[Easy] 6 cara memasak beras coklat sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memasak beras coklat Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video cara memasak beras coklat

Hi Readers, sudah pernahkah kamu dengar beras dengan warna coklat? Banyak yang bilang bahwa jenis beras warna ini lebih sehat dan memiliki banyak sumber vitamin daripada berat putih loh. Beras coklat adalah berat yang tidak dikuliti. Jadi, kalau kamu makan beras ini juga menyantap kulit ari dan semua vitamin yang ada di dalamnya.

Disebut seperti itu karena memang dari warnanya. Karena yang hanya dikelupas adalah kulit arinya, serta tidak diolah sampai menjadi putih. Sedangkan di bagian teksturnya lebih keras ketika sudah dimasak. Beras cokelat juga merupakan sumber serat, vitamin B, kalsium, seng, zat besi, mangan, selenium, dan nutrisi lain. Satu hal lagi, beras ini juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Harga dan Manfaat dari Beras Coklat

(Photo by: Eskayvie.co.id)

Beras dengan warna coklat memang memiliki harga yang lebih mahal daripada dengan warna putih, bisa hingga dua kali lipat. Namun itu sebanding dengan banyaknya khasiat yang sebanding dengan harganya. Harga yang dibanderol untuk beras jenis coklat ini sekitar Rp.10.000 hingga Rp. 18.000 per kilo nya. Lumayan juga ya harga nya.

Baca Juga: [Easy] 10+ kartu ucapan bahasa mandarin dengan Mudah

Readers, beras dengan warna coklat ini sangat bagus untuk kesehatan, karena memiliki serat sebanyak 4 gram. Serat dari beras ini juga memenuhi kurang lebih 14 persen dari 2000 kalori yang diperlukan oleh tubuh. Beras yang berwarna cokelat ini juga mengandung banyak mineral seperti kalsium dan juga zat besi hingga 5 persen, kemudian nutrium kurang lebih 10 persen. Kandungan lainnya, protein 24 gram/porsi. Inilah beberapa manfaat dari jenis beras ini untuk kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan

Readers, manfaat beras coklat yang paling terkenal yaitu adalah membantu menurunkan berat badan. Dengan adanya serat yang lebih baik dari beras putih, maka bisa mencegah mengkonsumsi lebih banyak kalori.

2. Memperlancar Pencernaan

Bukan hanya itu, manfaat beras ini karena ada serat yang tidak larut dalam air ini, juga bisa lebih lama berada di dalam usus. Sehingga memperlancar proses pencernaan dan pengeluaran sisa yang dimakan.

3. Sangat Baik bagi Penderita Diabetes

Beras putih mempunyai karbohidrat dalam jumlah yang tinggi yang sangat membahayakan bagi penderita diabetes jika makan berlebihan, hal ini sebaliknya dengan beras jenis ini.

4. Menjaga Organ Penting Tubuh

Baca Juga: [Easy] 10+ cara beli token listrik dengan pulsa telkomsel terbaru lengkap

Kandungan serat dan senyawa lainnya yang berada di dalam beras ini lebih baik daripada beras putih, maka manfaatnya bisa membantu melindungi jantung. Serat yang tinggi itu bisa meminimalisir resiko penyakit jantung, kanker serta gangguan pada pembuluh darah dan pernapasan.

5. Menguatkan Tulang

Beras warna coklat sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang, karena didalamnya terkandung magnesium yang lebih banyak. Bersamaan dengan vitamin D dan kalsium, maka bisa menjaga kesehatan tulang.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Beras warna coklat juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh yaitu bisa menjaga kesehatan pada sistem saraf. Kayanya akan kandungan mangan sangat diperlukan oleh tubuh. Hal itu guna membentuk bermacam-macam jenis hormon serta asam lemak, yang sangat dibutuhkan untuk melindungi sistem saraf.

