Simak 14 12 rabiul awal adalah dengan Mudah

Pada artikel ini kami akan menjelaskan 12 rabiul awal adalah Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

اَلْـحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ لاَنَبِيَّ بَعْدَهُ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ نَبِيِّنَا مُحَمَّد وَعَلَى اَلِهَ وَ اَصْحَبِهَ وَمَنْ وَّالَاهُ اَمَّا بّعْدُ فَيَاعِبَدَاللهِ أُوْصِيْكُمْ وَأِيَّايَ بِتَقْوَى االلهِ حَقَّ تُقَاتِهِ فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْنَ

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Alhamdulilah, segala puji bagi Allah yang telah memberikan keberkahan, kenikmatan, dan kebahagiaan. Semoga Allah juga senantiasa mengampuni dosa-dosa kita, menerima segala amalan baik yang kita perbuat. Selain daripada itu, semoga Allah memberikan kita kesehatan, dan yang sedang sakit diberikan kesembuhan. Aamiin.

Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada Imam kita, Utusan Allah, yakni Nabi Muhammad Saw. Semoga kita termasuk umat pengikut jejak langkahnya.

Selain daripada itu, marilah kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada Allah. Menjauhi larangannya, dan melaksanakan perintahnya, InsyaAllah kita akan mendapatkan kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin.

Hadirin sidang Jumat yang berbahagia…

Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam urutan kalender hijriah. Bulan rabi’ dianggap bulan di mana tumbuh bunga-bunga dan turunnya hujan di padang pasir. Bulan Rabiul Awal merupakan bulan istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Karena bulan ini menjadi penanda penting dari periode kehidupan Sang Utusan Allah, Rasulullah. Pada bulan ini Rasulullah lahir, melakukan hijrah, dan wafat.

Nabi Muhammad lahir dari kandungan bundanya pada tanggal 12 bulan Rabi’ul Awwal tahun Gajah, bertepatan dengan tahun 571 M, di kota Mekkah Al-Mukarramah. Ibunya bernama Aminah binti Wahab dari Kabillah Bani Zuhrah al-Quraisyiyah. Lahir dalam keadaan yatim karena ayahnya Abdullah, meninggal dunia tiga bulan setelah menikahi Aminah.

Nabi Muhammad merupakan sosok yang telah dipersiapkan untuk membawa risalah-Nya yang terakhir. Allah berfirman:

اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ

“Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu dia melindungimu (Muhammad). Dan dia mendapatimu sebagai orang yang bingung, lalu Dia memberi petunjuk. Dan dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberi kecukupan.” (QS. Ad Dhuha: 6-8).

Baca Juga: Simak 10+ cara membuat brownies kukus coklat sempurna

Setelah Aminah meninggal, Abdul Muthalib mengambil alih tanggung jawab merawat Nabi Muhammad. Namun, dua tahun kemudian Abdul Muthalib meninggal karena renta. Tanggung jawab selanjutnya beralih kepada pamannya, Abu Thalib. Bersama pamannya ini, Rasulullah belajar hidup mandiri dengan mengembala kambing dan berdagang ke wilayah Syam.

Hadirin sidang Jumat yang berbahagia…

Selain menjadi bulan kelahiran Nabi Saw, pada bulan Rabiul Awwal juga Rasulullah Saw melaksanakan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Dalam Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam berkata, Nabi membawa rombongannya ke Bani Amr ibn Auf pada 12 Rabiul Awal malam Senin. Ibnu Katsir juga berkata bahwa Nabi tinggal bersama mereka di Bani Amr ibn Auf pada Senin Rabiul Awal.

Menurut Buya Hamka, hijrah Nabi ke Madinah tentu bukan sebuah kebetulan. Rasulullah mendapatkan perintah hijrah dari Allah, sebelum akhirnya mengimbau para sahabatnya untuk melakukan perjalanan secara sembunyi-sembunyi menuju Madinah.

Adapun alasan Madinah menjadi tujuan hijrah, bukan kota lain, adalah karena Madinah memiliki beberapa keutamaan. Misalnya penduduknya yang ramah dan berpengalaman dalam berperang, serta lokasinya yang strategis untuk menjaga dakwah Islam.

Menurut Haedar Nashir, Nabi Muhammad bersama kaum muslimun hijrah dari Makkah ke Yastrib bukanlah perpindahan fisik semata. Bukan pula terbatas pada perpindahan pola tindak sehari-hari yang bersifat individual dan simbolik. Lebih luas dari itu, hijrah Nabi tahun 622 Miladiyah itu sejatinya merupakan hijrah membangun peradaban baru, yakni peradaban “Al-Madinah Al-Munawwarah”, peradaban nan tercerahkan yang lahir dari “Ad-Din” yakni ajaran Islam. Peradaban Islam yang membebaskan kehidupan jahiliyah Arab yang berada dalam kegelapan segala hal menjadi kehidupan baru yang bercahaya dan mencahayai peradaban semesta.

