[Easy] 10+ bukit gibeon sibisa parapat sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan bukit gibeon sibisa parapat Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video bukit gibeon sibisa parapat
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi Alamat: Sionggang Utara, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

Bukit Gibeon adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Wisata berupa air terjun ini berdekatan dengan Parapat. Hal ini menjadi salah satu alasan wisatawan ramai mengunjungi destinasi nan menarik tersebut.

Tidak hanya menawarkan wisata yang indah akan pemandangannya, tetapi di Bukit ini juga terdapat bangunan religi. Bangunan yang digunakan sebagai agenda seminari yakni wisata bersama keluarga, tempat beribadah atau retreat bersama teman gereja.

Air terjun yang terdapat di Bukit Gibeon memiliki ketinggian kurang lebih 7 meter. Tumpahan airnya langsung mengalir ke dalam kolam yang dijadikan sebagai tempat pemandian. Uniknya air kolam dari aliran air terjun tersebut bersuhu sangat dingin. Anda akan dibuat menggigil kedinginan ketika menyeburkan tubuh ke dalam kolam.

Daya tarik yang Dimiliki Bukit Gibeon

Daya Tarik Bukit Gibeon Toba Samosir
Image Credit: Google Maps Royan Hutabarat

1. Memiliki Spot Wisata Rohani

Bukit Gibeon merupakan wisata yang menyuguhkan keindahan alam berupa air terjun yang indah sekaligus sebagai wisata religi. Hal ini disebabkan adanya pusat seminari yang di dalamnya terdapat bangunan gereja.

Oleh karena itu, disamping berwisata, umat kristiani juga dapat sekaligus melakukan ibadah. Tak lain juga sering digunakan untuk acara retreat, kumpulan paduan suara, dan lain sebagainya karena memang lokasinya yang jauh dari kebisingan.

2. Wisata yang Dekat dengan Kota Parapat

Parapat merupakan akses menuju Danau Toba. Dari kota Parapat ke wisata Gibeon hanya ditempuh dalam waktu kurang lebih tiga puluh menit. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat.

Selain itu, karena lokasi Gibeon dekat dengan lingkar pesona Danau Toba, maka tersedia juga akses transportasi umum berupa bus damri silangit. Transportasi umum ini beroperasi setiap hari. Jadi, jika Anda ingin menggunakannya tak perlu bingung kapan bus akan beroperasi.

3. Nuansa Alam yang Menyejukkan

Bukit Gibeon yang memiliki air terjun nan menakjubkan ini udaranya sangat begitu sejuk. Nuansa alami di sekitar wisata masih sangat dirasakan. Lokasinya yang dibalut oleh banyaknya pepohonan hijau, udara yang bebas polusi, jauh dari keramaian, air mengalir bagaikan dari sumber mata air serta masih banyak lainnya.

Nuansa seperti inilah yang banyak dicari oleh wisatawan. Oleh karenanya, tak heran jika bukit hits ini menjadi destinasi yang sangat direkomendasikan untuk menghabiskan waktu libur Anda.

4. Kolam yang Jernih dan Bersih

Air yang ada di kolam ini berasal dari aliran langsung air terjun bukit. Airnya sangat jernih dan bersih. Seperti halnya air dari sumber mata air pegunungan. Tidak tercemar oleh aktivitas manusia.

Selain bersih, jernih air di kolam yang dijadikan sebagai tempat pemandian ini memiliki suhu yang sangat dingin. Meskipun Anda berenang di siang hari yang terik, tetap saja airnya terasa dingin bagaikan mandi es.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Gibeon Toba Samosir
Image Credit: Google Maps Pandapotan H Pardede

5. Tiket Masuk yang Relatif Murah

Harga tiket masuk yang ditetapkan untuk pengunjung tidaklah mahal. Pengelola wisata Bukit Gibeon hanya menetapkan tarif tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk per orangan.

Sungguh ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung.

6. Gerbang Pintu Masuk yang Unik

Dari kejauhan sebelum Anda memasuki kawasan wisata Gideon, Anda akan disambut oleh bangunan unik bercat putih yang bertuliskan Bukit Gideon. Bangunan tersebut merupakan sebuah pintu gerbang wisata nan indah ini.

Dari sini mungkin Anda sudah bisa membayangkan keindahan lokasi wisata yang khas oleh air terjunnya ini. Dari pintu gerbangnya saja sudah terlihat mempesona apalagi jika sudah sampai ke lokasi. Dijamin tidak menyesal bahkan ingin datang mengulang lagi.

