[Easy] 9 cara agar tidak kepanasan saat mati lampu dengan Mudah

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara agar tidak kepanasan saat mati lampu Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Video cara agar tidak kepanasan saat mati lampu

Terakhir diperbarui: 7 Februari 2020

Mimpi indah tetap jalan meski tidur tanpa AC!

Siapa, sih, yang tahan dengan cuaca panas? Pasti bikin jengkel, deh, karena tubuh jadi lengket oleh keringat!

Saat matahari sedang panas-panasnya, memang sudah paling benar jika mencari lokasi yang banyak angin atau menyalakan kipas dan AC di rumah. Begitu AC menyala di kamar, tubuh pun langsung ikut mendingin. Sejukkkk…

Lalu, bagaimana kalau tiba-tiba listrik mati atau AC rusak? Ini jadi masalah besar buat kamu yang terbiasa tidur dengan AC menyala, kan. Tenang, saat cuaca panas kamu bisa tetap tidur nyenyak tanpa AC dengan tips praktis dari Rukita!

Cara Tidur Nyenyak Saat Cuaca Panas Tanpa Bantuan AC

Ya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa tidur nyenyak walau tanpa AC. Intip 15 tips mendinginkan kamar tidur tanpa bantuan AC berikut ini.

1. Gunakan kipas angin dan es!

Tips tidur nyenyak tanpa AC yang pertama adalah menggunakan kipas angin dan es batu. Jika tidak ada AC di rumah atau AC justru sedang rusak, kamu bisa mempraktikkan cara ini, asalkan listrik tetap menyala, hehehe.

Untuk menghasilkan udara sejuk secara optimal, letakkan semangkuk es di depan kipas angin. Dengan cara ini, udara di kamar akan lebih sejuk dan kamu nggak perlu takut masuk angin!

2. Manfaatkan jendela

Untuk kamu yang ingin tidur nyenyak tanpa AC, bisa juga membuka jendela yang ada di kamar. Jendela sangat berguna jika kamu membutuhkan udara segar saat cuaca panas.

Jika kamu membuka jendela di malam hari agar kamar lebih sejuk, waspadai keadaan di sekitar rumah. Membuka jendela tanpa terali besi sama saja mengundang maling, tuh!

Cara ini juga kurang efektif kalau kamarmu bersebelahan dengan kebun yang dihuni nyamuk. Kamar sejuk, tapi bernyamuk akan bikin tidur kamu nggak nyenyak, kan?

3. Matikan lampu

Salah satu trik tidur nyaman di malam yang panas tanpa bantuan AC adalah mematikan lampu. Ya, lampu memiliki andil dalam memancarkan energi panas jika dihidupkan secara terus menerus. Kalau mau kamar menjadi lebih sejuk, matikan saja lampunya.

Selain mematikan lampu, kamu juga bisa memilih lampu neon atau CFL dengan watt yang lebih kecil untuk lampu kamar. Bagi kamu yang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap, bisa menggunakan lampu pijar kecil dengan watt rendah.

4. Pilih seprai dari katun

Material katun menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menciptakan kamar tidur lebih sejuk meski tanpa AC. Simpan dulu bahan-bahan yang sulit menyerap keringat seperti satin atau poliester.

Seprai berbahan katun dengan warna terang seperti putih mampu memberikan sensasi lebih dingin. Hal ini karena katun termasuk material yang mudah ‘bernapas’. Berdasarkan penelitian yang dilansir dari Greatist, bahan katun membuat kamu tertidur lebih lelap.

5. Simpan selimut atau seprai ke dalam lemari pendingin

Trik sederhana agar kamu tidur nyenyak saat hawa panas adalah menggunakan selimut atau seprai yang sejuk.

Untuk mendapatkan selimut atau seprai yang dingin, kamu bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin atau freezer. Namun, kamu harus menyimpannya terlebih dahulu di plastik kedap udara agar bau kulkas nggak menempel pada selimut atau seprai.

Memang metode ini hanya memberikan sensasi dingin sesaat, namun setidaknya dapat mengurangi kegerahan.

6. Konsumsi minuman dingin

Kadang kita terlalu fokus untuk mengubah lingkungan di sekitar menjadi lebih sejuk. Padahal, kamu hanya perlu mengonsumsi minuman dingin untuk menurunkan tingkat kegerahan.

Salah satu cara membuat tidur nyenyak saat udara malam yang panas adalah dengan meminum air dingin. Kamu bebas mengonsumsi jenis minuman apa pun, bisa air mineral atau soda. Hindari minum terlalu banyak, ya, agar tidak bolak-balik bangun untuk ke toilet.

