[Easy] 10+ cara memasang kabel 3 warna ke colokan terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memasang kabel 3 warna ke colokan Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Bismillahirrohmanirrohim

Terminal listrik atau orang-orang kita sering juga menyebutnya colokan merupakan alat listrik yang berguna untuk mendekatkan atau memposisikan sumber listrik ke tempat yang kita inginkan untuk mempermudah pengerjaan.

Selain itu, terminal listrik juga berfungsi untuk menambah kapasitas penggunaan stop kontak tunggal menjadi lebih banyak dan lebih dinamis penggunaannya.Cara pasang terminal colokan listrik 2 dan 3 kabel

Yah, penggunaan terminal listrik ini hampir dibutuhkan oleh semua orang, termasuk saya sebagai seorang teknisi, sobat sebagai seorang guru, seorang pekerja kantoran, seorang pekerja pabrikan, seorang pekerja luar ruangan, seorang pekerja bangunan, bahkan seorang ibu rumah tangga membutuhkan alat yang bernama Terminal listrik atau dalam bahasa kerennya Power Strip ini.

….Yang menarik disini adalah,

jika sobat hendak membeli sebuah terminal stop kontak listrik, kebanyakan terminal tersebut tidak dilengkapi dengan kabel. kabel dan stekernya dijual terpisah.

Meskipun ada juga yang di bekali dengan kabel yang sudah terpasang seperti pada Colokan listrik, namun kadang kita memang harus membelinya secara terpisah.

Kenapa ?

Karena dalam menggunakan terminal atau colokan listrik ini kita harus mempertimbangkan kapasitas dan fungsi dari terminal listrik itu sendiri nantinya.

Maka dari itu kita harus memperhatikan ini dulu :

Sebelum Membeli & Memasang Terminal Listrik

Pertama,

Mau digunakan untuk apa colokan listrik ini ?

Apakah untuk menghidupkan beban berat seperti kompresor, motor listrik atau hal-hal berkaitan dengan industri lain. Jika yah maka jangan sampai membeli terminal listrik yang sudah 1 paket dengan kabel, karena pada umumnya kabel-kabel yang digunakan kurang bagus.

selain kurang bagus, jumlah inti kabel yang disedikan kadang hanya 2 kabel, sementara agar lebih aman, kita membutuhkan terminal dengan inti kabel 3.

Apalagi jika harga colokan listriknya murah.

Sebaiknya gunakan kabel dengan luas penampang lebih dari 1 mm, sepeti 1,5 hingga 2,5 mm untuk mencegah kabel terbakar karena beban lebih.

kedua,

Perhatikan jenis kabel yang digunakan

Tidak cukup dari itu, sebaiknya pilih juga jenis kabel listrik Kabel NYMHYO atau jenis kabel jenis serabut lain karena memiliki sipat flexsible sehingga cocok digunakan untuk terminal listrik yang memiliki kebutuhan mobilitas tinggi.

Jangan gunakan kabel NYA, NYM dan jenis kabel yang berbatang tunggal lain karena sipatnya yang kurang flexsible.

Kecuali fungsinya di pasang di dinding dan semi permanen, sobat bisa menggunakan jenis kabel berinti tunggal untuk meminimalisir pengeluaran.

Mau gunakan yang inti 2 atau 3 pada kabel?

Sebetulnya stop kontak hanya membutuhkan dua kabel untuk dapat bekerja. menggunakan yang 2 kabel pada terminal listrik bisa digunakan untuk charger Hp atau laptop. Namun bila terminal listrik akan digunakan untuk hal-hal berat seperti pompa air atau rice cooker, sebaiknya gunakan yang 3 kabel.

Apa fungsi kabel ke 3?

kabel ke tiga pada stop kontak berfungsi sebagai grounding sehingga bila ada kebocoran arus pada perangkat listrik, bisa di alirkan pada tanah melalui kabel grounding ini.

Perhatikan juga panjang kabel yang akan digunakan

panjang kabel sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Ukur saja dan kira-kira. Jangan sampai kabel terlalu pendek karena akan membuat sedikit percuma, namun jangan juga terlalu panjang karena bisa menyebabkan kaki tersangkut dan kusut. (pabelit)

Mau berapa lubang stop kontak ?

Lubang pada stop kontak ini sangat penting untuk di perhatikan. meskipun semakin banyak lubang akan lebih menguntungkan, namun juga akan banyak ruang serta tidak banyak mobilitas karena berkurangnya ruang gerak.

Perhatikan jarak antar lubang terminal stop kontak

Tips memilih terminal listrik yang pasSumber : https://www.123rf.com/

bagi anda pengguna laptop, pertimbangkan untuk membeli terminal listrik dengan jarak lubang stop kontaknya cukup jauh, hal ini disebabkan agar masing-masing charger laptop tidak bertabrakan. Posisi lubang stop kontak juga harus di perhatikan agar memilih jenis top konyak dengan pisisi lubang miring atau disesuaikan dengan kebutuhan nantinya.