Baca Juga: Simak 10+ cara melihat kontak terpercaya facebook terbaru lengkap

Selain menjadi pertanda bahwa perjalanan Anda sudah sampai ke lokasi wisata yang dituju, biasanya di pintu gerbang ini juga banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai objek untuk berfoto.

7. Memiliki Spot Foto yang Keren

Bukit Gibeon memiliki beberapa spot foto hits yang banyak menjadi sasaran wisatawan. Antara lain ada view tumpahan air terjun, kolam renang yang memiliki air sangat jernih berwarna kebiruan, komplek yayasan pendidikan yapim taruna, wilayah pemandian, dan masih banyak lainnya.

Jika Anda membawa fotografer yang handal, pasti hasil foto-foto Anda sangat keren dan instagramable sekali. Patut dijadikan sebagai promosi wisata Gibeon.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Gibeon Toba Samosir
Image Credit: Google Maps Fanni Arif

Bukit Gibeon terletak di Desa Pasaroan Sibisa, Kecamatan Ajibata, Lumban Julu, Sionggang Utara yakni lebih terkenalnya di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Jika Anda berwisata ke Danau Toba, maka wisata Gibeon ini tak jauh lagi. Hanya berjarak tiga kilometer saja.

Adapun jarak Gibeon dengan Parapat kurang lebih 15,4 kilometer dan dapat ditempuh hanya dalam waktu dua puluh menit menggunakan transportasi darat.

Dari Parapat langsung ambil Jalan Lintas Tengah Sumatera, kemudian menuju Jalan Siborong-borong hingga terakhir sampai ke Sibisa.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Bukit Gibeon Toba Samosir
Image Credit: Google Maps Jps Studio

Wisata yang kaya akan keindahannya belum tentu mematok tarif tiket yang mahal. Salah satunya di wisata Bukit Gibeon ini.

Untuk dapat menikmati kecantikan alamnya, Anda hanya dikenakan biaya tiket masuk Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan hanya dikenakan tarif Rp 2.000.

Biaya tiket masuk yang murah tersebut sudah termasuk dalam berkunjung ke wisata lainnya seperti Rumah Doa, Menara Doa, dan menikmati kolam pemandian yang airnya ekstrem dingin.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Gibeon

Aktivitas Bukit Gibeon Toba Samosir
Image Credit: Google Maps Henry Hasan

1. Menikmati Pesona Alam Perbukitan

Pesona bukit yang khas oleh air terjun berketinggian 7 meter ini memang sangat memanjakan mata. Keunikan dari wisata Bukit Gibeon yakni adanya kolam renang yang dibangun di aliran air terjun sehingga tumpahan air dari ketinggian tersebut langsung mengalir memenuhi kolam pemandian. Sensasi dinginnya sungguh luar biasa.

2. Berenang di Kolam Pemandian

Meskipun memiliki suhu air yang mebuat wisatawan menggigil kedinginan, tetapi banyak juga yang ingin berenang di kolam ini.

Daya tarik air yang jernih, bersih, dingin memang menjadi suatu keistimewaan yang sayang untuk dilewatkan. Oleh karena iu, kolam renang tetap selalu penuh oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Ada hal yang spesial dari kolam pemandian ini yakni perbedaan lokasi kolam untuk anak-anak, orang dewasa, serta laki-laki dan perempuan. Hal ini tentu menjadikan Anda merasa lebih nyaman saat berenang.

3. Melakukan Ibadah di Gereja

Bagi Anda yang beragama Kristiani, dapat menjadikan wisata Bukit Gibeon sebagai tempat untuk melakukan ibadah. Di kawasannya terdapat bangunan sebagai pusat seminari yang di dalamnya ada sebuah gereja.

Fasilitas yang tersedia di pusat seminari tersebut juga cukup lengkap, seperti ada toilet, asrama untuk putra, asrama putri, dan ruang belajar.

Baca Juga: [Easy] 10+ cara mengobati mata sensitif cahaya terbaru lengkap

Kawasan seminari sangat mengutamakan kedisiplinan melalui peraturan-peraturan yang ditetapkan khususnya untuk pengunjung. Nilai kesopanan juga menjadi hal yang harus ditaati sebelum masuk ke wilayah seminari.

