[Easy] 10+ cara bikin kerupuk udang sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara bikin kerupuk udang Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Video cara bikin kerupuk udang

IntipSeleb – Kerupuk udang merupakan salah satu jenis makanan yang sering kali menjadi pendamping di kala menyantap menu makanan lainnya. Pada dasarnya, kerupuk udang merupakan sejenis snack atau makanan ringan yang bisa dimakan sebagai camilan atau dimakan bersama dengan makanan berat seperti nasi, soto dan lain sebagainya.

Seperti namanya, kerupuk udang terbuat dari adonan tepung tapioka dan juga udang yang ditumbuk halus. Kemudian diberi bumbu untuk menambah cita rasa. Banyak yang percaya bahwa tempat asal kerupuk udang adalah Sidoarjo.

Di Indonesia sendiri, kerupuk udang menjadi salah satu jenis kerupuk yang banyak digemari. Sebab, rasanya yang gurih dan terasa khas karena ada campuran udangnya, membuat kerupuk ini menjadi primadona. Sebab rasanya yang enak dan harum, membuat kerupuk ini berbeda dengan kerupuk lainnya.

Meskipun masuk dalam jenis kerupuk-kerupukkan, kerupuk udang tidak bisa dipakai untuk menjadi bahan baku pembuatan seblak. Kerupuk udang lebih sering digoreng dan dinikmati saat kondisi kerupuk garing. Ada banyak sekali industri rumahan atau pabrik yang membuat kerupuk udang dan memasarkannya ke tiap daerah. Sehingga untuk mencari keberadaan kerupuk ini bukanlah hal yang sulit.

Anda hanya perlu pergi ke pasar dan bisa membelinya dari para pedagang. Jika anda memiliki banyak waktu, anda bisa sesekali mencoba membuat kerupuk udang sendiri. Karena selain mudah, membuat makanan sendiri akan terasa bernilai lebih. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk simak cara membuat kerupuk udang berikut ini.

Cara membuat kerupuk udang

Cara membuat kerupuk udang sebenarnya hanya memerlukan kesabaran, sebab perlu dilakukan selama beberapa hari untuk proses pengeringan kerupuk. Cara membuat kerupuk udang adalah dengan cara menghaluskan udang kemudian dicampurkan dengan adonan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lain.

Barulah setelah itu dikukus dan diiris tipis. Lalu baru masuk ke proses pengeringan atau penjemuran adonan kerupuk hingga benar-benar kering yakni selama 2 sampai 3 hari. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, yuk simak cara membuat kerupuk udang berikut ini.

1. Resep kerupuk udang

Bahan kerupuk udang:

– 350 gram daging udang (buang kulit dan kepalanya) – 800 gram tepuk tapioka – air secukupnya – 1 sdt soda kue (baking soda) – 1 sdm garam – 5 siung bawang putih – 1 sdt ketumbar bubuk – 1/2 sdt sasa – 1 sdt garam

Cara membuat kerupuk udang:

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masukkan daging udang yang telah dihaluskan ke dalam wadah besar, tambahkan garam, ketumbar, sasa, gula, baking soda, bawang putih yang telah dihaluskan kemudian diaduk hingga semua adonan rata.

Baca Juga: Simak 8 cara mengolah daun kelor untuk hipertensi sempurna

2. Setelah itu baru tambahkan tepung tapioka dan tepung kanji sedikit demi sedikit, aduk-aduk kemudian sambil diberi air sedikit demi sedikit. Diaduk dan ditambah air hingga adonan kalis. Uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis.

3. Setelah kalis saatnya untuk membentuk. Bagi adonan menjadi 5 bagian kemudian gulung memanjang.

4. Kemudian siapkan kukusan (bagian bawahnya diolesi minyak agar tidak lengket). Kukus adonan kerupuk dengan diberi jarak agar tidak menempel. Kukus selama kurang lebih 3 jam agar matang dengan sempurna.

5. Setelah siap angkat kemudian dinginkan. Setelah bersuhu ruangan, masukkan adonan kerupuk ke dalam kulkas selama 5 jam atau seharian, biarkan agar adonan mengeras.

6. Setelah adonan kerupuk keras, iris tipis adonan kerupuk udang sebab ketika digoreng, kerupuk akan mekar. Setelah selesai diiris tipis, susun adonan kerupuk ke atas tampah kemudian dijemur di bawah matahari selama kurang lebih 3 hari atau hingga benar-benar kering.

