[Easy] 10+ apa yang dimaksud telemarketing sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud telemarketing Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Pekerjaan telemarketing masih cukup asing di telinga sebagian masyarakat. Padahal telemarketing justru paling mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tak mengherankan jika banyak yang belum mengetahui pengertian telemarketing secara mendalam.

Profesi ini bekerja dengan cara menawarkan produk via telepon. Pekerjaan telemarketer hampir sama dengan marketing pada umumnya, perbedaan hanya terletak pada media yang digunakan untuk mempromosikan produk. Peran serta tanggung jawabnya juga sama dengan pekerjaan marketing.

Meskipun tidak sepopuler pekerjaan marketing dan sales, telemarketing sebenarnya memiliki jenjang karir yang bagus serta gaji yang cukup besar. Profesi ini dapat menjadi pilihan karir untuk para lulusan S1 yang memiliki kemampuan bagus dalam berkomunikasi. Untuk memperdalam pemahaman tentang profesi telemarketer, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Pengertian dan Tugas Marketing Komunikasi untuk Bisnis

Pengertian Telemarketing

Telemarketing adalah suatu pekerjaan yang menawarkan produk melalui telepon. Cara ini memang sudah diterapkan sejak dulu, dan masih digunakan oleh banyak perusahaan hingga saat ini. Orang yang menawarkan produk tersebut adalah telemarketer.

Dalam melakukan pekerjaannya, telemarketer tidak hanya mempromosikan suatu produk dari perusahaannya saja, melainkan juga harus menciptakan percakapan efektif dengan calon pelanggan hingga menjadikannya sebagai pelanggan produknya.

Meskipun pekerjaannya terlihat mudah, akan tetapi telemarketer memiliki target pekerjaan untuk mendapatkan pelanggan yang dihitung setiap bulan. Selain itu untuk menjadi telemarketer, perusahaan juga tidak sembarangan dalam memilih. Perusahaan membutuhkan tenaga telemarketer yang memiliki skill komunikasi serta pengetahuan di bidang ilmu pemasaran yang baik.

Tugas-Tugas Telemarketing

Pekerjaan telemarketing adalah seputar promosi produk, sehingga pekerjaan ini masuk dalam divisi marketing atau pemasaran. Selain melakukan promosi produk melalui telepon, telemarketer juga memiliki tugas-tugas dan tanggung jawab lainnya yaitu:

1. Memberikan Pengetahuan tentang Produk

Untuk menjaring calon pelanggan menjadi pelanggan yang membeli produk perusahaan, maka telemarketer memiliki tugas untuk memberi pengetahuan tentang produk. Hal ini sangat penting karena dapat memengaruhi ketertarikan pelanggan untuk membeli produk.

Adapun pengetahuan produk yang harus dijelaskan adalah fungsi, manfaat, serta harga produk. Telemarketer juga wajib menjawab pertanyaan seputar produk yang diajukan oleh calon pelanggan supaya dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk.

2. Mengumpulkan Informasi

Baca Juga: Simak 10+ penyebab cdi vario 110 mati dengan Mudah

Supaya telemarketer dapat memberi pengetahuan produk dengan lengkap kepada pelanggan, tentunya telemarketer harus melakukan riset dengan mengumpulkan banyak informasi. Informasi yang dikumpulkan meliputi informasi produk, serta informasi tentang pelanggan itu sendiri.

Pentingnya mengumpulkan informasi produk dapat membantu telemarketer dalam memberi jawaban yang sesuai kepada setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan terkait produk. Kemudian informasi pelanggan dapat membantu telemarketer untuk menawarkan produk yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan pelanggan tersebut.

3. Melakukan Follow Up

Tidak hanya sekadar melakukan promosi saja, telemarketer juga harus melakukan follow up kepada pelanggan. Follow up ini adalah untuk menanyakan lagi kepada pelanggan terkait keinginannya untuk membeli produk atau jasa yang sudah ditawarkan sebelumnya.

Follow up sangat penting dilakukan. Karena tidak semua pelanggan akan langsung memutuskan untuk membeli produk sebab berbagai faktor. Follow up juga dapat menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan pelanggan supaya dapat mewujudkan bisnis jangka panjang.

4. Menerima Feedback

Selain itu, telemarketer juga bertugas untuk menerima kritik dan saran dari pelanggan terkait produk. Feedback dari pelanggan ini ditampung terlebih dahulu oleh telemarketer, kemudian diserahkan kepada atasan. Feedback dari pelanggan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pengembangan produk menjadi lebih baik.