Allah SWT dalam Surat An-Nisa’ Ayat 100 berjanji kepada orang-orang yang hijrah dari Makah ke Madinah karena Allah dan Rasulullah. Mereka yang berhijrah dijanjikan akan mendapat rezeki yang banyak, jika mati dalam perjalanan hijrah maka akan mendapatkan pahala yang ditetapkan di sisi Allah.

وَمَنْ يُّهَاجِرْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يَجِدْ فِى الْاَرْضِ مُرٰغَمًا كَثِيْرًا وَّسَعَةً ۗوَمَنْ يَّخْرُجْ مِنْۢ بَيْتِهٖ مُهَاجِرًا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ اَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ ۗوَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا ࣖ

“Dan barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. An-Nisa: 100).

Hadirin sidang Jumat yang berbahagia…

Pada bulan Rabiul Awwal, selain kelahiran dan perjalanan hijrah, Rasulullah Saw juga wafat. Dua bulan sebelum wafat, Nabi Saw berhaji atau Haji Wada bersama lebih dari 100 ribu kaum Muslimin. Di Jabal ‘Arafat, Nabi menyampaikan khutbah monumental di hadapan mereka yang dianggap sebagai dasar dari ajaran Islam. Tidak mengherankan, karena dalam khutbah ini nabi telah menjelaskan perihal undang-undang Islam.

Dalam potongan khutbah haji yang beliau sampaikan di tengah lautan manusia Nabi berpesan:

أَيُّهَا النَّاسُ، اسْمَعُوا قَوْلِي، فَإِنِّي لَا أَدْرِي لَعَلِّي لَا أَلْقَاكُمْ بَعْدَ عَامِي هَذَا بِهَذَا الْمَوْقِفِ أَبَدًا

Baca Juga: [Easy] 10+ cara agar lucid dream sempurna

“Wahai sekalian manusia, dengarkanlah perkataanku! Aku belum tahu secara pasti, boleh jadi aku tidak akan bertemu kalian lagi setelah tahun ini dengan keadaan seperti ini.”

Belum selesai pidatonya, turun ayat Al Quran yang mengindikasikan bahwa Nabi yang Agung itu tidak akan lama lagi membersamai kaum Muslimin:

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Al-Maidah: 3).

Menurut Muhamad Abror, Peristiwa Haji Wada’ ini merupakan momen bersejarah yang menjadi teladan penting bagi persatuan umat dan peningkatan kualitas keimanan setiap Muslim.

Hadirin sidang Jumat yang berbahagia…

Itulah tiga momen krusial yang terjadi pada bulan Rabiul Awwal. Dimuali dari kelahiran Nabi Muhammad Saw, kemudian proses hijrah, dan terakhir wafatnya baginda Rasulullah. Marilah kita jadikan momentum-momentum ini sebagai medium meningkatkan keimanan dan kecintaan kita Allah dan Rasul-Nya.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Khutbah Kedua

الْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ هَدَانَا لِهذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِيْنُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ صَادِقُ الْوَعْدِ الْأَمِيْنُ، اللّهُمَّ فَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ، فَأُوْصِيْنِي وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ حَقَّ تُقَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ،

Semoga kita semua mampu menjadikan diri kita sebagai hamba yang bertakwa, mengamalkan prilaku orang-orang yang bertakwa dan kelak dipanggil menghadap kepada Allah dengan ketakwaan yang melekat di hati kita masing-masing. Amin.

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَقَرَابَتِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ أَجْمَعِيْنَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

Top 14 12 rabiul awal adalah menjelaskan Noi That Moi

12 Rabiul Awal Hari Lahirnya Rasulullah, Simak Kisah Lengkap Nabi Muhammad SAW Sejak Kecil hingga Beliau Wafat

  • Penulis: tvonenews.com
  • Tanggal Terbit: 05/09/2022
  • Ulasan: 4.9 (629 vote)
  • Ringkasan: Rabiul Awal adalah bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Pada 2022, Maulid Nabi yang diperingati setiap 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah jatuh pada …

Arti Maulid Nabi yang Jatuh pada 12 Rabiul Awal

  • Penulis: kumparan.com
  • Tanggal Terbit: 12/20/2021
  • Ulasan: 4.59 (296 vote)
  • Ringkasan: Maulid nabi merupakan salah satu hari yang diistimewakan oleh umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Adapun arti maulid nabi tersebut …