7. Setelah kerupuk kering, angkat dan barulah kerupuk bisa digoreng. Goreng kerupuk hingga mekar dan matang.

8. Angkat dan kerupuk udang siap disajikan.

Sumber resep dari YouTube Neneng Channel

2. Resep kerupuk udang

Bahan kerupuk udang:

– 1 kg udang (ambil bagian kulitnya saja, rebus dan ambil 400 cc saja) – 700 gram tepung tapioka atau kanji – 1 sdt garam – 1/2 sdt garam – 1/2 sdt gula – 1/2 sdt msg – 6 siung bawang putih (dihaluskan)

Cara membuat kerupuk udang

1. Langkah pertama adalah rebus kulit udang sambil terus ditekan-tekan, kemudian saring sambil terus ditekan-tekan agar sarinya keluar. Angkat ampas udah kemudian buang.

Baca Juga: [Easy] 15 cara daftar gojek online samarinda sempurna

2. Setelah itu rebus kembali sari udang tersebut dengan ditambahkan 1 sdt garam, 1/2 sdt msg, 1/2 sdt gula kemudian aduk-aduk. Setelah selesai, ambil air rebusan sebanyak 400 cc. Gunakan saat masih panas atau hangat.

3. Siapkan wadah kemudian tuang dengan tepung tapioka, kemudian tuang sedikit demi sedikit air rebusan udang, kemudian aduk. Tambahkan juga bawang putih yang telah dihaluskan. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Campur adonan sambil terus diuleni hingga kalis (hati-hati adonan mungkin terasa panas).

4. Setelah selesai diuleni, bagi adonan menjadi tiga bagian kemudian dibentuk memanjang. Setelah itu, bungkus adonan yang telah dibentuk dengan plastik.

5. Siapkan kukusan kemudian kukus adonan yang telah dibentuk selama kurang lebih 1 jam. Seetlah itu keluarkan adonan kerupuk udang yang telah matang dari plastik lalu potong tipis-tipis.

6. Setelah itu susun adonan kerupuk yang telah diiris tipis ke atas nampan kemudian dijemur selama kurang lebih 1 hingga dua hari hingga benar-benar kering. Setelah kering angkat.

7. Kemudian barulah kerupuk bisa digoreng dengan minyak panas. Goreng sampai garing dan matang kemudian angkat dan kerupuk siap disajikan.

Sumber resep dari YouTube Aki yuri

Resep cara membuat kerupuk udang di atas bisa mnjeadi inspirasi bagi anda memasak di rumah. Selain itu untuk anda yang sedang bingung ingin berbisnis apa, bisa juga dijadikan ide bisnis rumahan bagi anda.

Keberadaan kerupuk udang cukup banyak digemari bagi masyarakat Indonesia, jadi tak perlu diragukan lagi penikmat dari kerupuk udang. Kerupuk udang juga sering kali dijadikan makanan pendamping di acara-acara tertentu seperti pernikahan, pengajian hingga acara lainnya.

Selain itu, beberapa penjual kaki lima atau restoran juga banyak menyediakan kerupuk udang untuk menjadikan makanan pendamping makanan berat. Misalnya saja untuk menjadi pendamping nasi kuning, nasi uduk, soto mie hingga kuliner lainnya. Tentunya rasa dari kerupuk udang ini akan cocok dipadupadankan dengan cita rasa kuliner lainnya. Sehingga bisa menambah nafsu makan anda.

Itu dia cara membuat kerupuk udang beserta dengan resepnya. Membuat kerupuk memang membutuhkan kesabaran, karena hasilnya tak bisa langsung dinkmati di hari itu juga. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat kerupuk sendiri.

Sebab ketika membuat masakan sendiri dan tidak membeli di luar, akan terasa berbeda. Sebab bahan yang digunakan juga anda bisa memastikan bahwa bahan-bahannya higeinis dan sehat. Semoga resep kerupuk udang di atas dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa recook!

Top 10 cara bikin kerupuk udang menjelaskan Noi That Moi

Resep Cara Membuat Kerupuk Udang di Rumah

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 06/16/2022
  • Ulasan: 4.87 (850 vote)
  • Ringkasan: Cara Membuat: · Blender halus udang dengan bawang putih, garam dan telur. · Campurkan dengan tepung tapioka, gula dan air sedikit demi sedikit …

Resep Kerupuk Udang Rumahan yang Gurih dan Lebih Sehat, Kriuk Abis!

