Simak 10+ cara buat pengharum ruangan sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara buat pengharum ruangan Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video cara buat pengharum ruangan

Anda membutuhkan sebuah pengharum ruangan untuk membuat interior rumah mempunyai aroma harum yang menyenangkan. Untungnya kini sudah banyak sekali tersedia produk pengharum ruangan di toko swalayan. Produk ini sangat efektif untuk menghilangkan bau yang tak sedap di dalam rumah. Anda cukup memasangnya saja di salah satu ruangan, maka seisi rumah pun menjadi harum serta bebas dari bau yang tidak enak. Kalau mau lebih praktis lagi, Anda bisa membuat sendiri pengharum ruangan dari bahan-bahan alami. Anda dapat memanfaatkan bahan yang sudah ada di dapur.

Pengharum ruangan memang ampuh sekali membuat aroma ruangan Anda menjadi wangi. Suasananya pun menjadi lebih nyaman sehingga Anda akan merasa betah saat berada di dalamnya. Daripada pakai produk pengharum kimia yang mempunyai efek samping terhadap kesehatan, lebih baik Anda gunakan saja produk pengharum alami. Anda dapat membuat sendiri produk pengharum ini dengan meraciknya menggunakan bumbu-bumbu dapur ataupun bahan-bahan alami yang sudah ada di rumah. Aroma yang dihasilkannya sungguh semerbak dan tentunya aman bagi kesehatan Anda sekeluarga.

  1. Ramuan Rempah-rempah

Baca Juga: [Easy] 10 kenapa tidak bisa masuk akun gojek terbaru lengkap

Kita patut bersyukur karena telah tinggal di Indonesia yang notabene mempunyai rempah-rempah yang banyak sekali. Beberapa dari rempah-rempah tersebut memiliki aroma khas yang wangi. Nah, Anda bisa memanfaatkan aroma khas yang dimiliki oleh rempah-rempah ini sebagai pengharum ruangan. Anda bisa menemukan berbagai macam resep pewangi alami buatan sendiri berbahan dasar rempah-rempah di sini. Silahkan Anda dapat memilih langsung mau menggunakan resep yang mana sesuai selera karena setiap resep akan menghasilkan aroma wangi yang berbeda-beda.

  1. Spray Beraroma Lemon

Aroma khas lemon yang begitu segar membuat siapa pun yang menghirupnya akan langsung menjadi lebih rileks dan tenang. Kalau tidak ada buah lemon, Anda juga dapat menggantinya dengan jeruk nipis kok. Adapun caranya begini nih. Anda bisa melarutkan 1 sendok makan soda kue ke dalam 2 gelas air panas. Lalu tambahkan 1/2 gelas air sari lemon ke dalam gelas tersebut dan aduklah sampai tercampur rata. Masukkan cairan ini ke dalam botol spray. Adapun cara memakainya, Anda cukup menyemprotkan cairan lemon ini ke seluruh ruangan secara berkala.

  1. Gel Pengharum Ruangan

Selain dalam bentuk spray (semprotan), Anda juga bisa membikin sendiri produk pewangi ruangan yang alami dengan wujud berupa gel. Cara membuatnya mudah sekali kok. Anda bisa mencampurkan gelatin, minyak esensial, dan garam. Khusus untuk minyak esensialnya dapat disesuaikan sendiri menurut selera ya. Aduklah ketiga bahan ini sampai benar-benar tercampur rata. Lantas, tuangkan campuran tersebut ke dalam sebuah mangkuk kecil yang cantik. Tunggu beberapa saat supaya membeku. Kalau sudah jadi, Anda tinggal meletakkannya di atas meja. Seketika ruangan yang harum pun langsung tercipta.

  1. Potongan Kulit Jeruk

Apakah Anda suka memakan buah jeruk? Jeruk memang mempunyai cita rasa yang sungguh segar dan manis sekali. Begitu pula dengan aromanya yang benar-benar menyegarkan. Kami sarankan nih ya setiap kali Anda mengupas buah jeruk, jangan langsung membuang bagian kulitnya ya. Mengapa? Sebab Anda masih bisa memanfaatkan kulit buah jeruk tersebut untuk berbagai keperluan. Salah satunya yaitu kulit buah jeruk sebagai pengharum ruangan. Kulit dari buah jeruk yang masih segar memang memiliki aroma khas yang kuat sekali. Maka dari itu, Anda bisa memakainya untuk menyegarkan ruangan.

  1. Lavender Kering

Anda bisa mendapatkan bibit bunga lavender yang asli di www.tokotanaman.com dengan harga yang sangat terjangkau. Kalau Anda menanam tumbuhan lavender, Anda bisa memakai bunganya yang sudah mengering sebagai bahan baku pembuatan pengharum ruangan alami. Masukkan lavender kering dan soda kue secukupnya ke dalam sebuah botol plastik. Jika mau, Anda juga dapat menambahkan sedikit minyak esensial beraroma lavender ke dalamnya. Lantas buatlah lubang sebesar paku sebagai tempat keluarnya aroma si pewangi alami ini. Kini Anda pun mempunyai pengharum sendiri.