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD. SAW 12 RABIUL AWAL 1444 H/2022 M. Dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad. SAW Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah. SWT Serta Solidaritas dan Rasa Kasih Serta Persatuan Terhadap Sesama

  • Penulis: sman2rejanglebong.sch.id
  • Tanggal Terbit: 11/14/2022
  • Ulasan: 4.38 (423 vote)
  • Ringkasan: Peringatan Maulid Nabi Muhammad tahun ini akan jatuh bertepatan pada 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah dalam perhitungan kalender Islam. Dalam rangka …

Sejarah Maulid Nabi, Peringatan Besar Setiap 12 Rabiul Awal Tak Lepas dari Peran Khaizuran

  • Penulis: suara.com
  • Tanggal Terbit: 02/27/2022
  • Ulasan: 4.07 (587 vote)
  • Ringkasan: Suara.com – Umat Islam telah memasuki bulan Rabiul Awal sebagai penanda peringatan Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.
  • Hasil pencarian yang cocok: Akibat dari pengaruh yang begitu besarnya tersebut, Khaizuran mampu menggerakkan semua masyarakat Muslim di Arab. Hal tersebut dilakukan semata agar teladan, ajaran, serta kepemimpinan mulia Nabi Muhammad dapat terus menginspirasi dan diteruskan …

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H/2022

  • Penulis: palangkaraya.go.id
  • Tanggal Terbit: 02/07/2022
  • Ulasan: 3.83 (455 vote)
  • Ringkasan: Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H/2022.

Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444H

  • Penulis: manado.imigrasi.go.id
  • Tanggal Terbit: 12/28/2021
  • Ulasan: 3.63 (517 vote)
  • Ringkasan: Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444H … Perjalanan hidup adalah perjuangan menuju kebenaran dan Rasulullah telah melewati perjuangan itu …

Amalan dan Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 02/25/2022
  • Ulasan: 3.44 (552 vote)
  • Ringkasan: Rabiul Awal umumnya dikenal sebagai bulan Maulid. Sebab, merupakan bulan kelahiran nabi Muhammad SAW, tepatnya di tanggal 12 Rabiul Awal. Sama …

Maulid Nabi: Kenapa Hari Kelahiran Rasulullah yang Diperingati Bukan Wafatnya?

  • Penulis: liputan6.com
  • Tanggal Terbit: 07/26/2022
  • Ulasan: 3.24 (498 vote)
  • Ringkasan: Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah, atau 570 Masehi. Tiap tahun, masyarakat menggelar peringatan Maulid Nabi …

Maulid Nabi Muhammad SAW – SMAN 4 Jember

  • Penulis: sman4jember.sch.id
  • Tanggal Terbit: 08/01/2022
  • Ulasan: 3.11 (256 vote)
  • Ringkasan: Umat Islam memperingati Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal yang kali ini bertepatan dengan hari kamis, …

Benarkah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Hanya Khusus

  • Penulis: republika.co.id
  • Tanggal Terbit: 01/27/2022
  • Ulasan: 2.95 (99 vote)
  • Ringkasan: Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Timur, KH Ma’ruf Khozoin, menjelaskan peringatan Maulid Nabi SAW tak hanya terbatas 12 Rabiul Awal. Baca Juga.

PERAYAAN MAULID NABI 12 RABIUL AWAL, YUK SIMAK

  • Penulis: benpas.subang.go.id
  • Tanggal Terbit: 02/02/2022
  • Ulasan: 2.77 (91 vote)
  • Ringkasan: Pada tahun ini, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW akan jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal 1443 Hijriah atau bertepatan pada tanggal 19 Oktober 2021. Sebagian …

4 Hikmah Maulid Nabi yang Jatuh pada 12 Rabiul Awal

  • Penulis: cnnindonesia.com
  • Tanggal Terbit: 01/29/2022
  • Ulasan: 2.61 (129 vote)
  • Ringkasan: Maulid Nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW berdasarkan penanggalan hijriah yang jatuh pada 12 Rabiul Awal, 571 Masehi, …

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah Tahun 2022

  • Penulis: diskominfo.okukab.go.id
  • Tanggal Terbit: 08/14/2022
  • Ulasan: 2.51 (174 vote)
  • Ringkasan: Tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah adalah tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Pada tanggal tersebut diperingati sebagai Maulid …

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H

  • Penulis: portal.asahankab.go.id
  • Tanggal Terbit: 12/31/2021
  • Ulasan: 2.56 (195 vote)
  • Ringkasan: Maulid Nabi Muhammad adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia yang perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul …

Sumber: https://noithatmoi.org
Kategori: News