Memilih Tipe Direct Attachment

Memilih jenis steker T langsung juga bisa menjadi solusi dalam berbagai keperluan, misalnya ingin menambah banyak stop kontak dalam posisi sama. Atau misalnya untuk TV gantung. pemilihan steker T Multiplug juga sangat direkomendasikan bagi teman-teman yang memiliki banyak jenis stop kontak.

Memasang steker T terminal stop kontak listrikSumber : Rumah Rajawali Property Indonesia

Nah, dalam beberapa permasalahan, ada kalanya sobat hanya perlu membeli stop kontak langsung dengan kabel seperti untuk keperluan charger Hp atau laptop, namun ada juga fenomena bahwa sobat harus bisa memasangkan steker, terminal stop kontak dan kabel sendiri.

Tidak heran jika banyak sekali orang yang mecari cara dari internet. Dan kebetulan sobat berkunjung ke blog ini. blog yang akan berusaha membagikan tutorial bagaimana cara memasang kebel pada terminal listrik sendiri dengan mudah dan benar.

Baca juga : alasan kenapa gerinda tangan cepat panas

alat yang digunakan sangat simple

Untuk pemasangan terminal sampai bisa digunakan tidak perlu menggunakan alat-alat yang canggih. Cukup menggunakan alat seadaanya dirumah. Misalnya

  • Gunting, dan isolasi yang pada umumnya ada disetiap rumah.

Berikut step by step Merangkai Colokan Listrik Agar kuat

Jika bahan-bahan sudah disiapkan yaitu satu buah terminal listrik stop kontak, kabel dan steker/socket. Silahkan lakukan pemasangan dengan mengikuti intruksi berikut

…1) Pastikan kabel dalam keadaan baik. Kemudian kupas setiap ujung kabel hingga terlihat bagian penghantarnya, bisa berbahan tembaga, ataupun alumunium.

…4) jika pemasangan kabel pada steker atau socker telah selesai, selanjutnya pemasangan kabel pada terminal listrik. Hampir sama dengan pemasangan kabel pada steker. Pemasangan kabel pada terminal ini munghubungkan kabel coklat dan biru (warna standar fasa & Netral) pada 2 penghantar yang ada pada terminal dan 1 kabel arde tepat ditengah. Jika ada.

Pemasangan kabel pada terminal yang memiliki saklar jelas lebih mudah, karena disana telah disediakan penghubung untuk menghubungkan kabel dan saklar. Dan dari saklar telah tersedia kabel untuk penghantar pada terminal.

Untuk terminal yang tidak memiliki saklar, caranya adalah menghubungkan langsung kabel pada bagian penghantar terminal.

Jangan lupa untuk mengunci bagian isolasi luarnya agar pemasangan kuat.

Kenapa sih isolasi luarnya harus di ikat dibagian tersebut ?

agar tidak terjadi seperti pada gambar ini :

Alasan kenapa masih banyak orang memasang kabel seperti ini adalah karena kurang plexiblenya kabel yang digunakan, dan itu merupakan kesalahan pertama, yaitu salah memilih kabel.

Jika dirasa sudah benar semua,

Silahkan tutup kembali terminal listrik sobat punya dan test.

Mudah bukan

Jika tidak terjadi reaksi apapun, silahkan baca : cara memperbaiki terminal listrik stop kontak

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. mohon maaf bila banyak kesalahan,

Top 12 cara memasang kabel 3 warna ke colokan menjelaskan Noi That Moi

4 Cara Memasang Stop Kontak 3 Kabel Semua Merk & Warna

  • Penulis: epropertyrack.com
  • Tanggal Terbit: 11/30/2021
  • Ulasan: 4.75 (428 vote)
  • Ringkasan: 1. Siapkan Alat dan Bahan · 2. Memotong Kabel · 3. Buka Penutup Stop Kontak. Cara berikutnya yaitu tinggal membuka baut pada rumah penutup terminal listrik atau …
  • Hasil pencarian yang cocok: Pada intinya, cara kerja stop kontak 3 kabel yaitu mengalirkan sumber listrik menuju ke terminal melalui kabel. Saat perangkat disambungkan ke stop kontak, maka listrik yang terkumpul di stop kontak akan terus mengalir melalui steker serta kabel …

Cara Pasang Kabel Listrik di Stop Kontak Uticon – Colokan dan Steker

  • Penulis: contohblog.com
  • Tanggal Terbit: 04/02/2022
  • Ulasan: 4.59 (574 vote)
  • Ringkasan: Bisa juga sih pakai kabel biasa, dua warna saja –biasanya hitam dan biru. Namun, menurut para ahli listrik, sebaiknya kabel listrik memang tiga …

Panduan Pemasangan Kabel Pada Stop Kontak (Dengan Gambar

  • Penulis: ibuani.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 06/30/2022
  • Ulasan: 4.34 (409 vote)
  • Ringkasan: Berdasarkan pengalaman saya selama ini yang sering memasang sambungan kabel, saya ingin berbagi pengalaman saya mengenai cara memasang kabel pada stop kontak …