Cara Memasak Beras Coklat

(Photo by: Simplyrecipes.com)

Cara memasak beras jenis ini sangat mudah dan sama saja dengan memasak beras putih. Pada umumnya cucilah beras hingga semua kotoran hilang, setelah cuci takarlah beras dan juga menakar air untuk mendidihkannya. Sesuaikan untuk kekerasan beras, seberapa lunak beras yang kamu inginkan. Lalu masak dengan rice cooker. Tunggu hingga matang.

Nah, ternyata banyak sekali khasiat dari beras coklat ya. Bagaimana dengan kamu , apakah mau mulai mengganti beras putih dan mencoba mengkonsumsi beras ini ya. ☺

Top 6 cara memasak beras coklat menjelaskan Noi That Moi

✓ 3 Cara Memasak Nasi Goreng Beras Coklat yang Cepat

  • Penulis: cookandrecipe.com
  • Tanggal Terbit: 09/04/2022
  • Ulasan: 4.81 (732 vote)
  • Ringkasan: Nasi beras coklat dapat dimasak dalam rice cooke, diliwet atau diaron. Lihat juga resep Putu ayu tepung beras lapis coklat no santan dan kelapa enak lainnya.

Beras Coklat Organik 1kg – Disko Online

  • Penulis: disko.online
  • Tanggal Terbit: 10/18/2022
  • Ulasan: 4.78 (512 vote)
  • Ringkasan: 1. Ambil 1 cup beras coklat lalu cuci hingga bersih (bisa dicuci sebanyak 3x). 2. Masukan beras coklat yang sudah dicuci ke rice cooker dan tambahkan …

House Of Organix Brown Rice ( Beras Coklat Organik ) – 1 Kg

  • Penulis: shopee.co.id
  • Tanggal Terbit: 02/28/2022
  • Ulasan: 4.28 (478 vote)
  • Ringkasan: Cara memasak beras coklat yaitu : Ambil 1 cup beras cuci dengan air bersih. (Cucilah beras hingga benar-benar bersih. Jika anda ingin menghasilkan nasi yang …

Ingin Memasak Beras Organik di Rumah? Simak 6 Cara Ini!

Ingin Memasak Beras Organik di Rumah? Simak 6 Cara Ini!
  • Penulis: asagri.co.id
  • Tanggal Terbit: 03/05/2022
  • Ulasan: 4.12 (594 vote)
  • Ringkasan: Beras coklat yang direndam air sebelum dimasak akan membuat tekstur beras lebih mudah untuk dikunyah nantinya. Setelah direndam, cuci beras …
  • Hasil pencarian yang cocok: Setelah perendaman selesai, beras hitam pun dicuci. Cukup cuci sekali saja hanya untuk membersihkan kotoran pada beras. Kemudian, beras hitam dimasak dengan rasio air 1 : 2. Air digunakan lebih banyak agar nantinya beras menjadi lebih empuk dan …

Resep Makanan dari beras Coklat Organik

  • Penulis: ekafarm.com
  • Tanggal Terbit: 12/15/2021
  • Ulasan: 3.85 (206 vote)
  • Ringkasan: Masukan beras coklat organik dan air ke dalam magic com. Tambahkan minyak bawang putih. Dan masukan ayam yang sudah dimarinasi diatasnya. Tak …
  • Hasil pencarian yang cocok: Meskipun membutuhkan waktu lebih lama ketika memasak beras pecah kulit atau beras coklat (brown rice) jauh memiliki kandungan gizi dari pada nasi putih biasa dan bisa menjadi makanan yang sehat sekaligus mengenyangkan. Memasak makanan dari beras …

Mengira Beras Cokelat Lebih Sehat Daripada Beras Putih? Baca Fakta yang Satu Ini Dulu!

  • Penulis: sajiansedap.grid.id
  • Tanggal Terbit: 12/07/2021
  • Ulasan: 3.71 (231 vote)
  • Ringkasan: Coba 5 Resep Beras Merah Enak Untuk Diet Di Rumah! Lalu, seiring dengan itu kerap pula muncul pemahaman bahwa karbohidrat dari nasi putih buruk …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Hot