Aktivitas Seru Bukit Gibeon Toba Samosir
Image Credit: Google Maps Nur Saadah

4. Berburu Foto Keren

Adanya fasilitas berupa spot-spot hits untuk foto, rasanya sayang jika tidak diabadikan. Mulai dari pemandangan alam yang membentang serta adanya bangunan gereja yang indah menjulang.

Banyak wisatawan yang berburu foto di spot terbaik demi mendapatkan hasil foto yang menawan. Foto-foto tersebut bisa Anda unggah di sosial media sebagai cara untuk mempromosikan wisata Gibeon agar lebih populer di mata dunia.

5. Bermain Wahana Bebek-bebekan

Wisata Bukit Gibeon memang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Selain terdapat kolam renang yang airnya bersih juga terdapat wahana air bebek-bebekan.

Anda dapat menaiki bebek-bebekan untuk berkeliling menyusuri area perairan yang tenang. Sekaligus untuk menikmati pesona keindahan bukit yang membentang dengan pepohonan hijau rindang.

6. Berjalan-jalan ke Pusat Seminari

Pusat seminari merupakan suatu lembaga pendidikan untuk calon rohaniawan Kristiani. Di dalam lembaga tersebut terdapat gereja. Adapun kata Seminari berasal dari bahasa latin yang artinya benih atau bibit.

Maka di lembaga inilah sedang dipersiapkan banyak calon Pelayan Tuhan yang siap untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Seiring berjalannya waktu karena bangunannya yang terlihat indah, bersih dan unik maka banyak keluarga yang menjadikannya sebagai destinasi wisata, tempat beribadah, dan retreat.

Namun, ada beberapa peraturan penting sebelum wisatawan memasuki kawasan seminari di Bukit Gibeon. Diantaranya tidak boleh merokok, berpakaian panjang atau sopan, tidak boleh menginjak rumput maupun mengambil bunga dari tanaman-tanaman yang ada, serta tidak diperbolehkan berfoto mesra bersama pasangan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Perbukitan

Fasilitas Bukit Gibeon Toba Samosir
Image Credit: Google Maps Pandapotan H Pardede

1. Kolam Pemandian

Kolam pemandian yang ada di kawasan wisata Bukit Gibeon dapat digunakan pengunjung untuk melepas rasa lelah dari aktivitas yang menumpuk. Air di kolam ini sangat bersih, jernih, segar tanpa ada campuran kaporit. Cocok digunakan sebagai tempat relaksasi.

2. Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi dapat digunakan untuk ganti baju atau mandi setelah beraktivitas dari renang. Airnya juga sama dengan yang ada di kolam pemandian yakni sama-sama bersih dan dingin.

3. Tempat Ibadah Umat Kristiani

Beberapa bangunan untuk beribadah umat Kristiani selain adanya gereja yaitu terdapat rumah doa dan menara doa.

Di dalam tempat ibadah tersebut tersedia fasilitas seperti toilet. Hal ini bertujuan untuk memudahkan wisatawan yang berkunjung. Anda tidak perlu jalan jauh keluar tempat ibadah ini menuju ke lokasi lain hanya untuk mencari toilet.

4. Halaman Parkir

Halaman parkir yang ada di wisata Bukit Gibeon cukup memadai. Baik dari luas area parkirnya maupun sisi keamanan. Adanya tarif parkir untuk kendaraan yang digunakan oleh wisatawan diharapkan agar kenyamanan serta keamanannya dapat terpenuhi.

5. Pemandangan Alam Terbuka

Pemandangan alam yang asri mempesona dapat Anda saksikan ketika Anda berenang di air yang dingin sambil melihat luasnya pemandangan sekitar. Tebing bebatuan yang tinggi juga menjadi suatu keunikan dari wisata Gibeon.

6. Wisata Air Bebek-bebekan

Jika Anda berlibur membawa anak-anak tentu bermain bebek-bebekan adalah hal yang sangat seru. Permainan ini akan membuat anak merasa senang dan tidak bosan. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan baik.

Itulah ulasan objek wisata di Toba Samosir, yakni Bukit Gibeon yang dilengkapi dengan segala daya tariknya. Lokasi wisata nan hits ini sangat strategis. Berada tak jauh dari wisata populer lainnya seperti Parapat dan Danau Toba. Oleh sebab itu, tidak salah jika Anda mengagendakan liburan Anda untuk berkunjung ke bukit yang cantik ini.