7. Gunakan pakaian yang longgar

Salah satu tips tidur nyaman tanpa menggunakan pendingin ruangan adalah mengenakan pakaian longgar. Pilihlah pakaian yang longgar, berbahan lembut dan ringan seperti katun.

Hindari menggunakan pakaian ketat dengan bahan yang membuat gerah seperti poliester. Pakaian yang ketat bikin sesak bernapas saat tidur, dijamin, deh, kamu nggak akan nyaman.

8. Adopsi metode Mesir

Metode tidur ala orang Mesir dinilai mampu membantu tidur di saat udara sedang panas. Tapi…. kita bukan sedang membicarakan tidur di padang pasir, ya!

Metode Mesir menggunakan seprai atau handuk basah untuk membantu memberikan sensasi dingin saat tidur. Caranya: rendam handuk ke dalam air dingin dan gunakan sebagai selimut.

Namun, kamu tetap harus menggunakan satu helai handuk kering untuk dijadikan alas tidur. Dengan begitu, kasur kamu nggak akan kebasahan terkena handuk yang sudah direndam air dingin tadi.

9. Mandi air dingin

Mandi menggunakan air dingin tentunya jadi ‘obat’ saat udara sedang panas-panasnya. Apalagi kalau badan sudah terasa sangat lengket, duh, ingin cepat-cepat mandi rasanya!

Mandi air dingin akan menurunkan suhu tubuh dan menghilangkan keringat yang menempel di tubuh. Setelah mandi air dingin, badan akan langsung segar. Kamu pun bisa tidur lebih nyenyak tanpa AC.

10. Mandi air panas

Saat badan sedang gerah, mungkin kamu lebih memilih mandi air dingin. Ternyata, nih, mandi dengan air panas juga bisa bikin kamu tidur nyenyak tanpa AC.

Berdasarkan penelitian Sleep Medicine Reviews, air hangat yang digunakan saat mandi akan membuat tubuh jadi lebih dingin. Hal ini karena pembuluh darah di bawah kulit akan melepaskan hawa panas dan secara otomatis membuat aliran darah menjadi lebih dingin.

11. Dinginkan titik nadi

Mendinginkan titik nadi pada tubuh juga bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak ketika udara panas.

Caranya: ambil es batu atau kain basah dan kompres beberapa titik nadi, seperti pergelangan tangan, siku, leher, tungkai kaki, paha, betis, dan pergelangan kaki. Hal ini dapat membantu suhu tubuh menjadi lebih dingin.

12. Tidur sendirian

Untuk kamu yang terbiasa tidur bersama dengan pasangan, saudara, atau teman, saatnya berpisah sejenak.

Jika berbagi tempat tidur, selain sempit, nih, udara yang ada di sekitar kasur akan terasa lebih panas. Tidur sendirian merupakan salah satu tips tidur nyenyak saat cuaca panas walau tanpa AC.

13. Gunakan sarung bantal buckwheat

Menggunakan bantal yang berisi kulit ari gandum atau buckwheat juga salah satu tips membuat tidur lebih nyenyak tanpa AC. Bantal yang diisi buckwheat tidak akan menyerap panas tubuh sehingga akan terus terasa dingin.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kompres dingin dengan buckwheat. Tinggal masukkan buckwheat dan beras ke dalam kaos kaki, ikat kencang, dan simpan ke dalam freezer sekitar satu jam. Kamu bisa menggunakannya ketika hendak tidur.

14. Mendekati lantai

Jika kamu ingin tetap nyaman tidur walau cuaca panas, bisa dengan cara memindahkan posisi kasur ke lantai. Semakin dekat posisi kamu dengan lantai, maka udara di sekitar akan semakin dingin.

Kamu juga bisa tidur di dalam hammock, lho. Hanya perlu mengikat rendah hammock di dalam kamar atau halaman belakang, maka tidur kamu pasti jadi antigerah.

15. Coba berkemah

Cara terakhir yang bisa kamu pilih untuk menghalau panas saat tidur adalah pindah lokasi tidur. Mengapa tidak sekalian mencoba untuk berkemah saja?

Kamu bisa berkembah di tempat terbuka seperti di halaman atau teras rumah. Siapkan selimut atau sleeping bag agar kamu tidak kedinginan saat tengah malam. Selain merasakan udara yang dingin, sesekali tidur sambil berkemah seru, kan?

Itulah dia 15 tips tetap tidur nyaman saat cuaca panas meski tanpa AC. Kamu bisa menggabungkan beberapa tips lainnya agar mendapatkan kamar sejuk yang optimal.