Baca Juga : 10 Tugas Admin Marketing, Kualifikasi dan Gaji yang Layak

Pengetahuan dan Skill yang Harus Dimiliki

Mengemban tugas dan tanggung jawab seperti yang dijelaskan di atas, maka seorang telemarketer harus memiliki pengetahuan dan skill yang mumpuni. Dalam merekrut seorang telemarketer, perusahaan akan memilih kandidat yang memiliki pengetahuan dan kemampuan sebagai berikut:

1. Pengetahuan Ilmu Pemasaran dan Manajemen Marketing

Tugas utama seorang telemarketer adalah menawarkan produk kepada para calon pelanggan. Sehingga diperlukan seseorang yang memiliki pengetahuan dalam bidang pemasaran dan manajemen marketing. Sangat cocok sebagai pilihan karir untuk lulusan jurusan ekonomi serta manajemen.

2. Skill Komunikasi

Selain pengetahuan dalam bidang pemasaran, telemarketer juga harus mempunyai skill komunikasi yang bagus. Dalam melakukan pekerjaannya, telemarketer harus dapat menciptakan komunikasi 2 arah yang efektif. Terlebih telemarketer melakukan penawaran produk melalui telepon dan tidak saling tatap muka.

3. Kemampuan Negosiasi

Kemampuan dalam bernegosiasi juga diperlukan dalam telemarketing. Negosiasi bukan berarti telemarketer harus mengalah dengan keinginan dari pelanggan, melainkan adalah dengan menempatkan diri sebagai pelanggan itu sendiri. Seperti dengan mendengar pendapat dari calon pelanggan sebelum mulai bernegosiasi. Tidak semua orang memiliki kemampuan ini, sehingga perusahaan pun tentu tidak sembarangan merekrut telemarketer.

4. Kemampuan Persuasif

Telemarketer juga harus memiliki kemampuan persuasif. Kemampuan ini adalah untuk meyakinkan orang lain supaya melakukan tindakan atau menyetujui suatu gagasan. Karena tujuan dari telemarketing adalah untuk mendapatkan pelanggan baru, maka kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki oleh telemarketer.

5. Multitasking

Baca Juga: Simak 10+ jadwal kapal dlu pontianak semarang sempurna

Telemarketer akan dituntut untuk menjadi multitasking dalam melakoni pekerjaannya. Sebab tugas sehari-hari telemarketer adalah membuat catatan, mengecek email hingga melakukan panggilan secara bersamaan.

6. Kemampuan Berbahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing juga dibutuhkan dalam profesi ini. Terutama ketika perusahaan menargetkan produk secara global. Setidaknya seorang telemarketer menguasai bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan.

7. Kemampuan Problem Solving

Demi menjaga loyalitas pelanggan agar tidak turun, telemarketer harus mempunyai kemampuan problem solving yang baik. Kemampuan ini berguna untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan terkait produk.

8. Kemampuan Listening

Selain kemampuan komunikasi, kemampuan mendengarkan juga penting. Telemarketer dituntut untuk memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan. Terutama dalam menerima feedback dari pelanggan meliputi keluh kesah maupun cerita dari pelanggan mengenai produk.

Baca Juga : Info Gaji dan Keahlian Back Office yang Wajib Dipelajari

Jenjang Karir dan Gaji

Pekerjaan telemarketer memiliki jenjang karir yang menjanjikan di masa depan. Setiap jenjang karir juga memiliki besaran gaji yang berbeda-beda. Telemarketer memiliki 3 jenjang karir yaitu:

1. Junior Telemarketer

Alias telemarketer pemula yang baru saja memulai karirnya. Junior telemarketer biasanya berpenghasilan mulai dari Rp24.000.000 per tahun atau sekitar Rp2.000.000 per bulan.

2. Senior Telemarketer

Junior telemarketer yang sudah berpengalaman bekerja lebih dari 3 tahun, akan naik jabatan menjadi senior telemarketer. Posisi ini juga biasa disebut supervisor. Besaran penghasilannya tentu akan bertambah hingga kisaran Rp3.500.000 hingga Rp4.500.000.

3. Manajer Telemarketer

Jenjang karir tertinggi dari telemarketer adalah sebagai manajer telemarketer. Umumnya posisi ini sama dengan manajemen divisi marketing. Mereka yang sudah mencapai jenjang karir ini sudah tidak melakukan pemasaran via telepon lagi, melainkan hanya memantau pekerjaan para telemarketer. Untuk mencapai posisi ini, diperlukan pengalaman setidaknya 7 sampai 10 tahun. Gaji per bulannya kisaran Rp10 juta sampai Rp15 juta.