  • Penulis: idntimes.com
  • Tanggal Terbit: 03/24/2022
  • Ulasan: 4.61 (214 vote)
  • Ringkasan: Editor’s picks · 500 gram daging udang · 700 gram tepung tapioka · 5 siung bawang putih, dihaluskan · 1 sendok teh soda kue · 1 sendok makan garam · 1 …

Resep Membuat Kerupuk Udang Renyah

  • Penulis: cemilan-rakyat.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 02/15/2022
  • Ulasan: 4.35 (350 vote)
  • Ringkasan: Cara membuat kerupuk udang … 3. Campurkan udang dengan bawang putih, tepung topioka, garam halus, dan penyedap rasa, aduk sampai semuanya rata. … 10. Kerupuk …

Resep Membuat Kerupuk Udang Khas Sidoarjo

  • Penulis: masakandapurku.com
  • Tanggal Terbit: 02/15/2022
  • Ulasan: 4 (468 vote)
  • Ringkasan: Resep Membuat Kerupuk Udang Khas Sidoarjo · Cuci udang rebon sampai bersih lalu tumbuk atau uleg bersama bawang putih dan juga garam · Kemudian …

✓ 5 Cara Buat Kerupuk nasi dan udang yang Mudah

  • Penulis: cookandrecipe.com
  • Tanggal Terbit: 02/12/2022
  • Ulasan: 3.99 (296 vote)
  • Ringkasan: 7 Bahan Bahan untuk Memasak Kerupuk nasi dan udang · Siapkan nasi – 1 mangkok. · Siapkan kg/Tepung tapioka secukupny – 1. · Siapkan udang – 150 gram. · Siapkan …

Cara Membuat Kerupuk Udang Enak Gurih

  • Penulis: resepmembuat.com
  • Tanggal Terbit: 03/31/2022
  • Ulasan: 3.66 (513 vote)
  • Ringkasan: Cara Membuat Kerupuk Udang · Ambil udang dan bersihkan dengan cara dikupas kulitnya, kepalanya dibuang dan bersihkan dengan air yang mengalir. · Sediakan wadah …

RESEP MEMBUAT KERUPUK UDANG ENAK

  • Penulis: kreasimasakan.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 05/31/2022
  • Ulasan: 3.59 (444 vote)
  • Ringkasan: RESEP MEMBUAT KERUPUK UDANG ENAKResep Cara Membuat Kerupuk Udang yang Enak dan renyahBahan :2 ½ kg Tepung tapioka/pati ubi2 ½ kg Tepung terigu1 kg Udang yang …

Cara Mudah Bikin Kerupuk Udang di Rumah

  • Penulis: finnafood.com
  • Tanggal Terbit: 05/15/2022
  • Ulasan: 3.28 (401 vote)
  • Ringkasan: Langkah-langkah Membuat Kerupuk Udang · Kupas kulit udang dan buang kepalanya. · Setelah udangnya dicuci bersih dan kering, haluskan udang …

Kerupuk Udang Jadi Makanan Kering Favorit, Ini 5 Cara Membuatnya

  • Penulis: viva.co.id
  • Tanggal Terbit: 09/27/2022
  • Ulasan: 3.14 (241 vote)
  • Ringkasan: Langkah membuat: – Blender udang dan bawang putih hingga halus. – Campur udang yang sudah diblender dengan bawang kedalam wadah, lalu tambahkan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Bahan-bahan: – 700-800 gr sagu (untuk adonan) – 1 butir telur (untuk tambahan biang) – Secukupnya sagu untuk olesan – Secukupnya air untuk merebusBahan biang: – 1 liter kaldu udang (dari rebusan kepala & kulit udang), blender – 300 gr terigu – …

Cara goreng kerupuk udang ala hotel bintang 5, mekar dan tetap lurus

Cara goreng kerupuk udang ala hotel bintang 5, mekar dan tetap lurus
  • Penulis: briliofood.net
  • Tanggal Terbit: 03/01/2022
  • Ulasan: 2.99 (113 vote)
  • Ringkasan: Lalu tuang minyak cukup banyak di panci penggorengan. Tunggu sampai minyak panas terlebih dahulu. Pastikan menggunakan minyak baru supaya hasil …
  • Hasil pencarian yang cocok: Pemilik video tersebut turut membandingkan hasilnya dengan kerupuk yang digoreng biasa tanpa proses penekanan. Perbedaannya pun cukup signifikan, lho. Kerupuk udang yang digoreng biasa cenderung lebih bengkok atau melengkung. Selain itu, ada bagian …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Hot