusam seringkali membuat rasa percaya diri … bahan scrub yang cocok untuk semua jenis kulit, mulai dari berminyak …

8 Scrub Buah yang Efektif untuk Perawatan Kulit Berminyak

  • Penulis: liputan6.com
  • Tanggal Terbit: 10/11/2022
  • Ulasan: 3.01 (561 vote)
  • Ringkasan: Ada banyak cara untuk membuat scrub dari buah-buahan, … Campurkan menggunakan blender, lalu aplikasikan pada kulit wajah sambil digosok …

20 Rekomendasi Scrub Wajah yang Ramah di Kulit dan Bisa Bikin Glowing

 20 Rekomendasi Scrub Wajah yang Ramah di Kulit dan Bisa Bikin Glowing
  • Penulis: shopback.co.id
  • Tanggal Terbit: 12/03/2021
  • Ulasan: 2.94 (67 vote)
  • Ringkasan: Untuk membuat kulit wajah glowing, dibutuhkan perawatan wajah yang sesuai. … Oil Clearing Scrub untuk eksfoliasi kulit cenderung berminyak dan berjerawat …
  • Hasil pencarian yang cocok: Di kalangan skin care enthusiast, produk scrub wajah satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Banyak orang yang bilang kalau St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub merupakan holy grail mereka dalam eksfoliasi kulit wajah. Memiliki butiran scrub yang …

Cara Mudah Melakukan Eksfoliasi Wajah di Rumah

  • Penulis: alodokter.com
  • Tanggal Terbit: 06/29/2022
  • Ulasan: 2.76 (91 vote)
  • Ringkasan: Siapkan ½ cangkir gula pasir dan 2 sendok teh (sdt) minyak zaitun. · Setelah tercampur, oleskan scrub ini ke permukaan kulit wajah secara merata, …

Tips dan Cara Eksfoliasi Wajah yang Benar

  • Penulis: okadoc.com
  • Tanggal Terbit: 10/05/2022
  • Ulasan: 2.69 (52 vote)
  • Ringkasan: Adapun manfaat eksfoliasi kulit adalah sebagai berikut. … Karena eksfoliator dengan scrub kasar dapat membuat kulit wajah terluka dan berisiko menyebabkan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sebelum melakukan eksfoliasi, perhatikan dulu jenis kulitmu. Jika memiliki kulit berminyak, kamu bisa gunakan eksfoliator yang berbahan hydroxy acid. Namun, jika kulitmu kering, gunakan eksfoliator yang lembut dan bertekstur ringan agar kulitmu gak …

Scrub Alami Wajah Berjerawat dan Berminyak, Serta Cara Membuatnya

Scrub Alami Wajah Berjerawat dan Berminyak, Serta Cara Membuatnya
  • Penulis: evamuliaclinic.com
  • Tanggal Terbit: 06/19/2022
  • Ulasan: 2.65 (73 vote)
  • Ringkasan: Bukan hanya sehat untuk dijadikan menu sarapan, oatmeal juga mampu mengatasi kulit yang berminyak yang menyebabkan jerawat membandel. Cara membuat scrub …
  • Hasil pencarian yang cocok: Scrub wajah dari almond dan minyak zaitun terbukti bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan putih. Almond sendiri sering digunakan sebagai pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak. Untuk membuat scrub wajah alami dari Almond dan …

Tips Eksfoliasi Kulit Pakai Gula dan 5 Bahan Alami Ini, Yuk Dicoba!

  • Penulis: cantika.com
  • Tanggal Terbit: 04/21/2022
  • Ulasan: 2.42 (155 vote)
  • Ringkasan: Mencampurnya dengan gula membuat scrub yang sangat baik untuk menghilangkan kotoran dan membuat wajah Anda bercahaya alami. Cukup campurkan satu …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Hot