  1. Kulit Lemon untuk Penyegar Kulkasya

Baca Juga: Simak 10+ jaringan yang melapisi berbagai rongga dalam tubuh hewan adalah dengan Mudah

Buah lemon benar-benar dapat dimanfaatkan semuanya loh. Bahkan sisa buah lemon yang telah diambil air sarinya pun bisa Anda pakai sebagai pengharum ruangan karena masih mempunya aroma yang segar. Anda bisa membuat penyegar kulkas dari kulit buah lemon ini. Belahlah buah lemon menjadi 2 bagian, kemudian keluarkan isi dagingnya. Tuangkan garam ke dalam kedua belah kulit lemon ini. Letakkan kulit lemon tersebut di salah satu sudut kulkas. Lemon mampu menyegarkan aroma kulkas. Sedangkan garam berguna untuk mengawetkan kulit lemon ini agar aroma segarnya bertahan lebih lama.

  1. Pengharum Khusus Sampah

Apabila jumlah sampah di rumah Anda sudah menumpuk tetapi Anda belum mempunyai waktu untuk membuangnya ke tempat penampungan akhir, cobalah solusi ini untuk menyingkirkan baunya yang tak sedap. Potonglah daun dan kulit buah jeruk purut menjadi kecil. Lalu masukkan potongan-potongan ini ke dalam cetakan es batu dan tambahkan cuka putih secukupnya. Usahakan dibagi secara merata. Kini Anda tinggal membekukannya ke dalam freezer. Setelah es sudah terbentuk, Anda bisa memasukkan es batu tersebut ke dalam kantung tebal dan menaruhnya di tempat sampah.

  1. Kantung Teh Celup

Untuk ruangan-ruangan yang berukuran kecil seperti dapur, kamar mandi, lemari, dan toilet, bau tidak enak sedikit saja akan langsung menyebar ke seluruh sudut ruangan serta menimbulkan perasaan yang tak nyaman. Aroma tersebut sungguh menyengat. Akibatnya Anda tidak betah berlama-lama berada di dalamnya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda tinggal menggantungkan teh celup di belakang pintu agar menyerap bau-bau yang ada di ruangan tersebut, termasuk bau yang tidak sedap tadi. Agar aroma khas tehnya tercium semakin kuat, Anda bisa mengoleskan minyak esensial beraroma teh secukupnya.

  1. Baking Soda untuk Furnitur

Furnitur yang sudah lama tidak dirawat dengan baik biasanya akan ditumbuhi jamur dan mengeluarkan aroma tertentu yang benar-benar tidak enak. Aroma ini merupakan salah satu ciri-ciri perabotan kayu yang mengalami pelapukan akibat terserang jamur ataupun lumut. Untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap ini, caranya mudah sekali loh ternyata. Anda cukup menaburkan soda kue ini secukupnya ke atas permukaan furnitur tersebut. Sebaiknya biarkan saja soda kue ini tetap berada di sana sampai Anda berniat menggunakan furnitur tadi kembali.

  1. Aroma Kopi dan Air Panas

Akhir-akhir ini sedang tren produk pengharum ruangan yang mempunyai aroma khas kopi. Pengharum tersebut benar-benar bekerja dengan baik. Aromanya mirip sekali dengan segelas kopi yang baru saja diseduh. Sehingga seisi ruangan pun terasa begitu menenangkan dan tenteram ketika dihiasi oleh aroma yang satu ini. Kalau Anda mau membikin sendiri produk pengharum ruangan alami yang beraroma kopi, caranya gampang sekali kok. Anda tinggal menyeduh ampas kopi dengan air panas yang baru mendidih. Niscaya seisi ruangan pun akan langsung dipenuhi oleh aroma kopi yang semerbak.

Top 11 cara buat pengharum ruangan menjelaskan Noi That Moi

Anti Boros, Cara Mudah Membuat Pengharum Alami di Rumah!

  • Penulis: id.theasianparent.com
  • Tanggal Terbit: 12/01/2021
  • Ulasan: 4.94 (778 vote)
  • Ringkasan: Langkah Membuat Pengharum Ruangan dari Pewangi · Masukkan pewangi pakaian. Masukkan sekitar 20 ml pelembut atau pewangi pakaian menggunakan plastik dan …

Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami Sendiri, mengapa tidak?  

  • Penulis: narmadi.com
  • Tanggal Terbit: 04/09/2022
  • Ulasan: 4.43 (354 vote)
  • Ringkasan: Masih lanjut membahas tentang wewangin untuk ruangan, kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara membuat pengharum ruangan alami. Demi.
  • Hasil pencarian yang cocok: Masih lanjut membahas tentang wewangin untuk ruangan, kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara membuat pengharum ruangan alami. Demi kesehatan, ada baiknya Anda menghindari penggunaan pewangi ruangan yang berasal dari bahan kimia …

Gak Usah Beli, Begini Cara Buat Pengharum Ruangan Sendiri dan Biaya yang Dikeluarkan!