Demikian penjelasan detail mengenai pengertian telemarketing, termasuk tugas-tugas serta gajinya. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Top 15 apa yang dimaksud telemarketing menjelaskan Noi That Moi

Telemarketing Artinya Adalah? Apa? Dalam Kamus Bisnis

  • Penulis: glosarium.org
  • Tanggal Terbit: 06/24/2022
  • Ulasan: 5 (932 vote)
  • Ringkasan: telemarketing – (Ekonomi / Bisnis). Pengertian telemarketing adalah: Subjek, Definisi. Marketing/Pemasaran …

Mengenal Pengertian, Strategi & Tugas Telemarketing 

Mengenal Pengertian, Strategi & Tugas Telemarketing 
  • Penulis: qwords.com
  • Tanggal Terbit: 03/06/2022
  • Ulasan: 4.57 (464 vote)
  • Ringkasan: Mengenal Pengertian, Strategi & Tugas Telemarketing … Telemarketing adalah jenis pekerjaan yang sangat familiar dalam dunia pemasaran. Dapat …

Apa itu Telemarketing? Deskripsi Pekerjaan, Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki

  • Penulis: blog.skillacademy.com
  • Tanggal Terbit: 07/27/2022
  • Ulasan: 4.39 (573 vote)
  • Ringkasan: Tapi apa itu telemarketing? Jika dilihat dari aktivitasnya, telemarketing adalah pekerjaan yang erat kaitannya dengan komunikasi menggunakan …

PENGERTIAN DAN TUGAS TELEMARKETING |

  • Penulis: starsolution.co.id
  • Tanggal Terbit: 02/26/2022
  • Ulasan: 4.13 (320 vote)
  • Ringkasan: PENGERTIAN DAN TUGAS TELEMARKETING … Telemarketing adalah strategi marketing dengan menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan melalui telepon …

Pengertian dan Konsep Dasar Telemarketing – – Pelatihan SDM

  • Penulis: pelatihan-sdm.net
  • Tanggal Terbit: 03/15/2022
  • Ulasan: 3.93 (369 vote)
  • Ringkasan: Pengertian telemarketing adalah kegiatan memasarkan atau mensosialisasikan jasa atau produk dengan media telepon. Umumnya, strategi marketing dengan menggunakan …

Job desc Telemarketing dan Tugas Penting Telemarketing – QuBisa

  • Penulis: qubisa.com
  • Tanggal Terbit: 12/22/2021
  • Ulasan: 3.7 (393 vote)
  • Ringkasan: Bicara soal manfaat SOP telemarketing, memang tidak lepas dari pengertian telemarketing itu sendiri. Berbeda dengan strategi pemasaran …

Memahami Cara Kerja Telemarketing Bagi Perusahaan – – W Group ID

  • Penulis: wgroup.id
  • Tanggal Terbit: 01/22/2022
  • Ulasan: 3.41 (334 vote)
  • Ringkasan: Yang dimaksud dengan outbond marketing adalah dimana para telemarketer wajib untuk secara terus menerus melakukan kontak dengan calon pelanggan yang sekiranya …
  • Hasil pencarian yang cocok: Umumnya telemarketing adalah orang yang dipekerjakan oleh perusahaan melalui perusahaan jasa outsourcing. Dengan tugas utama untuk dapat melakukan potensi-potensi penjualan yang mungkin dicapai oleh perusahaan. Umumnya bekerja sebagai customer …

Telemarketing Adalah: Pengertian, Tugas, dan Jenjang Karier

  • Penulis: finance.detik.com
  • Tanggal Terbit: 10/30/2022
  • Ulasan: 3.37 (200 vote)
  • Ringkasan: Inbound Telemarketing adalah panggilan telepon yang dilakukan oleh pelanggan dan calon pelanggan yang cukup tertarik dengan produk atau layanan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Dalam telemarketing, seseorang yang bertugas di posisi ini disebut sebagai telemarketer. Nah, ada sejumlah tugas yang harus dijalankan oleh telemarketer. Dijelaskan dalam buku Pemasaran Syariah Era Digital oleh Idris Parakkasi, berikut tugas …

Apa itu Telemarketing : Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Tekniknya