Top 11 bukit gibeon sibisa parapat menjelaskan Noi That Moi

Hotels near Bukit Gibeon Waterfall

  • Penulis: traveloka.com
  • Tanggal Terbit: 04/19/2022
  • Ulasan: 4.93 (914 vote)
  • Ringkasan: Pardamean Sibisa, Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia, Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia, 22386. Impressive.

Gibeon Waterfall, a nature waterfall in a swimming pool – Lake Toba

  • Penulis: laketoba.com
  • Tanggal Terbit: 07/01/2022
  • Ulasan: 4.73 (221 vote)
  • Ringkasan: Gibeon Waterfall is a spring that falls directly into a swimming pool. … Sibisa, Ajibata District, Toba Samosir, about 1 hour from Parapat …

Air Terjun Bukit Gibeon Nikmati Keeksotisan dan Keindahannya di Sumatera Utara

  • Penulis: ksmtour.com
  • Tanggal Terbit: 03/22/2022
  • Ulasan: 4.55 (457 vote)
  • Ringkasan: di Kabupaten ini terdapat sebuah air terjun yang dinamakan Air Terjun Bukit Gibeon. Air terjun ini berada di Desa Parsaroan Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten …

Bukit Gibeon Sibisa,Wisata Rohani & Alam

  • Penulis: enjoytourmedan.com
  • Tanggal Terbit: 10/05/2022
  • Ulasan: 4.37 (255 vote)
  • Ringkasan: Bukit Gibeon Sibisa,Wisata Rohani & Alam – Bukit Gibeon Sibisa,Wisata … trip danau toba,travel medan parapat dan city tour medan. paket wisata danau toba …

Gibeon Hill at Sibisa – Sere Nauli Hotel

  • Penulis: serenaulihotel.com
  • Tanggal Terbit: 08/02/2022
  • Ulasan: 3.99 (439 vote)
  • Ringkasan: Gibeon Hill at Sibisa. Tourist Spot | Oct 17, 2019. Gibeon Hill is a family tourism destination located in Toba Samosir Regency and it is a must for you to …

Wisata Bukit Gibeon, Berenang di Aliran Air Terjun – IDN Times Sumut

  • Penulis: sumut.idntimes.com
  • Tanggal Terbit: 01/09/2022
  • Ulasan: 3.87 (596 vote)
  • Ringkasan: Wisata bukit gibeon menawarkan pemandangan yang indah dengan adanya air terjun yang memukau. Menariknya, kolam renang dibangun di aliran air …

Pemandian Bukit Gibeon Toba Samosir

  • Penulis: kendhil.com
  • Tanggal Terbit: 06/16/2022
  • Ulasan: 3.66 (552 vote)
  • Ringkasan: Mau menikmati sejuknya air terjun di dalam kolam. Ada sebuah kolam renang di Kawasan Danau Toba, lokasi tepatnya adalah di Bukit Gibeon di desa Parsaoran Sibisa …

Wisata Bukit Gibeon Sibisa, Berwisata Rohani dan Pesona Air

  • Penulis: gantari.id
  • Tanggal Terbit: 10/21/2022
  • Ulasan: 3.54 (244 vote)
  • Ringkasan: Hanya berjarak sekitar 6 kilometer atau menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 menit dari Parapat. Berlibur ke wisata Bukit Gibeon ini akan sangat …

Kolam Renang Bukit Gibeon, Serasa Bermain di Sungai

  • Penulis: ninna.id
  • Tanggal Terbit: 01/26/2022
  • Ulasan: 3.29 (241 vote)
  • Ringkasan: Air terjun menjadi sumber air ke kolam di Pemandian Bukit Gibeon. … Pusat Seminari Bukit Gibeon yang berlokasi di Desa Parsaoran Sibisa, …

Keunikan Air Terjun Bukit Gibeon, Toba Samosir

  • Penulis: medanwisata.com
  • Tanggal Terbit: 05/17/2022
  • Ulasan: 3.08 (402 vote)
  • Ringkasan: Air Terjun Gibeon ini berada di Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, … Dari parapat jalan terus menuju arah balige, sekitar 10 km atau sekitar …

Yuk, Berwisata ke Bukit Gibeon Sibisa di Toba Samosir

  • Penulis: bataktive.com
  • Tanggal Terbit: 12/17/2021
  • Ulasan: 2.78 (61 vote)
  • Ringkasan: Jika kamu menggunakan tranportasi darat maka rute yang kamu tempuh yaitu Medan – Parapat – Desa Parsaoran. Sedangkan jika kamu menggunakan transportasi jalur …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: Tips