Gak Usah Beli, Begini Cara Buat Pengharum Ruangan Sendiri dan Biaya yang Dikeluarkan!
  • Penulis: lifepal.co.id
  • Tanggal Terbit: 01/28/2022
  • Ulasan: 4.33 (349 vote)
  • Ringkasan: Gak keluar modal besar, ternyata begini lho cara membuat pengharum ruangan sendiri serta biaya yang harus kamu keluarkan.
  • Hasil pencarian yang cocok: Caranya juga gampang banget kok, kamu bisa memasukkan beberapa biji kopi ke dalam kain jala yang halus agar aroma kopi dapat keluar dengan mudah. Setelah itu letakkan di beberapa sudut ruangan. Kamu juga meletakkannya di dalam lemari pakaian agar …

Aman Dihirup, Ini Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Bahan Alami

  • Penulis: parapuan.co
  • Tanggal Terbit: 11/08/2022
  • Ulasan: 4.19 (400 vote)
  • Ringkasan: Agar aman untuk anak dan seluruh anggota keluarga, begini cara membuat pengharum ruangan dengan bahan alami.

6 Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Bahan Alami

6 Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Bahan Alami
  • Penulis: pinhome.id
  • Tanggal Terbit: 01/14/2022
  • Ulasan: 3.79 (249 vote)
  • Ringkasan: Mau tahu bagaimana cara membuat pengharum ruangan dari bahan alami? Gampang kok! Kamu bisa pakai bunga, herbal, hingga kulit buah.
  • Hasil pencarian yang cocok: Pertama-tama, pilihlah bahan dasar yang akan menjadi aroma pewangi. Kamu bisa memilih buah-buahan yang aromanya tajam dan segar seperti nanas, lemon, hingga mangga kweni. Kalau lebih suka aroma bunga, kamu bisa memanfaatkan kelopak bunga mawar atau …

Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami Secara Mudah

  • Penulis: suwun.co.id
  • Tanggal Terbit: 12/18/2021
  • Ulasan: 3.77 (329 vote)
  • Ringkasan: Tiga Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami · Sangrai biji kopi hingga mengeluarkan aroma harum; Kemudian, masukkan ke dalam kantung kain · Garam laut · Belah buah …

Cara Membuat Pengharum Ruangan dengan Bahan Alami

  • Penulis: cleanipedia.com
  • Tanggal Terbit: 04/14/2022
  • Ulasan: 3.43 (526 vote)
  • Ringkasan: Cara membuat bahan pengharum ruangan alami ini tidak repot. Anda tinggal mendidihkan 1⁄2 cangkir air lalu masukkan kemangi kering dan diamkan …

Wangi Alami, Ini Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi!

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 01/11/2022
  • Ulasan: 3.21 (321 vote)
  • Ringkasan: Mau tahu cara membuat pengharum ruangan dari kopi, Moms? Berikut cara-caranya yang bisa dicoba di rumah. Bisa pakai ampas kopi, lho!

5 Cara Buat Pengharum Ruangan Alami Bebas Racun, Salah Satunya Pakai Rebusan Pala dan Mangga

  • Penulis: bobo.grid.id
  • Tanggal Terbit: 03/09/2022
  • Ulasan: 3.16 (244 vote)
  • Ringkasan: 5 Cara Buat Pengharum Ruangan Alami Bebas Racun, Salah Satunya Pakai Rebusan Pala dan Mangga · 1. Rebusan Pala dan Mangga · 2. Blok Kayu Beraroma.

DIY Membuat Pengharum Ruangan dengan Mudah dan Hemat

  • Penulis: yogyaonline.co.id
  • Tanggal Terbit: 09/14/2022
  • Ulasan: 2.97 (184 vote)
  • Ringkasan: Cara membuat : 1. Masukkan sekitar 20 ml pelembut atau pewangi pakaian ke dalam plastik perekat yang sudah disiapkan. 2. Masukkan setengah sendok makan cuka ke …
  • Hasil pencarian yang cocok: Ada begitu banyak program promo dan diskon produk menarik yang dapat dinikmati setiap hari di toko online terpercaya Yogya Online. Seluruh promo yang bisa dinikmati di toko, seperti Harga Heran, Serba Hemat, Cerdas dan Hemat juga dapat dinikmati di …

10 Cara membuat pewangi ruangan secara alami, aman untuk pernapasan

  • Penulis: brilio.net
  • Tanggal Terbit: 11/08/2022
  • Ulasan: 2.8 (167 vote)
  • Ringkasan: 10 Cara membuat pewangi ruangan secara alami, aman untuk pernapasan · 1. Masukkan semua bahan kedalam simmer pot atau panci. · 2. Tambahkan air …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Tips