Apa itu Telemarketing : Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Tekniknya
  • Penulis: idcloudhost.com
  • Tanggal Terbit: 02/05/2022
  • Ulasan: 3 (481 vote)
  • Ringkasan: Telemarketing merupakan salah satu metode pemasaran yang gencar dilakukan oleh para perusahaan di berbagai sektor. Apakah kalian pernah menerima …
  • Hasil pencarian yang cocok: Dunia pemasaran atau marketing sangat begitu luas apalagi jika berkaitan dengan dunia digital atau online. Begitu luasnya dunia marketing, terdapat salah satu bidang jasa marketing digital yang cukup populer digunakan yaitu telemarketing. Mungkin …

Telemarketing (Pengertian, Fungsi, Jenis, Strategi, Kelebihan dan Kekurangan)

  • Penulis: kajianpustaka.com
  • Tanggal Terbit: 10/08/2022
  • Ulasan: 2.79 (90 vote)
  • Ringkasan: Telemarketing adalah suatu aktivitas dan strategi pemasaran yang dilakukan secara intensif dengan menggunakan teknologi komunikasi berupa …
  • Hasil pencarian yang cocok: Telemarketing memiliki dua macam fungsi, yaitu telesales dan teleservice. Telesales adalah kegiatan yang mengusahakan terjadinya transaksi bisnis dengan pelanggan atau calon pelanggan yang meliputi kegiatan prospecting, penawaran produk, …

Telemarketing: Pengertian, Jenis-Jenisnya, Jobdesc – Vocasia

  • Penulis: vocasia.id
  • Tanggal Terbit: 02/13/2022
  • Ulasan: 2.7 (115 vote)
  • Ringkasan: Telemarketing didefinisikan sebagai pemasaran langsung barang dan jasa kepada pelanggan potensial. Ini melibatkan pendekatan, menghubungi atau pemeriksaan untuk …
  • Hasil pencarian yang cocok: Prosesnya termasuk menggunakan beberapa alat seperti panggilan telepon, faks, internet, dan bahkan panggilan konferensi untuk menangani pelanggan. Ini juga mencakup promosi penjualan yang telah direkam sebelumnya dan dimainkan melalui telepon …

Telemarketing: Pengertian dan Strategi untuk Menarik Konsumen

  • Penulis: linovhr.com
  • Tanggal Terbit: 08/05/2022
  • Ulasan: 2.69 (154 vote)
  • Ringkasan: Telemarketing:
    Mengenalkan brand, produk, atau jasa kepada konsumen potensial:
    Membutuhkan banyak waktu dan biaya dalam mendapatkan calon pelanggan:
    Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, serta memberikan pelayanan yang memuaskan:
  • Hasil pencarian yang cocok: Seorang telemarketing juga sering melakukan ‘jemput bola’ untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen. Mereka menghubungi calon pelanggan yang sesuai dengan target sasaran mereka. Biasanya mereka sudah punya database mengenai calon pelanggan yang …

Pengertian Telemarketing dan Apa Tugasnya – Convergence.id

  • Penulis: convergence.id
  • Tanggal Terbit: 03/11/2022
  • Ulasan: 2.66 (55 vote)
  • Ringkasan: Pengertian Telemarketing dan apa tugasnya ? Telemarketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang pada aktivitasnya memberikan informasi …

Telemarketing adalah Pemasaran Lewat Telepon, Begini Penjelasannya

  • Penulis: katadata.co.id
  • Tanggal Terbit: 09/23/2022
  • Ulasan: 2.48 (184 vote)
  • Ringkasan: Telemarketing adalah strategi pemasaran produk atau jasa melalui saluran telepon. Seseorang yang bekerja di posisi ini memiliki tanggung …
  • Hasil pencarian yang cocok: Seorang telemarketer harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau problem solving. Kemampuan ini dibutuhkan agar masalah yang dihadapi pelanggan bisa diselesaikan dengan baik. Tak hanya itu, kemampuan ini juga dibutuhkan demi menjaga …

Apa itu Telemarketing? Berikut Pengertian, Tugas, Skill, dan Gajinya

  • Penulis: topkarir.com
  • Tanggal Terbit: 06/03/2022
  • Ulasan: 2.34 (104 vote)
  • Ringkasan: telemarketing adalah salah satu teknik pemasaran yang pada aktivitasnya memberikan sebuah informasi serta menawarkan produk ataupun jasa kepada …
  • Hasil pencarian yang cocok: Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai profesi ini dan berencana ingin berkarir dalam dunia telemarketing kamu bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu telemarketing mulai dari pengertian tugas dan juga skill apa yang harus …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: News