Cara Memasang Saklar Kabel Roll Tiga Kaki

  • Penulis: perawatanrtdonto.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 04/01/2022
  • Ulasan: 4.1 (441 vote)
  • Ringkasan: Buka seluruh baut/skrup yang ada di bagian luar kabel roll. · Sambungkan kaki sakelar nomor satu ke kabel steker dan stopkontak. · Sambungkan kaki saklar yang …

Cara Memasang Kabel Stop Kontak Paralel

  • Penulis: cara-pasang-instalasi-listrik-rumah.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 08/17/2022
  • Ulasan: 3.81 (478 vote)
  • Ringkasan: 1. Memasang kabel ke steker · Kupas kabel hingga terlihat serabut tembaga di dalamnya kemudian pilin. · Pasanglah kabel warna biru dan hitam ke …
  • Hasil pencarian yang cocok: Pasangkan kabel tiest pada kabel NYM untuk mengganjal kabel NYM agar tidak keluar dari casing stop kontak. Kulit kabel yang akan dikaitkan dengan cable ties sebaiknya dibungkus atau dilapisi dengan kertas terlebih dahulu sebelum diikatkan dengan …

DIY Tutorial Memasang Terminal Listrik 2 Kabel & 3 Kabel

  • Penulis: s-gala.com
  • Tanggal Terbit: 12/26/2021
  • Ulasan: 3.74 (236 vote)
  • Ringkasan: Selain warna kuning, warna kabel ground juga ada yang berwarna hijau-kuning. Untuk kebanyakan instalasi listrik rumahan kalian dapat menggunakan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Untuk kebanyakan instalasi listrik rumahan kalian dapat menggunakan kabel yang berisi 2 tetapi jika di rumah kalian memiliki instalasi grounding maka gunakan kabel isi 3 (untuk mendeteksi adanya instalasi grounding atau tidak kalian dapat …

ARTI and FUNGSI WARNA KABEL INSTALASI LI

  • Penulis: 123dok.com
  • Tanggal Terbit: 03/20/2022
  • Ulasan: 3.53 (511 vote)
  • Ringkasan: Gabungkan(jumper) salah satu terminal dari masing-masing fitting lampu yang belum dipasang kabel apapun kemudian sambungkan memakai kabel berwarna biru ke …

Cara Memasang Kabel Arde (Kabel 3, Biru, Hitam, Kuning)

  • Penulis: kangadhimblog.wordpress.com
  • Tanggal Terbit: 08/22/2022
  • Ulasan: 3.38 (309 vote)
  • Ringkasan: Periksa kembali sambungan secara keseluruhan, dan yang terpenting adalah jangan ada sambungan yang bersentuhan langsung antar kabel yang terbuka …

Cara Memasang Terminal Listrik on/off Sendiri Tanpa Bantuan Tukang

  • Penulis: pipindo.com
  • Tanggal Terbit: 01/17/2022
  • Ulasan: 3.11 (296 vote)
  • Ringkasan: Gambar di atas adalah contoh pemasangan kabel ke terminal kuningan, ada 3 garis warna kabel ya itu merah/phase, biru/netral dan kuning …

Cara memasang colokan listrik 3 kabel

  • Penulis: mempelajari.com
  • Tanggal Terbit: 12/20/2021
  • Ulasan: 2.93 (90 vote)
  • Ringkasan: Dalam pemasangan kabel isi 3, biasanya warna kabel adalah biru, cokelat, dan kuning. Umumnya warna biru dan coklat dipakai untuk jalur listrik sedangkan warna …

PASANG KABEL LISTRIK ISI TIGA – Mus Jono Blog

  • Penulis: musjono.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 09/11/2022
  • Ulasan: 2.86 (84 vote)
  • Ringkasan: Untuk pemasangan kabel Power Perkakas elektronik yang isi tiga sebagai contoh kabel setrika biasanya warna biru, coklat dan hijau bergaris kuning. Kabel Biru …

Cara Memasang Kabel Listrik ke Steker

Cara Memasang Kabel Listrik ke Steker
  • Penulis: wijayaelektrik.com
  • Tanggal Terbit: 04/22/2022
  • Ulasan: 2.78 (56 vote)
  • Ringkasan: Cara Memasang Kabel Listrik ke Steker · Siapkan kabel yang akan disambung, kupas ketiga ujung kabel sampai terlihat kawat tembaganya kira-kira 1cm. · Bukalah …
  • Hasil pencarian yang cocok: Dengan bentuk pipih seperti ini dapat dipastikan bahwa steker hanya dapat disambungkan dengan dua buah kabel yang terdiri dari kabel fasa/positip/api dan kabel negatip/netral, kabel yang digunakan adalah yang berjenis serabut. Steker jenis ini …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Komputer