Nah, nggak susah untuk dipraktikkan, kan? Semoga walaupun tanpa AC, tidur kamu bisa nyenyak dan berkualitas, ya.

BACA JUGA: 7 Cara Membuat Ruangan Sejuk Tanpa AC

Top 9 cara agar tidak kepanasan saat mati lampu menjelaskan Noi That Moi

Ini Dia Cara Agar Kamu Tetap Merasa Sejuk di Dalam Ruangan Meskipun Tanpa AC

  • Penulis: idntimes.com
  • Tanggal Terbit: 05/30/2022
  • Ulasan: 4.75 (332 vote)
  • Ringkasan: Ini Dia Cara Agar Kamu Tetap Merasa Sejuk di Dalam Ruangan Meskipun Tanpa AC · 1. Dinginkan tubuhmu dari dalam. · 2. Masukkan sprei kasurmu ke …

6 Peralatan Wajib Ada Saat Mati Lampu di Rumah

  • Penulis: ruparupa.com
  • Tanggal Terbit: 06/04/2022
  • Ulasan: 4.55 (339 vote)
  • Ringkasan: Selain lampu darurat, kamu juga wajib menyediakan senter di rumah. Letakkan senter di tempat yang mudah dijangkau agar kamu bisa langsung …

Agar Tidur Tetap Nyenyak Ketika Cuaca Panas

  • Penulis: medcom.id
  • Tanggal Terbit: 05/31/2022
  • Ulasan: 4.19 (554 vote)
  • Ringkasan: 1. Jaga suhu kamar tetap dingin. Anda bisa mengatur suhu ruangan tetap dingin sengan memersiapkan kamar Anda sebelum malam tiba. Dengan cara …

Memaksimalkan Kekuatan dan Masa Pakai Baterai

  • Penulis: apple.com
  • Tanggal Terbit: 07/28/2022
  • Ulasan: 4.16 (579 vote)
  • Ringkasan: Diperkenalkan bersama iOS 9, Mode Daya Rendah adalah cara yang mudah untuk memperpanjang kekuatan baterai iPhone Anda saat dayanya rendah.

Bayi Kepanasan karena Mati Listrik? Lakukan 10 Hal Ini, Moms!

  • Penulis: kumparan.com
  • Tanggal Terbit: 09/25/2022
  • Ulasan: 3.82 (538 vote)
  • Ringkasan: Anda mungkin juga perlu mengganti sarung bantal, selimut dan seprai bayi. Seperti juga pakaian, pilih yang berbahan katun saja. Simpan dulu …

6 Cara Untuk Bertahan Menghadapi Mati Lampu atau BlackOut! Pastikan Simak Tips – nya! matilampu antibosan blackout

  • Penulis: jakartanotebook.com
  • Tanggal Terbit: 06/01/2022
  • Ulasan: 3.69 (451 vote)
  • Ringkasan: Untuk memberikan penerangan yang maksimal di rumah, terutama ketika hari mulai petang dan masih harus melakukan beberapa aktivitas di rumah, …

Siapkan Hal-Hal Ini Agar Tidak Bosan Saat Mati Listrik!

  • Penulis: tamansariprospero.com
  • Tanggal Terbit: 06/19/2022
  • Ulasan: 3.45 (522 vote)
  • Ringkasan: Saat mati listrik tentu anda tidak dapat menggunakan lampu untuk alat penerangan. Anda bisa menggunakan alat penerangan darurat seperti senter …

6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Mati Lampu

  • Penulis: s-gala.com
  • Tanggal Terbit: 09/27/2022
  • Ulasan: 3.32 (310 vote)
  • Ringkasan: Pastikan Kalian Siap Kapanpun Mati Lampu Terjadi! · Cari Tahu Penyebab Matinya Listrik · Pastikan Selalu Memiliki Alat Komunikasi saat Pemadaman …
  • Hasil pencarian yang cocok: Bayangkanjika banyak alat elektronik di rumah kalian yang harus menyala kembali di saat yang bersamaan. Bisa-bisa ngejepret deh, parahnya lagi bisa merusak alat elektronik kalian. Belum lagi kalau tetangga kalian sama-sama tidka mematikan peralatan …

Suhu di Negara Teluk Tembus 51 C Listrik Mati Tak Ada AC

  • Penulis: cnbcindonesia.com
  • Tanggal Terbit: 07/10/2022
  • Ulasan: 3.11 (449 vote)
  • Ringkasan: Jakarta, CNBC Indonesia – Irak terkena gelombang panas dengan suhu ekstrem mencapai 51 derajat Celcius. Bahkan membuat jaringan listrik …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Tips